Liburan Tanpa Ribet dan Menyenangkan

Traveling – Liburan menjadi sangat menyenangkan dan ber

kesan jika dalam perjalanan pun juga menyenangkan. Saat moment liburan tiba, anda pasti mempersiapkan semuanya dengan matang. Termasuk juga dengan packing barang bawan jauh – jauh hari agar barang tidak ada yang tertinggal. Jangan khawatir packing barang bawaan tertinggal, simak tips packing tanpa ribet dibawah ini.

1. Kelompokkan barang sesuai fungsinya

Kelompokkan barang sesuai fungsinya
Kelompokkan barang sesuai fungsinya 

Bahkan pada zaman dahulu sekitar tahun 1920-an, para bangsawan sudah menerapkan cara berkemas yang tepat dengan mengelompokkan barang sesuai jenisnya. Sejarah menyebutkan bahwa Pangeran Bernhard yang merupakan ayah dari Ratu Beatrix dari Belanda, mengemas perlengkapan mandinya ke dalam sebuah tas kulit sebelum memasukkannya ke dalam koper yang lebih besar. Di zaman yang modern ini tentu pilihan wadah untuk perlatan mandi sudah lebih banyak, misalnya saja dengan menggunakan tas plastik berukuran kecil yang tidak akan mudah basah saat terkena air.

2. Pilih tas atau koper yang tepat

Pilih tas atau koper yang tepat

Saat liburan terutama ke tempat yang jauh dan dalam waktu lama, lupakan dulu urusan gaya dalam memilih tas atau koper. Ingat, bukan tas dan koper dengan model terkini yang harus Anda bawa. Melainkan tas dan koper yang bisa memuat banyak barang, kuat, dan nyaman saat dibawa berjalan. Pastikan juga tas atau koper memiliki ketahan lebih jika Anda juga membawa gadget maupun kamera dalam perjalanan.

3. Bawa alas kaki yang nyaman

Bawa alas kaki yang nyaman

Saat liburan, Anda tentu lebih banyak berjalan kaki dari satu tempat ke tempat lainnya. Nah, dalam hal ini membawa alas kaki yang nyaman perlu diutamakan. Jangan sampai Anda jadi tersiksa lantaran kaki lecet karena salah membawa sepatu atau sandal. Sebaiknya, pilih alas kaki serbaguna yang enak dipakai dan bisa disesuaikan dengan segala suasana. Casual shoes untuk pria dan sepatu flat wanita bisa jadi pilihan terbaik untuk digunakan kapanpun. Anda juga tak perlu membawa terlalu banyak alas kaki yang malah akan memenuhi isi koper.

4. Jangan berlebihan membawa peralatan mandi

Jangan berlebihan membawa peralatan mandi

Coba tengok alat mandi yang Anda bawa. Jika masih ada sebotol penuh sabun cair dan sampo, sikat gigi, pasta gigi berukuran besar, krim cukur dan shaver, shower cap, handuk, dan body lotion, maka ini saatnya Anda berkemas ulang. Meski semua alat mandi tersebut penting, namun tak perlu membawa semuanya karena di hotel nanti Anda bisa memanfaatkan toiletries yang disediakan. Lupakan sabun, sampo, pasta gigi, dan handuk. Lebih baik membawa barang lain yang lebih personal seperti facial wash serta krim perawatan tubuh dan wajah.

5. Bawa pakaian yang mudah dipadukan

Bawa pakaian yang mudah dipadukan

Liburan kurang lengkap kalau tidak diabadikan dalam foto-foto yang kemudian akan diunggah ke media sosial. Untuk yang satu ini, tentu Anda ingin tampil prima dalam balutan busana yang pas. Tapi tentu saja ini tidak bisa dijadikan alasan untuk memindahkan isi lemari ke dalam koper, ya! Kalau ingin tetap tampil fashionable tanpa perlu membawa terlalu banyak pakaian, pilihlah busana yang mudah dipadukan. Outer, jaket, rompi, sweater, cardigan, jadi item yang wajib dibawa karena bisa mengubah penampilan polos Anda dalam sekejap.

6. Pilih baju yang tidak mudah kusut

Pilih baju yang tidak mudah kusut

Tak mau kan, kalau Anda harus menyetrika setumpuk pakaian saat tiba di tempat berlibur nanti? Memasukkan pakaian ke dalam tas atau koper bisa membuatnya mudah kusut dan tak enak dipandang saat dipakai. Maka dari itu, usahakan Anda membawa baju yang tidak mudah kusut meski dilipat atau digulung dalam waktu lama, misalnya saja celana jins atau juga cargo pants. Salah satu trik berkemas yang bisa Anda lakukan adalah dengan meletakkan pakaian yang mudah kusut di dalam pakaian lain yang tahan kusut, misalnya menggulung kaos di dalam jaket jins.

7. Manfaatkan aplikasi di gadget Anda

Manfaatkan aplikasi di gadget Anda

Merasa harus membawa banyak barang untuk berjaga-jaga jika di tempat tujuan susah mencari toko atau mall? Hmm, sekarang bukan zamannya memindahkan seluruh barang di rumah ke dalam koper untuk mengantisipasi kejadian terburuk saat liburan. Meski berada di tempat asing, Anda bisa kok dengan mudah memperoleh barang yang dibutuhkan mulai dari pakaian, obat, hingga produk perawatan tubuh dengan memanfaatkan aplikasi di gadget Anda. Banyak aplikasi traveling yang memudahkan Anda menemukan tempat-tempat penting seperti toko, restoran, hotel, dan rumah sakit. Jadi tak ada alasan untuk membawa barang berlebih, kan?

8. Selalu kenakan baju yang memakan space paling banyak

Selalu kenakan baju yang memakan space paling banyak

Jaket atau sweater yang tebal merupakan salah satu pakaian yang akan memakan ruang di dalam koper maupun tas Anda. Dengan memasukkan pakaian ini, bisa jadi barang lainnya jadi tak bisa disertakan. Solusinya, pakai saja jaket atau sweater selama perjalanan sehingga tas bisa diisi barang lain. Kalau merasa gerah, jaket atau sweater akan tetap terlihat fashionable saat disampirkan di pundak atau diikatkan di pinggang.

9. Cuci, jemur, pakai

Cuci, jemur, pakai

Kalau Anda menginap di hotel dalam waktu lama, misalnya saja 2 minggu, tak perlu membawa baju terlalu banyak. Cukup pilih beberapa baju yang nyaman dipakai, tidak gampang kusut, dan mudah dikeringkan. Saat baju sudah kotor, Anda bisa mencucinya di kamar mandi hotel kemudian menjemurnya di balkon. Banyak juga kok, hotel yang menyediakan jasa laundry cuma-cuma.

10. Hindari belanja berlebih

Hindari belanja berlebih

Sukses packing dengan praktis saat berangkat liburan jangan menjadikan Anda lengah. Ketika pulang pun, koper atau tas harus dikemas dengan sama rapinya. Yang paling penting untuk dihindari adalah belanja berlebih karena bisa jadi tas atau koper jadi tidak muat.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com