Makan Di Penjara Bong Kopitown JogjaMakan Di Penjara Bong Kopitown Jogja

Wisata Jogja – Ingin menikmati minum kopi di penjara? Bong kopitown merupakan salah satu caffe di Jogja yang memiliki sensai seperti kita di dalam penjara.

Bong Kopitown merupakan restoran yang didirikan oleh Bong Chandra, seorang motivator sekaligus pebisnis populer Indonesia. Tempat ini sekaligus menjadi resto pertama di Indonesia dengan konsep penjara.

Sebelum buka di Jogja, resto ini memiliki cabang di Jakarta. Meski sudah berdiri sejak 2013, hingga kini kehadirannya masih mampu menarik para pecinta kuliner. Apalagi konsep yang diusung memang unik dan lain dari yang lain.

Menggunakan slogan ‘The Happiest Prisoner on Earth’, berkunjung ke ‘penjara’ dijamin bakal Teman Traveler bahagia alih-alih cemberut. Kalian bakal dimanjakan sederet sajian lezat dan suasana tempat makan yang nyaman.

‘Penjara’ yang bikin bahagia.

Bong Kopitown Jogja beralamat di Jalan Sagan No.4, Terban, Gondokusuman. Lokasinya mudah dijangkau karena berada di pusat kota.

Jika Teman Traveler berangkat dari Bandara Adisutjipto, bisa arahkan kendaraan menuju Jalan Raya Solo-Yogyakarta hingga Jalan Urip Sumoharjo. Begitu sampai perempatan Sagan, belok kanan menuju Jalan Sagan. Kalian akan mendapati kafe ini tepat di depan IFI-LIP Jogjakarta.

Mengusung eksterior ala penjara, bangunan resto terlihat lumayan mencolok dari luar. Mereka buka setiap hari, mulai jam 10.00 hingga 24.00. Bisa jadi salah satu tempat andalan untuk makan siang maupun makan malam.

Buka dari pagi hingga malam.

Berada Bong Kopitown Jogja, Teman Traveler akan menjumpai daftar menu yang tak biasa. Alih-alih muncul dengan tampilan menu restoran umumnya, menu di sini didesain layaknya sebuah koran. Lengkap dengan halaman muka berisi kisah fiktif mengenai latar belakang resto.

Daftar menu yang unik.

Dikisahkan dua orang sahabat, Bong dan Kim, harus terpisah karena Kim mendekam di penjara. Karena kesetiaannya, Bong lantas memutuskan menemani Kim dengan menjadi seorang koki di dapur penjara.

Area lesehan dengan nuansa penjara.

Kisah unik tersebut belum selesai Teman Traveler. Masakan Bong ternayta begitu lezat, hingga membuat tiga buronan paling dicari memutuskan menyerahkan diri. Pemerintah setempat lantas menutup penjara tersebut dan menjadikannya restoran dengan nama Bong Kopitown.

Tiga buronan yang dimaksud adalah Lee, Ming, dan Ken, sosok di halaman depan daftar menu. Well, meski hanya sekedar fiksi, ceritanya cukup menarik bukan Teman Traveler?

Bersantap Seru di Balik Penjara

Sensasi makan di balik jeruji.

Mengambil konsep ala penjara Hongkong tahun 1967, Bong Kopitown Jogja ingin memberikan sensasi bersantap bersama teman atau keluarga dengan suasana berbeda. Tak sekedar makan, pengunjung bisa coba bersantai dan bercengkrama di balik jeruji besi. Sesuati yang mungkin tak pernah Teman Traveler bayangkan sebelumnya.

Teman Traveler akan diajak menjajal makan dengan nuansa seperti seorang penghuni penjara. Tapi jangan khawatir, kalian bakal merasa bahagia dan nyaman kok. Semua makanannya di sini dijamin enak dan menggugah selera.

Suasana nyaman dan bikin betah.

Resto ini memiliki dua area duduk, yakni di depan dengan meja dan area lesehan di sisi lain. Interior bergaya penjara begitu terasa dengan jeruji-jeruji di dinding. Namun di area lesehan, atmosfer hotel prodeo bakal lebih kentara karena jeruji digunakan sebagai penyekat antara satu area duduk dengan yang lain.

Tak hanya itu, hadirnya ‘narapidana’ kian menambah suasana menjadi seperti di penjara. Narapidana yang dimaksud adalah para pelayan dengan pakaian ala tahanan. Meski mengusung suasana penjara, tempat ini dijamin nyaman dan bikin enggan pulang.

Lebih dari Sekedar Makanan Penjara

Beberapa menu yang ditawarkan.

Konsep boleh di penjara, namun menu makanan yang ditawarkan sangat memanjakan lidah. Bahkan tak kalah nikmat dengan restoran bintang lima. Di sini Teman Traveler bisa mencicipi kuliner dengan cita rasa turun-temurun ala China peranakan. Kebanyakan diadopsi dari daerah-daerah seperti Medan dan Singkawang.

Semuanya menu diolah secara tradisional dan disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Dijamin lezat dan membuat lidah Teman Traveler bergoyang saking enaknya.

Grandma Porridge.

Ada banyak menu yang bisa Teman Traveler coba. Mulai dari main menu, kongkow menu, menu buronan, hingga special menu. Main menu terdiri dari beberapa masakan Asia seperti Rendang Nasi Lemak, Singapore Laksa Noodle, Grandma Porridge, Ubud Crispy Duck, dan Hainan Chicken.

Sementara itu, menu kongkow merupakan makanan ringan atau cemilan yang bisa disantap beramai-ramai. Teman Traveler bisa mencicipi lezatnya singkong ala Thai, mantao, Classic HK Toast, Fried Banana, dan masih banyak lagi.

Butuh yang segar atau manis? Teman Traveler juga bisa memesan Happy Soda Ice, Shaved Yoghurt, Es Jadoel, atau Choco Peanut Butter. Cocok sekali untuk menghalau panasnya cuaca Jogja.

Nasi Goreng Tom Yum.

Menu spesial di Bong Kopitown Jogja juga jangan sampai lolos. Ada empat menu yang ditawarkan yakni Nasi Goreng Tom Yum, Tom Yum Kung with Noodle, Rendang Noodle, dan Pontianak Crab Noodle.

Dengan pilihan menu yang begitu beragam, Teman Traveler dijamin bakal menemukan kebahagiaan di sini. Apalagi harganya cukup terjangkau. Minuman ditawarkan antara Rp7.000 hingga Rp27.000. Sementara makanan dibanderol mulai Rp9.900 hingga Rp58.000.

Es Ketan Jadoel .

Bagaimana, tertarik untuk mencoba sensasi seru menikmati makan di dalam penjara? Agendakan ke Bong Kopitown yuk jika Teman Traveler sedang bertandang ke Jogja. Jangan lupa ajak teman atau keluarga agar lebih seru.