paket wisata jogjaMENGAPA YOGYAKARTA ISTIMEWA?

Yogyakarta Istimewa – Kami paket wisata Jogja merupakan jasa tour travel, dimana kami menyediakan paket liburan atau paket wisata di Jogja. Bagi Anda yang sedang ingin berlibur ke Jogja, bisa langsung hubungi kami di 0881 2796 374. Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan ulasan tentang Yogyakarta yang istimewa ini.

Keistimewaan Budaya

Yogyakarta menuntut perhatian pemerintah dan masyarakat terhadap keistimewaan budaya. Tidak hanya yang fisik tetapi juga non fisik. Sedangkan keistimewaan budaya non fisik dapat berupa pelestarian atas struktur maupun pola yang melekat pada masyarakat di Yogyakarta.

Kebudayaan manusia sebagai suatu proses mengadanya manusia, menunjukkan adanya dinamika dalam ke­hidupan manusia. Perkembangan kebudayaan dan peradaban manusia dewasa ini, yang cenderung pada dimensi materialitas, membutuhkan antisipasi kultural yang bersifat mendudukkan permasalahan pada jalur yang benar, sesuai dengan fitrah manusia yang bertransendensi.

Ada peluang untuk kembali merefleksikan perkembangan dewasa ini, dengan cara kembali ke aspirasi fundamental diri manusia, yakni pemahaman atas kesatuan antara kebenaran Tuhan, Kebajikan moral, dan keindahan. Proses kebudayaan pada dasarnya merupakan proses yang menjaga keseimbangan alam dunia dan akhirat, lahir dan batin, jasmani dan ruhani, individu dan sosialitas.

Sudah sewajarnya Yogyakarta yang sarat dengan nilai-nilai kebudayaan luhur dapat dilindungi dan dilestarikan, tentu tanpa melupakan adanya dinamika manusia pendukungnya.

Keistimewaan Pertanahan

Keistimewaan Yogyakarta dalam pertanahan. Yaitu pengaturan istimewa atas kepemilikan dan hak pengelolaan tanah. Dalam kepemilikan tanah di Yogyakarta, semua tanah adalah milik keraton (Sultan Ground). Kecuali tanah Adikarta (sekarang Kulon Progo-red) yang merupakan tanah Puro Paku Alaman (Paku Alaman Ground). Dengan surat kekancingan dari keraton dan puro, masyarakat bermukim dan melakukan kegiatan apapun di atasnya, namun bukan merupakan hak milik.

Pemerintah kemudian mengeluarkan Undang-Undang Pokok Agraria (UUPA) No. 5 tahun 1960. Di dalamnya antara lain berisi ketentuan untuk menghapus hak-hak feodal dalam pertanahan. Dalam perjalanannya, UUPA ini menghilangkan hak kerajaan atas tanah yang sebelumnya telah dimiliki.

Pengaturan bidang pertanahan agar keistimewaan tersebut tidak hilang. Salah satu pasalnya menyatakan keterlibatan Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta bersama Kraton dan Paku Alaman dalam pengaturan lahan.

UUK mencoba menjembatani antara kepentingan pemerintah dalam menyediakan kebutuhan rakyat atas penggunaan lahan dan pihak Kesultanan dengan tetap memperhatikan keistimewaan sultan sebagai pemilik tanah di Yogyakarta. Baca juga : Paket Wisata di Jogja

Keistimewaan dalam Pemerintahan

Keistimewaan Yogyakarta dalam pemerintahan paling banyak menimbulkan perdebatan dalam hal memilih kepala propinsi (gubernur) berdasarkan pertimbangan keturunan dari Kasultanan. Sedangkan wakilnya berasal dari Paku Alaman. Pengangkatannya pun seumur hidup. Keistimewaan pengangkatan semacam ini sudah berlangsung sejak HB IX. Sultan melaksanakan kepentingan kerajaan sebagai Raja, tapi juga mengurusi Yogyakarta dalam kapasitasnya sebagai gubernur.

Namun sepertinya akan berubah saat Sultan pada tanggal 7 April 2007 menyatakan tidak bersedia dicalonkan kembali sebagai gubernur periode 2008-201). Walaupun peristiwa itu sudah agak lama berlalu namun dari momentum ini muncul lagi perdebatan masyarakat. Terbukti bahwa toh akhirnya Sultan HB X pun secara legalformal menjadi Gubernur DIY.

Kesadaran akan matarantai sejarah menjadi sangat penting ditanamkan pada generasi muda dan masyarakat semua, bahwa apa yang dapat kita nikmati sekarang ini juga merupakan hasil karya pendahulu kita. Memahami sejarah bukan sekedar ber-nostalgia akan masa lalu, namun sesungguhnya merupakan dasar kecerdasan bagi merancang masa depan. Bahkan perilaku, keputusan maupun kebijakan kultural kita yang tidak bertumpu pada kearifan budaya dan pemahaman akan mata rantai sejarah, akan menunjukkan betapa kita menjadi masyarakat yang tak beradab.

Kenyataannya, Yogyakarta memang istimewa dengan segala latar belakang sejarahnya. Baik dalam pemerintahan maupun budayanya. Yogyakarta saat ini keistimewaannya mulai terancam hilang maknanya. Tergerus arus perubahan. Apakah kemudian Undang-undang menjadi pamungkas untuk mempertahankan keistimewaan(?) tidak pernah bisa dipastikan.

Yogyakarta bahkan menjadi tidak istimewa sejak masyarakat tidak mengetahui mengapa dan apa yang menjadikan daerah ini berbeda dan istimewa. Apalagi kalau Keistimewaan sekedar diartikan sebagai adanya dana keistimewaan yang relatif besar, walaupun menjadi relatif “kecil” bila dibandingkan dengan dana yang sudah “ditilep” para koruptor.

Sudah sewajarnya kawasan Kota Yogyakarta ini yang sarat dengan nilai-nilai kebudayaan luhur dapat dilindungi dan dilestarikan, tentu tanpa melupakan adanya dinamika manusia pendukungnya. Sehingga pembangunan di Kota Yogyakarta bukan semata mata mengejar ketertinggalan dari kota lain, atau meniru kota lain, melainkan mengembangkan potensi yang dimilikinya sesuai dengan mata rantai sejarahnya. Yogyakarta di masa depan hendaklah menjadi kota dengan fungsi hati nurani yang otonom, menjadi ukuran peradaban kemanusiaan dan tidak menjadi kota yang membuat masyarakatnya justru teralienasi.

Terwujudnya Yogyakarta sebagai kota istimewa, menjadi destinasi wisata kultural yang dapat memberikan inspirasi dunia dengan kearifan kulturalnya, sejajar dengan kota bersejarah dan budaya lainnya. Dicerminkan dengan Yogyakarta sebagai kota pariwisata terkemuka, kota pendidikan, kota perjuangan, kota kebudayaan, berlandaskan relijiusitas dan semangat kerakyatan menuju Mamayu Hayuning Bawana.

Kita kemas secara lebih baik warisan kebudayaan kita yang berupa tatakota, bangunan, tari-tarian, musik tradisional, kuliner khas Jogya, industri kreatif khas Jogya dan lain lain, sebagai sesuatu yang menghidupkan masyarakat sekaligus juga menghidupi masyarakat.

Nah diatas adalah beberapa info kami paket wisata asik jogja. Terima kasih sudah mengunjungi website kami, semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂 Untuk info lebih lanjut KLIK DISINI.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com