Goa Pindul

Goa Pindul adalah salah satu goa yang ada di Jogja. Tepatnya di Desa Gelaran 1, Kelurahan Bejiharjo, di Kecamatan Karangmajo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Aktivitas yang sering dilakukan adalah Cave Tubing dan susur goa. Di dalam goa ini terdapat sungai yang mengalir sehingga membuat kesan eksotis. Goa ini dulunya bekas sarang walet.

Cave Tubing

Cave tubing adalah aktifitas menyusuri sungai yang ada di dalam goa dengan menggunakan sebuah ban pelampung. cave tubing sebenarnya hampir mirip dengan rafting. Hanya saja yang membedakan keduanya adalah, rafting biasanya dilakukan di aliran air sungai yang deras. Sedangkancave tubing dilakukan di aliran sungai yang tenang.

Goa Pindul Jogja memiliki panjang 350 meter dengan lebar 5 meter. Terdapat tiga zona yang harus dilalui ketika melintas di Goa Pindul, yaitu zona terang, zona gelap, dan zona remang. Zona terang terdapat di area start ketika hendak memasuki goa. Zona remang berada di beberapa meter setelah memasuki pintu goa. Dan Zona Gelap berada di tengah tengah dalam goa Pindul.

Setiap pengunjung yang menyusuri Goa Pindul dengan menggunakan pelampung, akan menjumpai stalagtit yang sangat besar. Ukuran dari stalagtit tersebut mencapai 5 rentangan tangan orang dewasa. Konon katanya, air yang menetes dari staglagtit ini dapat menjadikan cantik dan awet muda.