Yogyakarta yang sudah terdengar di telinga masyarakat dunia memiliki potensi segudang wisata alam, wisata budaya, wisata sejarah, wisata edukasi, dan tentunya wisata kuliner. Hambar rasanya jika berkunjung ke Yogyakarta tanpa mencicipi makanan khas daerahnya. Banyak sekali makanan khas Yogyakarta yang disuguhkan, diantaranya adalah :

1. Bakpia Pathuk

Bakpia Pathuk yang memiliki cita rasa yang manis membuat makanan ini digemari oleh masyarakat dari kalangan anak – anak hingga dewasa. Tekstur dari makanan ini adalah empuk dengan varian rasa yang ada di dalamnya. berbagai macam rasanya adalah kacang hijau, coklat, keju, ubi ungu, dan masih banyak lagi varian rasa bakpia yang wajib anda coba.

2. Cenil

Cenil atau yang sering disebut juga dengan Cethil adalah salah satu jajanan pasar dengan cita rasa manis bercampur taburan kelapa parut yang gurih. Makanan ini sangat unik memang, entah karena rasa atau bentuknya. Biasanya makanan ini disajikan bersama kawan-kawannya macam lupis atau jagung.

3. Geplak

Si manis geplak yang terbuat dari campuran gula jawa, tepung, dan parutan kelapa ini mempunayi warna – warna yang sangat cantik seperti pelangi. Bentuk dari geplak ini adalah bulat, akan tetapi memiliki tekstur yang sedikit kasar.

4. Gudeg

Gudeg pastinya sudah tidak terdengar asing lagi, banyak wiatawan yang sudah mengetahui bahwa gudeg merupakan makanan khas Yogyakarta. Gudeg terdapat dua jenis, yaitu gudeg basah dan gudeg kering. Cita rasa dari gudeg ini adalah manis. Bahan yang digunakan untuk membuat gudeg adalah nangka muda yang dimasak dengan campuran santan, gula jawa, serta bahan tambahan lainnya.

5. Yangko

Yangko ini merupakan makanan khas Jogja yang bertekstur lembut dan kenyal. Rasa dari yangko ini adalah manis dengan berbagai macam warna dan berbentuk kotak persegi panjang.

6. Gatot Gunung Kidul

Gatot ini sering dijumpai di Gunung Kidul karena memang makanan ini berasal dari Gunung kidul. gatot terbuat dari singkong yang sudah dikeringkan sehingga warna singkong berubah menjadi coklat kehitaman, lalu di kukus hingga matang dan tanak. Setelah itu disajikan dengan pelengkap Parutan kelapa.

7. Nasi Tiwul Gunung Kidul

Makanan khas Gunung Kidul yang tidak boleh terlewatkan adalah nasi tiwul. Rasa dari nasi tiwul sendiri lebih manis dari nasih putih biasanya. Tiwul terbuat dati singkong yang sudah dikeringkan, lalu ditumbukmenjadi tepung singkong hingga halus, dan diberi sedikit air agar menggumpal, kemudian kukus seperti menanak nasi. Sajikan dengan parutan kelapa dan lauk pauk lainnya.

Nah, bagaimana tertarik untuk mencoba makanan khas di Yogyakarta? Yuk, segera kunjungi Jogja yaa

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com