Mari Berwisata Budaya di Bali

Paket Wisata Bantul – Gabut Liburan cuma di rumah doang? Liburan bingung mau kemana? Mau wisata tapi tidak tau tempat yang harus dituju? Cobalah kalian berwisata budaya di Bali, dijamin seru deh. Ini dia rekomendasi tempat wisata budaya di Bali. Selamat Liburan 🙂

 

Pura Ulun Danu Beratan

Objek wisata Bedugul BaliBangunan pura yang merupakan tempat pemujaan bagi umat Hindu di Bali ini, terletak di tepi danau Beratan Bedugul. Pura Ulun Danu sendiri tempat memuja Dewi Danu yang diyakini sebagai Dewi Kesuburan dan pemberi anugerah. Lokasinya di dataran tinggi kawasan Bedugul, nuansa alamnya indah dengan perpaduan serasi antara keberadaan pura dalam balutan danau Beratan yang cantik dikenal dengan objek wisata Bedugul. Sehingga tempat wisata budaya dengan alam mengagumkan ini menjadi tujuan tour yang paling populer, sehingga anda yang pertama kali ke liburan ke pulau Dewata Bali, maka objek wisata Bedugul wajib menjadi agenda tour anda.

Pura Luhur Uluwatu

Sunset di objek wisata UluwatuApa yang ditawarkan di Pura Luhur Uluwatu memang benar-benar membuat wisatawan berdecak kagum, sebuah pura bertengger di ujung bukit karang dengan ketinggian tebing hampir 100 meter yang langsung berbatasan dengan laut, suguhan alam yang indah tidak hanya keunikan pura tersebut tetapi tebing-tebing cantik yang mengelilingi kawasan ini, apalagi ketika matahari terbenam, pemandangan alam di tempat ini lebih spektakuler, selain itu setiap sore menjelang sunset di kawasan Uluwatu ini dipentaskan seni tari tradisional, yakni tari Kecak yang sudah sangat populer dengan latar belakang keberadaan pura Uluwatu, samudera Hindia dan sunset, sebuah tujuan wajib tour di Bali, terutama kawasan Bali Selatan.

Pura Tanah Lot

Sunset di objek wisata Tanah LotWisata budaya dengan balutan alam yang indah bisa anda temukan di Tanah Lot, sebuah objek wisata yang populer dan selalu ramai dikunjungi dan menjadi agenda tour wajib di pulau Dewata Bali. Sebuah pura bertengger pada sebongkah batu karang besar di tengah pantai, pura yang menjadi tempat pemujaan umat Hindu ini merupakan warisan sejarah masa lalu dengan berbagai kisah uniknya, tampil begitu menawan sehingga mampu menghipnotis para pengunjung, apalagi saat kehadiran sunset (matahari terbenam), sebuah pura lagi terletak di sebelah baratnya dikenal dengan Pura Karang Bolong, pura ini bertengger di tebing batu karang juga terlihat cantik.

Tari Barong Di Batubulan

Tari Barong di BatubulanPementasan seni tari tradisional di Bali ini sangat populer, tempat tari Barong ini di desa Batubulan, Gianyar, menjadi salah satu tujuan wisata budaya yang populer di Bali, tari Barong dipentaskan setiap pagi hari pukul 09.30 selama 1 jam, sehingga mereka yang mengagendakan tour ke arah Ubud, Kintamani atau tour wilayah bali Timur, bisa mengagendakan ke Batubulan terlebih dahulu. tari Barong sebenarnya adalah tarian sakral yang hanya dipentaskan saat-saat ada upacara keagamaan umat Hindu. Berkembangnya pariwisata di Bali, maka tari Barong tersebut juga dikemas sebagai tari hiburan bahkan anda masih bisa menyaksikan sisi mistis dari pementasan tari Barong tersebut, tari Barong di Batubulan mengisahkan pertempuran kebaikan dan keburukan yang selalu abadi.

Pura Besakih

Objek wisata Pura BesakihMengenal budaya Bali lebih dekat, maka anda bisa berkunjung ke pura Besakih, tempat wisata pura di Bali Timur ini adalah merupakan komplek pura terbesar di Bali dan sebagai pusat perayaan upacara keagamaan bagi umat Hindu, sehingga menjadi tujuan tour populer di pulau Dewata Bali. Komplek pura cukup luas, sehingga jika anda ingin mengemas paket tour ke objek wisata Besakih, maka anda butuh tour guide (pemandu wisata) bisa guide yang anda bawa sendiri atau sewa guide lokal di lokasi. Sehingga anda bisa mengetahui mengenai sejarah berdirinya pura Besakih tersebut dari pemandu wisata, lokasi mana yang ideal untuk menikmati keindahan warisan budaya Hindu tersebut, termasuk hal-hal yang perlu diperhatikan bagi mereka yang berkunjung ke pura Besakih.

