Pantai Prangtritis merupakan pantai yang memiliki keindahan pemandangan alam dengan hamparan bukit Gunung Kidul. Selain memiliki laut lepas dan pemandangan bukit yang indah, pantai ini juga terkenal dengan berbagai cerita mistisnya. Seakan – akan menyimpan seribu cerita yang menarik untuk diketahui. Pantai Parangtritis diyakini menjadi bagian dari perwujudan kesatuan trimurti untuk Yogyakarta. Yakni, benda, icon ataupun lainnya yang sangat melekat dengan sisi mistis Kota Yogyakarta. Trimurti terdiri dari Gunung Merapi yang mempunyai elemen api, Pantai Parangtritis yang mempunyai elemen air dan Keraton Jogja berperan sebagai penyeimbang keduanya. Yang letak semuanya itu membentuk garis lurus dari utara ke selatan daerah Jogja. Selain cerita tersebut, berkembang pula Misteri Pantai parangtritis bahwa di percaya sebagai pintu gerbang Istana Kerajaan Laut Selatan yang merupakan kekuasaan Ratu Selatan yang dipimpin oleh Nyai Roro Kidul. Yang telah berkembang sampai saat ini masih dipercaya dan dijaga adalah menyukai benda – benda yang berwarna hijau. Sehingga berlakulah saran tetapi mengarah pada larangan di pantai parangtritis untuk wisatawan agar tidak memakai pakaian yang berwarna hijau. Karena konon, jika Nyai Roro Kidul tertarik, seseorang dapat diseret ke laut untuk dijadikan sebagai pengikutnya/prajuritnya. Selain cerita mistis tersebut, ombak di Pantai Parangtritis ini sangat besar, jadi wisatawan tidak dianjurkan untuk berenang di pantai.

Beralih ke keindahan Pantai Parangtritis nih. Saat anda mengunjungi pantai parangtritis, anda akan dimanjakan dengan hamparan laut lepas dan bukit yang menjadi perbatasan antara Kabupaten Bantul dengan Kabupaten Gunung Kidul. Di pantai tersebut anda dapat berjalan – jalan dengan menunggang kuda ataupun ATV. jika anda berminat menyewa ATV cukup membayar dengan harga sekitar Rp 50.000 – Rp.100.000, kuda dan kereta kuda yang dapat disewa untuk menyusuri pantai dari timur ke barat cukup dengan RP. 20.000. Selain itu Parangtritis juga merupakan tempat yang pas untuk olahraga udara, tersedia penginapan atau hotel di Pantai Parangtritis, Warung jajanan, Toko kerajinan, Toko kelontong dan lahan parkir yang luas.

Di Pantai Parangtritis, bukan hanya ada hamparan pantai yang menawan. Di sisi utara timur Pantai Parangtritis Anda juga akan menemukan bukit kecil. Pemandangan yang ditawarkan dari atas bukit sangat menakjubkan. Apalagi saat sore, Anda dapat menikmati segarnya hembusan angin pantai sambil menyantap hidangan, jajanan atau manisnya es kelapa muda.

Anda juga bisa berkunjung ke Bukit Parangndog jika memang menginginkan medan yang lebih menantang. Letaknya di yang terletanya di sebelah timur Pantai Parangtritis. Tepatnya perbatasan antara Kabupaten Bantul dan Kabupaten Gunungkidul. Di Bukit ini, disediakan sebuah tempat yang khusus untuk olahraga paralayang dan gantole. Kawasan tersebut mmeang hanya dicapai dengan medan yang cukup berat. Akan tetapi, pemandangan yang ditawarkan memang sangat menawan. Sesampainya di sana, lelah anda akan terbayar lunas dengan pemandangannya yang begitu indah.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0888 0289 8802 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com