KEINDAHAN LAGUNA DI PANTAI GLAGAH

Paket Wisata – Tidak banyak pantai yang memiliki laguna seperti Pantai Glagah. Laguna adalah tempat semacam danau, atau teluk air payau. Laguna tidak berombak, jadi cocok untuk tempat liburan bersama keluarga. Anak-anak bisa bermain air di tepi laguna, tidak perlu khawatir akan dalamnya laguna karena sudah terdapat bambu sebagai pembatas daerah dalam.

Laguna Pantai Glagah

Lokasi Laguna Pantai Glagah ini juga berdekatan dengan pemecah ombak dan pantainya. Jadi jika belum puas bermain di laguna, kita dapat meneruskan kegiatan di pemecah ombak atau pantainya.

Pemecah ombak ini sebetulnya difungsikan untuk menahan ombak pantai supaya tidak masuk ke dermaga. Namun kita juga bisa menjadikannya tempat wisata dengan berjalan di tengahnya dan menikmati hempuran ombak dengan batu-batu buatan yang lumayan besar ini. Kita juga bisa berfoto dengan latar belakang pemecah ombak ini. Namun harus sedikit wasapada bagi yang membawa anak-anak, dibutuhkan pengawasan khusus saat anak-anak berada di pinggir pemecah ombak.

Sementara itu pemilik salah satu perahu wisata di ujung timur laguna Pujiati Humoro mengatakan Pantai Glagah, Kulonprogo sudah dikenal masyarakat dan wisatawan. Selain pemecah ombak yang dipasang di kawasan tersebut juga karena lagunanya. Menurutnya tidak banyak pantai yang memiliki laguna seperti Pantai Glagah.

Lokasi : Maps [disini]

Wahana yang bisa dikunjungi

Jadi, setiap pengunjung objek wisata Pantai Glagah dapat menikmati sekian macam objek wisata sekaligus. Setidaknya bisa menikmati Dermaga Wisata Glagah, Pelabuhan Tanjung Adikarto, Laguna Pantai Glagah, Kebun Buah Naga, dan Pantai Glagah itu sendiri. Seandainya pun belum cukup, maka Anda masih bisa mengunjungi obyek lain yakni Pantai Congot yang berada dalam satu kawasan dengan Glagah.

  • Wisata Kuliner

pantai-glagah5Menu seafood tersedia di warung Yu Sum, tepat di ujung barat pantai Congot, yang menjadi satu rangkaian dengan Glagah. Dari kawasan Glagah, Anda bisa mencapainya dengan menyusuri jalan di tepi pantai ke arah barat. Setelah melewati kawasan Pantai Congot, jalan akan berbelok ke kanan (utara) hingga bertemu dengan jalur utama selatan (Jalan Deandels). Di sisi utara pertigaan besar inilah warung seafood Yu Sum berada. Jika sekedar menu pengganjal perut, ada banyak warung kecil di sepanjang pantai.

  • Penginapan

Tersedia sejumlah losmen kecil jika memutuskan untuk menginap, meskipun dengan fasilitas yang terbatas. Hiburan malam belum tersedia, sehingga lebih baik merencanakan sendiri kegiatan di malam hari.

  • Transportasi

Bus umum tersedia dalam jumlah yang terbatas. Kendaraan pribadi lebih direkomendasikan. Jalan menuju ke obyek wisata dalam kondisi bagus dan bisa dilewati hampir semua jenis kendaraan. Lokasi pantai berada antara kota Wates dan Purworejo, sekitar 15 menit dari pusat kota Wates ke arah barat.

  • Souvenir

Buah semangka dan buah naga bisa jadi oleh-oleh. Jika sedang musim, durian juga tersedia.