MENIKMATI KEINDAHAN PUNCAK SUROLOYO

Paket Wisata – Bagi penduduk lokal, pasti sudah tidak asing lagi dengan Puncak Suroloyo. Dengan ketinggian sekitar 1.019 meter di atas permukaan laut kita bisa merasakan sejuknya udara pegunungan dan pemandangan kota Jogja dari ketinggian.

Dari sini, Candi Borobudur juga dapat terlihat jika cuaca sedang cerah dan tidak mendung.

Lokasi 

Puncak Suroloyo berlokasi di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh Kabupaten Kulonprogo Daerah Istimewa Yogyakarta.

Alamat : Maps

Akses

  • Untuk bisa mencapai Puncak Soroloyo dapat memilih 2 jalur yaitu :
  • Dari Yogyakarta – Jalan Godean – Kenteng – Nanggulan – Kalibawang – Suroloyo.
  • Dari arah Semarang atau Magelang : Magelang – Muntilan – Jalan Wates – Kalibawang – Suroloyo.
  • Rute alternatif : ditempuh dengan jalan kaki melalui Borobudur menuju kearah selatan menuju sub terminal Samigaluh selanjutnya menuju arah Suroloyo.

Harga Tiket

Untuk memasuki kawasan obyek wisata Puncak Suroloyo, anda harus membayar tiket sebesar Rp.2.000,- per orang (2014). Sedangkan bila anda menggunakan jasa ojek rute dari pertigaan Bendo ke puncak Soroloyo pulang pergi, tarifnya Rp. 50.000,-

Fasilitas

Fasilitas yang tersedia di Surolyo hanya berupa warung – warung kecil yang menyediakan makanan dan minuman ala kadaranya. Bila anda melewati daearah Nanggulan, anda dapat menemukan warung sate yang sangat terkenal dan konon tempat tersebut langganan Bupati Kulonprogo untuk menjamu tamu-tamunya.

Keunikan Puncak Suroloyo

  • Puncak Suroloyo ketinggian sekitar 1.019 mdpl

Punthuk Sukmojoyo dilihat dari Puncak Suroloyo yang berjarak sekitar 1,91 kilometer.

Sebagai salah satu titik tertinggi Pegunungan Menoreh, Puncak Suroloyo menyuguhkan keindahan panorama dari ketinggian sekitar 1.019 meter di atas permukaan laut (mdpl). Pemandangan terbuka khususnya tersaji ke sisi utara. Sementara itu, puncak-puncak tertinggi Pegunungan Menoreh lainnya antara lain ada Gunung Kunir, Gunung Ayamayam, dan Gunung Trajumas.

Ada pula puncak-puncak lain sekitar Suroloyo, yakni Gunung Kendil dan Puncak Sariloyo. Bisa dibilang Puncak Suroloyo juga merupakan ujung dari Kabupaten Kulon Progo yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Magelang di sisi utaranya. Hamparan terbuka sisi utara sudah masuk Kabupaten Magelang di Provinsi Jawa Tengah. Gunung Sumbing dilihat dari Puncak Suroloyo. Saat cuaca cerah, pemandangan di Puncak Suroloyo begitu menakjubkan. Terlihat Gunung Merapi dan Merbabu di sisi timur. Sementara jauh di kaki langit sebelah utara, tampak Gunung Sumbing yang menjulang begitu tinggi.

Biasanya Puncak Suroloyo paling pas dikunjungi untuk menyaksikan keindahan matahari terbit atau terbenam. Obyek wisata ini juga pas untuk aktivitas camping karena menyajikan pemandangan malam yang tidak kalah indah.

  • Candi Borobudur dari jarak sekitar 5.000 meter

Candi Borobudur dilihat dari Puncak Surloyo, Kulon Progo, DIY dari jarak sekitar 4,96 kilometer.

Jika diamati dengan saksama, beberapa obyek wisata yang ada di Kabupaten Magelang juga tampak dari Puncak Suroloyo. Hal ini bisa dilakukan saat cuaca cerah, ketika tidak ada kabut tebal yang menghalangi pandangan. Salah satu obyek wisata paling terkenal yang turut bisa disaksikan dari Puncak Suroloyo adalah Candi Borobudur. Namun, bukan berarti salah satu dari tujuh keajaiban dunia itu bisa ditemukan dengan mudah dari Puncak Suroloyo.

Candi Borobudur memang megah dan besar, tetapi jika dilihat dari dekat. Jarak Candi Borobudur dari Puncak Suroloyo yang mencapai kurang-lebih 5.000 meter atau 4,96 kilometer membuatnya terlihat cukup kecil. Jarak Puncak Suroloyo dan Candi Borobudur.Butuh ketelitian untuk bisa menemukan Candi Borobudur dari Puncak Suroloyo. Candi megah itu seolah tersembunyi di tengah hamparan terbuka, pepohonan dan perbukitan yang tersaji di depan mata. Saat berhasil ditemukan, bukan berarti Candi Borobudur akan mudah untuk dijepret begitu saja.

Jika hanya dijepret dari kamera smartphone, candi itu tidak akan terlihat karena terlalu kecil. Baca juga: Berburu Samudera Kabut di Atap Perbukitan Menoreh Butuh perlengkapan khusus untuk bisa menjepret Candi Borobudur dari Puncak Suroloyo dengan jarak yang cukup jauh. Tentu perlengkapan yang bisa digunakan adalah lensa zoom yang mumpuni. Selain perlengkapan, cuaca juga menjadi faktor penting yang akan menentukan keberhasilan dalam menjepret Candi Borobudur. Saat terbaik adalah ketika cuaca cerah dan tidak ada kabut di sisi utara.