Kuy Main – Main Ke #FKY30

Festival Jogja – Yogyakarta dikenal dengan kota yang sangat berbudaya dan kaya akan adat istiadatnya. Sehingga menjadikan kota ini tetap  istimewa di mata masyarakat. Sering sekali kota gudeg ini mempunyai event – event besar seperti karnaval, upacara adat, dan lain sebagainya. Di tahun 2018 ini Jogja kembali menggelar acara Festival Kesenian Yogyakarta 2018 atau yang sering disebut dengan FKY30. Mengapa bisa dinamakan dengan FKY30? Karena acara ini rutin digelar setiap tahunnya, yang sudah terhitung 30 kali diselenggarakan. Apabila sebelumnya FKY dilakukan secara nomaden, FKY tahun ini diselenggrakan di tempat yang sama seperti tahun kemarin, yakni di Planet Pyramid, Jalan Parangtritis Km 5.5, Bangunharjo, Kabupaten Bantul, DIY.

Tema #FKY30

Tahun ini, tema yang diangkat dalam penyelenggaraan FKY 30 yaitu Mesemeleh.  Bagi warga Yogyakarta, atau Jawa mungkin sudah tidak asing dengan kata ini. Dilansir dari radarjogja.co.id, Roby Setiawan, selaku Direktur Seni dan Kreatif, mesemeleh diambil dari dua kata, mesem dan semeleh. Dalam bahasa Jawa, mesem dapat diartikan sebagai senyum, sedangkan semeleh dapat diartikan sebagai ikhlas atau nrimo. Lebih lanjut Roby menyampaikan, semeleh dalam FKY 30 tahun ini direpresentasikan sebagai kedewasaan FKY 30, sehingga bisa menyajikan hiburan dan kesenian yang menarik, edukatif, serta mengikuti perkembangan zaman.

Setiap tahunnya FKY selalu menampilkan satu hal yang berbeda. Tahun ini, hal yang berbeda akan bisa dilihat mulai dari pawai pembukaannya. Apabila biasanya pawai pembukaan FKY diisi dengan aneka kesenian, tahun ini pawai pembukaan akan mengambil satu tema yakni ‘topeng’. Pada pembukaannya, akan diselenggarakan pawai sepanjang Jalan Malioboro. Beragam topeng akan diarak dalam perhelatan ini. Mulai dari topeng tradisional hingga kontemporer.

Selama penyelenggaraannya, beberapa acara menarik sudah disiapkan, seperti Pasar Seni, Pameran Perupa Muda atau Paperu, Bioskop FKY, Teater FKY, Sastra FKY, Diskusi Seni dan Budaya, Workshop Lokakarya, Panggung Musik Elektronik, Panggung Senyap, Panggung Belakang, Panggung Semeleh, dan tidak ketinggalan yang selalu ditunggu-tunggu, Jogja Video Mapping Project. Menarik bukan. Bagi warganet yang sudah tidak sabar untuk menikmati beragam tampilan di FKY 30, silakan luangkan waktu dari tanggal 23 Juli sampai 9 Agustus 2018.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com