MERAPI VOLCANO MUSEUM YOGYAKARTA

Paket Wisata – Merapi Volcano Museum atau Museum Gunungapi Merapi di Yogyakarta ini merupakan museum bersejarah yang dapat dijadikan sebagai sarana pendidikan, penyebarluasan informasi aspek kegunungapian khususnya dan kebencanaan geologi lainnya yang bersifat rekreatif-edukatif untuk masyarakat luas dengan tujuan untuk memberikan wawasan dan pemahaman tentang aspek ilmiah, maupun sosial-budaya dan lain-lain yang berkaitan dengan gunungapi dan sumber kebencanaan geologi lainnya.

Museum Gunungapi ini diharapkan dapat menjadi solusi alternatif sebagai sarana yang sangat penting dan potensial sebagai pusat layanan informasi kegunungapian dalam upaya mencerdaskan kehidupan masyarakat, serta sebagai media dalam meningkatkan kesadaran dan kewaspadaan masyarakat tentang manfaat dan ancaman bahaya letusan gunungapi serta bencana geologi lainnya.

Lokasi Museum Gunung Merapi

Lokasi Museum Gunung Merapi sangat mudah dijangkau dan ditemukan, jika Anda melewati Jalan Kaliurang maka Anda akan menemuka museum ini. Alamat tepatnya berada di Jl. Kaliurang No.Km, Banteng, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Alamat : Maps [disini]

Rute Menuju Museum Gunung Merapi

Rute menuju Museum Gunung Merapi cukup terjangkau dan layak untuk dilalui. Jika Anda dari pusat 0 km kota Yogyakarta ke barat melewati jl kh Ahmad dahlan sampai ke perempatan ke utara menuju jl letjen suprapto, lalu sampai ke pertigaan ke timur melewati jl tentara pelajar jalan terus menuju jl magelang sampai ke perempatan ke timur melewati jl selokan mataram, kemudian sampai ke perempatan ke utara jalan terus sampai  ke perempatan lagi ke utara menuju jl monjali jalan terus menuju jl palagan tentara pelajar, sampai ke perempatan ke timur melewati jl pakem turi sampai perempatan ke utara melewati jl boyong, ikuti jalan tersebut maka Anda akan menemukan Museum Gunung Merapi.

Jarak dari pusat Kota Jogjakarta ke Museum Gunung Merapi cukup jauh yaitu sekitar 26,6 kilometer dan waktu tempuh untuk kendaraan bermotor dari pusat Kota Jogja ke Museum Gunung Merapi sekitar 53 menit.

Harga Tiket dan Parkir Museum Gunung Merapi

Harga tiket masuk Museum Gunung Merapi cukup murah dan standar diantaranya:

  1. Untuk masuk : Rp 5000/orang
  2. Untuk mancanegara : Rp 10.000/orang
  3. Untuk masuk ruang audio vusual: Rp 5000/orang
  4. Untuk masuk ruang audio visual mancanegara : Rp 10.000/orang

Sedangkan untuk harga parkir yaitu Rp 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5000 untuk mobil

Fasilitas Museum Gunung Merapi

Fasilitas yang ada di Museum Gunung Merapi sudah cukup lengkap dan dapat membuat pengunjung merasa nyaman diantaranya :

  1. Terdapat kamar mandi
  2. Terdapat taman
  3. Area parkir yang luas
  4. Souvenir shop
  5. Terdapat kantin
  6. Koperasi
  7. Ruang audio visual
  8. Terdapat Ayunan

Galeri Museum Merapi

Rute Museum Gunung MerapiHarga Tiket Masuk Museum Gunung Merapi