Taman Air Tirta Gangga

Objek wisata Tirta GanggaPeninggalan sejarah masa lalu tersebut menjadi sebuah warisan budaya yang sekarang terjaga baik di kabupaten Karangasem. Tirta Gangga berkembang dan ditata sehingga menjadi tujuan tour yang populer di wilayah Bali Timur. Objek wisata di Bali Timur ini dibangun Raja Karangasem yaitu Anak Agung Anglurah Ketut Karangasem Agung, dibangun dalam bentuk istana air dengan menggabungkan arsitektur khas tradisional Bali dan China. Ada dua buah kolam permandian di Tirta Gangga untuk dewasa dan anak-anak, sumber air kolam tersebut berasal dari mata air alam, sehingga airnya sangat jernih, kemudian dialirkan ke kolam ikan dan selanjutnya untuk irigasi. Sebuah tugu air di tengah-tengah kolam menjadi ikon tempat wisata ini.

Taman Ujung Karangasem

Taman Ujung KarangasemWisata budaya yang menyangkut peninggalan sejarah masa lalu adalah objek wisata taman Ujung Karangasem atau dikenal dengan taman Sukasada, taman tersebut dibangun pada masa kerajaan Karangasem oleh raja I Gusti Bagus Jelantik dengan gelar kerajaan Agung Anglurah Ketut Karangasem. Awal dibangun pada tahun 1901, taman tersebut dinamakan kolam Dirah untuk mengasingkan mereka yang memiliki ilmu hitam. Namun raja berubah pikiran dan menjadikan tempat tersebut sebagai tempat peristirahatan raja, lengkap tempat perjamuan dan semedi, dengan perpaduan arsitektur tradisional Bali, China dan Belanda. Objek wisata budaya di Bali Timur ini populer sebagai tujuan tour dan photo pre-wedding.

Puri Saren Ubud

Salah satu bangunan di Puri Ubud

Warisan budaya masa lalu yang berupa istana kerajaan tersebut masih terjaga dengan baik, sebuah bangunan puri yang memang cukup spesial keberadaanya saat ini sehingga menjadi tujuan wisata yang cukup populer, dan menjadi destinasi wajib saat tour ke Ubud. Lokasinya di kawasan sentral Ubud dan mudah dijangkau. Dikenal dengan Puri Saren Agung Ubud dibangun pada masa pemerintahan kerajaan Tjokorda Ida Putu Kandel di masa pemerintahan raja ini berkisar dari tahun 1800-1823 M. Warisan budaya masa lalu ini terjaga dengan baik sampai saat ini yang merupakan saksi bisu sejarah Bali. Di Puri Ubud juga saat ini dipentaskan sejumlah seni tari Bali yang bisa disaksikan wisatawan, sebagai tempat pelestarian budaya tradisional, mengembangkan dan melindungi berbagai seni dan sastra Bali.

Tirta Empul Tampaksiring

Pemandian di Objek wisata Tirta Empul TampaksiringTujuan wisata budaya berikutnya di Bali adalah Pura Tirta Empul Tampaksiring, pura ini menjadi salah satu objek wisata populer di Kabupaten Gianyar, ramai dikunjungi wisatawan apalagi lokasinya strategis, searah perjalanan tour ke Kintamani dan Ubud. Di Pura Tirta Empul ini terdapat sebuah pemandian suci yang diperuntukkan umat untuk ritual melukat (meruwat) menghilangkan segala jenis pengaruh negatif dalam tubuh manusia. Pura Tirta Empul memiliki sejarah yang unik, berkaitan dengan legenda raja Maya Denawa yang dikenal lalim dan kejam memerintah rakyatnya, raga tersebut akhirnya tewas di tangan Dewa Indra yang diutus dari kahyangan.

Desa Tenganan

Desa Tenganan di Karangasem BaliSebuah desa wisata yang memiliki budaya dan sejumlah tradisi unik yang masih dilestarikan sampai saat ini. Penduduk desa Tenganan mengklaim bahwa mereka adalah penduduk asli Bali (Bali Aga), memang pada masa serangan Majapahit ke pulau dewata Bali, maka desa Tenganan inilah yang tidak bisa ditaklukkan, dan tidak terpengaruh oleh budaya luar, sehingga budaya dan hal-hal tradisional yang mereka pegang teguh masih bisa disaksikan sampai saat ini diantaranya; seperti aturan adat dalam membuat rumah, tidak merayakan Nyepi, tidak ada penjor Galungan, tidak mengenal poligami dan tidak mengenal upacara ngaben seperti di Bali pada umumnya. Desa Tenganan juga memiliki tradisi unik dinamakan perang pandan dan juga kerajinan tenun dobel ikat kain Pegringsingan. Desa tradisional ini menjadi salah satu desa Bali Aga di pulau Dewata Bali.

