KEINDAHAN WADUK SERMO KULON PROGO

Waduk Sermo – Wisata Air memang menarik untuk di kunjungi. Dengan melihat tenangnya air, akan membawa suasana hati kita menjadi tenang juga. Waduk Sermo yang berada di Kulon Progo merupakan salah satu wisata air yang ada di Yogyakarta. Sejarahnya, waduk ini merupakan salah satu program ISIP pemerintahan Presiden Soeharto.

Berada di atas perbukitan menoreh yang berbatasan langsung dengan hutan suaka marga satawa sermo, membuat waduk sermo ini menjadi sangat asri, sebelum memasuki waduk sermo ada sebuah hutan kecil yang di dominasi pohon-pohon besar yang biasa di gunakan untuk hunting foto dan foto prewedding.

Lokasi Waduk Sermo

Waduk Sermo Kulon Progo berada di Dusun Sermo Lor, Kokap, Hargowilis, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta. Lokasi Waduk Sermo cenderung untuk mudah ditemukan karena berada di sekitar jalan utama yaitu Jalan Jogja-Wates.

Dari Kota Jogja, perjalanan akan ditempuh selama kurang lebih 90 menit dengan jarak kurang lebih 40 Km. Rute yang dilewati adalah Jalan Wates, kemudian selang beberapa waktu yang cukup lama akan menemukan patung kuda di sekitaran alun-alun. Kemudian langsung mengambil arah menuju ke Waduk Sermo seusai petunjuk yang ada.

Harga Tiket Masuk

Untuk daftar harga terkait tiket masuk dan penggunaan fasilitasnya cukup beragam namun terjangkau. Memasuki obyek wisatanya, Anda perlu membayar sebesar Rp. 5.000/orang. Untuk biaya parkir sepeda motor sebesar Rp. 2.000, mobil sebesar Rp. 5.000 dan Bus sebesar Rp. 10.000.

Untuk para wisatawan yang ingin menikmati seluruh area waduk sermo menggunakan perahu wisata, biaya sewanya sebesar Rp. 30.000/perahu. Sedangkan untuk perahu lainnya yang dibaya perorangan sebesar Rp. 6.000/orang. Kemudian terdapat spot foto khusus, yaitu gardu pandang yang berada di sana yang bisa dinikmati dengan biaya sebesar Rp. 10.000/orang.

Fasilitas Waduk Sermo

Di kawan Waduk Sermo terdapat toilet, parkiran luas, perahu wisata dan gazebo. Jika anda ingin menginap, juga di sediakan homestay atau villa sesuai budget Anda. Jika ada pecinta camping, Anda bisa bermalam disini dengan menggelar tenda di Camping Ground.

YANG MENARIK DI WADUK SERMO

SUNRISE DAN SUNSET

Jika anda mengunjungi Waduk Sermo pada pagi hari atau menjelang sore. Anda akan disuguhkan oleh pemandangan¬†sunrise dan sunset yang indah. Waduk Sermo bahkan di sebut sebagai ‘Ranu Kumbolo‘ nya Kulon Progo. Bagaimana? Penasaran dengan pemandangan matahari terbit dan terbenam disana?

AREA CAMP YANG SERU

Bagi anda yang suka berwistaa dan bertualang, Waduk Sermo merupakan tempat yang tepat. Disini, Anda bisa mendirikan tenda dan camping dengan keluarga, teman bahkan pacar. Ditemani orang tercinta dan pemanndangan alam yang indah, moment ini tidak akan terlupakan untuk anda.

GAZEBO

Jika anda merasa capek setelah berkeliling waduk, disediakan gazebo di pinggiran waduk. Anda bisa mengistirahatkan sebentar otot-otot Anda di gazebo. Tidak hanya untuk mengistirahatkan badan anda, gazebo ini juga bagus untuk dijadikan spot foto.

SPOT FOTO INSTAGRAMABLE

Di Waduk Sermo terdapat foto yang instagramable banget. Bahkan biasa dijadikan tempat pre wedding juga. Tidak heran, dengan keindahan yang ditawarkan Waduk Sermo banyak menjadi destinasi tujuan para pemburu spot foto kece.

Jadi, sudah ada rencana untuk mengunjungi Waduk satu ini? Ayo segera agendakan