Oleh-Oleh

Jogjakarta merupakan surganya kuliner dan wisata. Banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi di Jogja. Begitu juga makanan yang wajib di cicipi. Oleh-oleh khas Jogja pun juga beragam. Dari makanan, pernak-pernik, dan baju. Simak apa oleh-oleh khasnya yuk!

1. Bakpia

Ada bakpia pathok dan kukus. Dua bakpia ini sama-sama favorit banget. Bnayak pilihan rasa yang ditawarkan. Mulai dari rasa tradisional sampai yang kekinian.

2. Salak Pondoh

Segar banget buah ini. Kelezatan asal sleman ini tak perlu diragukan lagi.

3. Gudeg

Gudeg sekarang bisa dibawa pulang buat buah tangan. Karena gudeg saat ini memiliki jenis yang kering. Jika ingin dibawa pulang, beli gudeg kering ya!

4. Yangko

Salah satu oleh-oleh khas Jogja lainnya yang juga merupakan camilan manis adalah yangko. Yangko terbuat dari tepung ketan dan biasanya berbentuk kotak. Aslinya, yangko ini berisi campuran kacang yang dicincang, bertekstur kenyal mirip dengan kue moci khas Jepang.

5. Geplak

ogja identik dengan makanan manis, termasuk kue tradisional khas seperti Geplak. Geplak berbentuk bulat dan berwarna-warni, Nah kalo geplak ini khas bantul banget nihh.

6. Batik

Sebagai salah satu kota penghasil batik, tentu saja kain dan baju batik menjadi buruan wisatawan sebagai oleh-oleh khas Jogja selain makanan. Tidak seperti batik pesisir yang memiliki warna-warna cerah, batik Jogja cenderung memiliki warna-warna yang gelap. Batik Jogja terbagi menjadi batik tulis dan batik cap. Bisa ditemukan di pasar Beringharjo.

7.Perak Jogja

Selain Bali, kota lainnya di Indonesia yang terkenal dengan peraknya adalah di Yogyakarta, tempatnya ada di Kotagede. Memasuki wilayah Kotagede, wisatawan sudah disajikan toko-toko yang berjajar di sepanjang jalan utama Kotagede.