Desa Trunyan

Objek wisata desa TrunyanMengenal budaya dan tradisi unik di Bali yang tidak anda temukan di tempat lainnya akan menjadi sebuah pengalaman wisata tour yang menarik, seperti halnya kita anda berada di desa Trunyan sebuah desa terpencil yang berada di tepi danau Batur ini memiliki budaya dan tradisi pemakaman mayat yang berbeda dibandingkan tempat manapun. Tubuh yang meninggal hanya diletakkan di atas tanah di bawah taru (pohon) Menyan, uniknya jasad tersebut tidak mengeluarkan bau sedikitpun. Di desa Tenganan juga ada tari sakral yang dikenal dengan tari Barong Brutuk. Untuk mengunjungi pemakaman desa Trunyan bisa sewa perahu dengan menyeberangi danau Batur dari dermaga Kedisan, Toya Bungkah dan dari desa Trunyan sendiri. Sebuah desa Tradisional atau desa Bali Aga yang merupakan penduduk asli pulau Bali.

Objek Wisata Kertha Gosa Klungkung

Objek wisata Kertha Gosa KlungkungJejak-jejak peninggalan sejarah budaya masa lampau masih terpatri indah dan berdiri kokoh sampai saat ini dan dikenal dengan Kertha Gosa. Bangunan sejarah masa lalu tersebut dibangun pada jaman kerajaan Gelgel yaitu pada abad XVII,  di masa pemerintahan Dewa Agung Jambe, beliau adalah raja pertama Klungkung, putra ke dua Dalem Dimade yang mana merupakan raja terakhir dari dinasti kerajaan Gelgel, bangunan istana atau puri tersebut dinamakan Semara Pura, seperti nama ibu kota Kabupaten Klungkung. Bangunan bersejarah ini lengkap dengan ornamen ukiran tradisional Bali dan seni lukis wayang Kamasan, menjadi salah satu tujuan wisata budaya populer di wilayah Klungkung dan tujuan tour searah menuju Besakih dan Candidasa.

Desa Penglipuran

Desa PenglipuranMenikmati wisata budaya Bali maka kurang lengkap sebelum ke desa Penglipuran, sebuah desa tua yang memiliki tatanan budaya tersendiri dan berbeda. Terutama dalam tampilan fisik desa Penglipuran tersebut. Jalan tertata dengan rapi dan indah, bentuk angkul-angkul (gapura rumah) sama, luas pekarangan sama dan setiap rumah harus memiliki sebuah rumah tradisional yang beratapkan dan berdinding bambu. Penataan desa Penglipuran ini begitu indah dengan tetap menjaga warisan budaya masa lalu. Kendaraan tidak diperbolehkan memasuki jalan utama desa, karena sudah disediakan parkir khusus untuk warga dan juga wisatawan. Desa tradisional Penglipuran menjadi tujuan tour populer di kawasan Bali Tengah.

Objek Wisata Goa Gajah

Objek wisata Goa Gajah UbudPeninggalan budaya masa lalu pura Goa Gajah diperkirakan dibangun pada abad XI Masehi pada masa pemerintahan dinasti Warmadewa, yang difungsikan sebagai tempat suci bagi pemeluk Budha dan Hindu, ini menandakan pada masa kerajaan tersebut sudah terjadi akulturasi budaya Hindu dengan Budha. Ciri khas dari tempat ini adalah sebuah gua yang mana permukaannya gua dihiasi ukiran karang boma. Goa buntu dengan tinggi dan lebar sekitar 2 meter tersebut berbentuk letter T, terdapat ceruk pada dinding gua yang diperkirakan sebagai tempat para Biksu bertapa. Objek wisata Goa gajah ini menjadi salah satu situs cagar budaya di pulau Bali dan menjadi tujuan tour di kawasan Ubud yang terletak searah perjalanan dengan Kintamani.

Pura Goa Lawah

Gua kelelawar di pura Goa Lawah

Budaya Bali yang lebih banyak dipengaruhi oleh budaya Hindu, tentunya akan terdapat banyak tempat suci pura yang bisa dinikmati oleh wisatawan, seperti juga akan keberadaan Pura Goa Lawah, yang mana pura ini sebagai salah satu pura penting di Bali yang digolongkan sebagai Pura Sad Kahyangan atau 6 buah pura yang sebagai penyangga pulau Bali diantaranya pura Lempuyang, Andakasa, Silayukti, Goa Lawah, Uluwatu dan Batukaru. Pura ini terletak berdekatan dengan pantai sehingga menjadi tempat dan tujuan umat saat prosesi Nyegare Gunung, sehingga tidak mengherankan jika anda tour dan berkunjung ke sini, sewaktu-waktu akan bertemu dengan rombongan umat Hindu melakukan persembahyangan.