MAKAM KERAMAT DI YOGYAKARTA

Paket Wisata – Budaya Jawa masih erat dengan warga di Yogyakarta, sehingga ada beberapa makam yang dianggap keramat oleh orang-orang disana. Selain sebagai tempat berziarah, makam tersebut juga menjadi tempat untuk memahami kebudayaan Jawa dari sudut pandang lain. tidak hanya sekadar berwisata, tetapi juga berziarah kepada para leluhur. Nah, berikut ini beberapa makam keramat di Yogyakarta.

1. Makam Roro Mendut

Hasil gambar untuk makam roro mendut
Siapa yang tidak mengenal nama Roro Mendut? Ia bersama kekasihnya, Pronocitro, menjalin kisah cinta yang begitu melegenda. Roro Mendut yang cantik dipaksa menikah dengan seorang tumenggung yang bernama Wiroguno. Namun, karena sudah memiliki Pronocitro, Roro Mendut menolak. Wiroguno yang marah lantas membunuh keduanya dengan sebilah keris. Konon, Roro Mendut dan Pronocitro terbunuh dan akhirnya dikubur ke dalam satu liang yang sama. Di makam inilah keduanya beristirahat. Makam tersebut berada di Dusun Gandu, Desa Sendangtirto, Kecamatan Berbah, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

2. Makam Wotgaleh

Makam ini adalah tempat peristirahatan Pangeran Purbaya, yang juga dikenal dengan nama Joko Umbaran. Oleh masyarakat, makam ini dipercayai mempunyai kekuatan magis. Salah satunya adalah kepercayaan mengenai segala hal yang melintas di atas makam ini akan jatuh dan menghujam bumi. Konon, para pilot tidak berani melintasi makam tersebut dan lebih memilih terbang memutar. Sama dengan makam Roro Mendut, makam ini terletak di Desa Sendangtirto.

3. Pajimatan Girirejo Imogiri

Hasil gambar untuk makam Pajimatan Girirejo Imogiri

Pemakaman ini lebih dikelan sebagai Komplek Makam Raja Imogiri ini adalah tempat peristirahatan terakhir untuk para keturunan Keraton Yogyakarta. Tempat ini kerap didatangi para peziarah. Pada setiap Jumat Kliwon atau Selasa Kliwon selalu digelar prosesi Nguras Enceh. Air kurasan tersebut diyakini akan memberikan berkah bagi siapapun yang mendapatkannya.

4. Makam Hastorenggo

Hasil gambar untuk makam Hastorenggo

Kompleks pemakaman ini adalah tempat peristirahatan Panembahan Senopati, pendiri Keraton Yogyakarta. Salah satu yang menjadi ikon dari makam ini adalah sebuah pohon beringin yang telah berdiri selama 500 tahun. Konon, pohon tersebut ditanam langsung oleh Sunan Kalijogo. Letak pemakaman ini adalah di Kecamatan Kotagede, Yogyakarta.

Daftar makam yang keramat diatas mungkin hanya sebagian kecil dari beberapa makam yang dikeramatkan. Jika kalian tidak percaya dengan mitosnya, kalian bisa mengambil sisi positifnya yaitu sebagai sarana wisata sejarah. Karena di keramatkan, jadi banyak warga yang melakukan ‘ritual’ disana. Semoga bermanfaat . . .