Salam sejahtera…

Ada yang sudah tau tentang Wisata Kuliner? Kali ini kita akan bahas tentang Makanan Cilok Khas Jogja. Ingin tau? Simak artikel dibawah…

Pengertian Cilok Khas Jogja

Makanan ini cukup terkenal dan fenomenal. Bahkan sekarang sudah buka cabang dari yang tadinya hanya dijual memakai gerobak di sekitar alun-alun kidul, Sekarang sudah membuka cabang di daerah jalan kaliurang. Meskipun jajanan ini berasal dari jawa barat, Namun cilok gajahan mampu menjadi primadona jajanan masyarakat jogja lintas usia

Kali ini kita akan bahas tentan Makanan Cilok Khas Jogja, Sebagai berikut..

Makanan Cilok Khas Jogja

Pembuatan yang pertama :

> Campur tepung terigu dengan Bawang putih, Daun bawang, Merica bubuk, Gula pasir, Penyedap rasa, dan Garam. Kemudian tuang air panas secara perlahan sampai dirasa adonan cukup basah dan mengental.

> Lalu masukkan tepung tapioka. Uleni dengan tangan perlahan-lahan hingga rata. Kemudian bentuk bulat-bulat kecil. Didihkan air. Lalu masukkan cilok yang telah dibentuk ke dalam air. Jika cilok sudah mengapung maka tandanya sudah matang.

Pembuatan Kedua :

> Campur tepung terigu dengan Bawang putih, Daun bawang, Merica bubuk, Gula pasir, Penyedap rasa, dan Garam. Kemudian tuang air panas secara perlahan sampai dirasa adonan cukup basah dan mengental.

> Lalu masukkan tepung tapioka. Uleni dengan tangan perlahan-lahan hingga rata. Kemudian bentuk bulat-bulat kecil. Didihkan air. Lalu masukkan cilok yang telah dibentuk ke dalam air. Jika cilok sudah mengapung maka tandanya sudah matang.

> Rebus kembali air rebus cilok tadi, Masukkan tulang tangkar sapi, Bawang putih, dan Daun bawang. Tambahkan garam dan gula sesuai selera.

Cara ke tiga :

> Campurkan Tepung kanji, Tepung terigu, Daging sapi yang telah digiling hingga halus, Masukkan bawang putih, Daun bawang, Merica, dan Garam. Uleni sampai kenyal dan dirasa bisa dibentuk. Bentuk bulat adonan.

> Rebus air hingga mendidih lalu masukkan cilok ke dalam air. Tunggu hingga mengapung. Tiriskan.

Nah ini dari berbagai jenis cara membuat cilok khas jawa khususnya yang berada di jogja…

Baca juga : Makanan Yangko Khas Jogja