Gunung Merapi

Alamnya masih hijau asri ditambah udaranya yang jauh dari polusi membuat Kaliurang menjadi tempat yang selalu diburu masyarakat untuk berwisata. Panorama alamnya sangat apik, membuat wisatawan betah dan enggan pulang.

Wisata disini merupakan kawasan wisata yang bangkit dari kerusakan erupsi Merapi beberapa tahun yang lalu. Berkat polesan tangan kreatif warga, kawasan Kaliurang menjadi tempat wisata dengan wajah mutakhir yang memikat.

1. Bunker Kali Adem

Bunker Kaliadem yang sudah ada semenjak era kolonial ini dibangun untuk berlindung dari ganasnya Gunung Merapi. Namun tempat ini tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Saat kejadian erupsi pada tahun 2006, dua relawan yang berlindung di dalam bunker ini tewas tersapu awan panas di dalamnya.

2. The Lost World Castle

Tempat wisata gunung Merapi lainnya yang tak kalah seru adalah The Lost World Castle. Tempat wisata ini menawarkan spot foto yang unik. Identik dengan bentuk bangunan yang berupa kastil, yang memanfaatkan batu sisa erupsi Merapi sebagai bahan bajunya. Menjadikan tempat wisata ini sukses memikat para pengunjung.

Perlu diketahuin bahwa tempat wisata ini merupakan daerah kawasan rawan bencana. Tepatnya terletak di Dusun Petung, Desa Kepuharjo, Kecamatan Cangkringan. Jadi mesti waspada karena bisa sewaktu-waktu erupsi.

3. The World Landmark Merapi Park

Tempat wisata gunung Merapi lainnya yang bisa kamu kunjungi adalah Marapi Park atau yang disebut juga dengan The World Landmarks Merapi Park. Tempat ini menawarkan beraneka ragam miniature dari beberapa landmark yang ada di dunia seperti menara Eiffel, menara Pisa, patung Liberty, dan lain sebagainya.