KALISUCI,  CAVE TUBING YANG ASYIK

Jogja– Untuk anda yang sedang berlibur di jogja, Tidak ada salahnya untuk berkunjung ke kalisuci, Di kalisuci anda bisa mengasah adrenalin anda dengan melakukan cave tubing.

Kalisuci ini adalah salah satu sungai yang berada di Kabupaten Gunungkidul. Muara sungai Kalisuci sendiri berada di Pantai Baron. Nah, jika kalian mungkin kalian pernah liburan ke Pantai Baron, kalian pasti pernah melihat ada sebuah sungai kecil yang bermuara disana.

Yak, aliran sungai inilah yang berhulu di Kalisuci. Airnya yang begitu jernih ini karena sungai ini berasal dari mata air pegunungan yang masih terlindungi. Dari hulu sungai, alirannya akan terus menyusuri celah-celah batuan gua karst yang ada di sebagian besar Kabupaten Gunungkidul. Baru kemudian mata air akan keluar kembali hingga terus menggerus bebatuan yang dialiri untuk sampai ke lautan luas.

Lokasinya yang pas dan viewnya yang eksotik, membuat para penduduk setempat memanfaatkan Kalisuci untuk ecotourism berupa cave tubing. Untuk yang belum tahu, Cave tubing sendiri adalah sebua kegiatan wisata penyelusuran gua. Nggak menyusuri gua saja, namun juga sekaligus mengarungi sungai yang memiliki beberapa tingkat jeram rendah dengan menggunakan ban sebagai pelampung.

Kalisuci sendiri adalah berasal dari bahasa jawa yaitu “Kali” dan bahasa indonesia Suci. “Kali” itu berarti sungai dari Bahasa Jawa dan suci itu artinya adalah bersih dan jernih. Dinamai demikian karena memang airnya akan tetap jernih walaupun sedang musim hujan sekalipun. Padahal biasanya sungai-sungai lain akan keruh ketika musim penghujan sedang tiba.

Dulu, bisa dibilang kalau mata air ini adalah satu-satunya sumber air yang ada untuk keperluan masyarakat setempat. Karena itu biasanya Kalisuci ini digunakan untuk berbagai kebutuhan sehari-hari seperti untuk mandi, minum, hingga mencuci.

Meskipun ada cerita kalau air di Kalisuci bisa langsung diminum tanpa dimasak dan tidak perlu khawatir akan sakit nantinya. Namun sebaiknya tidak dilakukan, meski mungkin sumber airnya masih benar-benar terjaga dan belum ada pencemaran oleh limbah apapun. Lebih baik dimasak terlebih dahulu, baru diminum agar lebih sehat.

Melakukan kegiatan Cave Tubing di Kalisuci kalian akan bisa menyaksikan keindahan pegunungan karst yang ada di Kabupaten Gunungkidul. Sensasi cave tubing sambil menikmati pemandangan kanan kiri Kalisuci, menyusuri gelapnya gua dengan ditemani sebuah headlamp akan menjadi kegiatan yang seru. Ditambah lagi, kalian juga bisa merasakan sensasi derasnya jeram sungai Kalisuci yang menantang.

 

Pose wajib kalau cave tubing di Kalisuci!
Pose wajib kalau cave tubing di Kalisuci! via https://www.instagram.com/p/__gTxTqNbv/

Kalisuci ini adalah salah satu tempat liburan di Yogyakarta yang banyak digemari oleh para penggiat dan pecinta alam. Karena di Kalisuci kalian bisa melakukan banyak hal dalam satu kesempatan sekaligus. Selain itu konon katanya cave tubing di Kalisuci ini merupakan satu dari sekian cave tubing terkenal di dunia. Iya, Kalisuci masuk ke 3 cave tubing terkeren yang ada di dunia disamping cave tubing yang ada di New Zealand dan Mexico.

Tempat wisata cave tubing Kalisuci lokasinya berada di Dusun Jetis Desa Pacarejo Kecamatan Semanu Kabupaten Gunungkidul. Atau lokasinya berada di sekitar 60 km dari pusat kota Yogyakarta. Untuk menuju ke Kalisuci bisa ditempuh dalam waktu sekitar 1,5-2 jam perjalanan. Akan lebih mudah lagi jika kalian menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil untuk menuju kesana. Karena itu cara yang paling mudah untuk berkunjung dan menikmati wisata cave tubing di Kalisuci.

Didukung dengan infrastruktur jalan menuju ke Kalisuci cukup baik dan beraspal mulus, tentunya perjalanan dari Yogyakarta menuju Wonosari akan begitu menyenangkan. Namun kalian harus tetap waspada dengan kelokan, tanjakan dan turunan yang tajam di jalur menuju Kalisuci. Sehingga sangat diperlukan kondisi kendaraan yang prima agar perjalanan menuju lokasi cave tubing lancar dan tanpa gangguan.

Perlu diingat, setelah kalian sampai di derah Wonosari, kalian lanjutkan saja perjalanan menuju ke Kecamatan Semanu. Dari sini akan diperlukan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke Gua Kalisuci. Karena jarak antara Wonosari dan Gua Kalisuci hanya sekitar 10 km saja. Lalu, sebelum tiba di basecamp utama Kalisuci, kalian akan sedikit berjalan melewati medan yang berbatu dengan jarak kurang lebih sekitar 500 meter saja. Setelah itu baru kalian akan menemui lokasi cave tubing. Disana akan terlihat sebuah sungai bawah tanah yang mengalir cukup deras yang menuju ke sebuah gua karst.

Nah itulah pembahasan mengenai kalisuci, Berniat untuk mengunjunginya?