paket wisata jogjaMAKANAN KHAS BANTUL

Makanan Khas Bantul Berwisata memang belum lengkap jika belum mencicipi makanan khas daerahnya. Di Yogyakarta sangat terkenal dengan makanan khasnya yaitu Gudeg. Yogyakarta mempunyai 5 Kabupaten, yang masing – masing Kabupaten mempunyai makanan khas yang sangat enak. Apalagi Kabupaten Bantul yang memiliki banyak sekali makanan khas yang bisa membuat para wisatawan ngiler. Berikut ini makanan khas bantul yang wajib kalian coba ya. Baca juga : Paket Wisata Jogja

1. Bakmi Pentil

Mie pentil merupakan mie yang terbuat dari tepung tapioka. Mie ini adalah salah satu ikon kuliner di Bantul yang sudah ada sejak puluhan tahun yang lalu. Makanan ini berasal dari daerah Kecamatan Pundong, Bantul. Yang menjadi unik dari mie ini adalah teksturnya yang sangat kenyal dan warna dari mie ini. Mie pentil terdapat dua warna yaitu kuning dan putih.

2. Peyek Tumpuk

Nama Peyek Tumpuk sendiri diberikan karena dua hal. Pertama karena bentuk peyek yang tidak pipih bulat seperti rempeyek pada umumnya, melainkan tebal bertumpuk-tumpuk. Selain itu juga karena pertama kali dibuat dan dikenalkan oleh seorang wanita bernama mbok Tumpuk. keistimewaan peyek Mbok Tumpuk terletak rasanya yang gurih dan renyah.

3. Mie Des

Mie Des ialah mie godog yang berarti bakmi pedas godog. Bahannya terbuat dari pati ketela yang diiris bukan digiling seperti bakmi biasanya. Makanan ini lagi – lagi berasal dari Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul. Baca juga : Paket Wisata di Jogja

4. Kue Adrem

Makanan tradisional ini adalah Adrem atau sering disebut juga dengan istilah Tolpit. Terdengar jorok namanya, namun karena keunikannya Tolpit jadi banyak dicari. Tolpit dikenal sebagai camilan khas Bantul. Camilan unik ini terdapat di beberapa pasar di Bantul seperti Pasar Bantul, Pasar Pundong, Pasar Koragede, Pasar Siluk dan masih banyak lagi. Bahan utama pembuatan Kue Adrem adalah tepung beras, kelapa parut, dan gula merah. Campuran tepung beras dan kelapa parut selanjutnya dicampur dengan gula merah yang sudah dilelehkan, ditumbuk, kemudian dicetak bulat seperti bakso yang dipipihkan di atas daun pisang, kemudian digoreng.

5. Sate Klathak

Menu yang satu ini merupakan menu sate yang wjib kalian coba. Sate Klathak merupakan makanan khas dari Pleret, Bantul. Yang menjadi khas dari makanan ini adalah daging kambing yang ditusuk menggunakan ruji sepeda, sehingga disebut dengan nama sate klathak.

Nah diatas adalah beberapa info paket wisata asik jogja. Terima kasih sudah mengunjungi website kami, semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂 Untuk info lebih lanjut KLIK DISINI.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com