ogel ogelOgel Ogel Oleh Oleh Khas Pemalang

Paket Wisata Bantul – Jika berkunjung ke Pemalang, dan ingin membeli oleh oleh, ogel ogel adalah pilihan yang pas. Ogel ogel adalah jajanan khas pemalang yang biasa dijadikan untuk oleh oleh. Bentuknya kecil kecil dan agak panjang. Nah, di artikel ini akan membahas tentang ogel ogel.

Salah satu makanan yang dikenal sebagai oleh-oleh khas Kabupaten Pemalang adalah Ogel-Ogel yang terbuat dari tepung beras. Ogel-ogel ini ternyata diperkenalkan ke khalayak banyak oleh UD Cipta Jaya di Blok H1 Perumahan Kaligelang sejak awal 2000an. Selain dipasarkan di daerah sendiri, Ogel-ogel ini banyak dicari orang sebagai oleh-oleh.

Ogel-Ogel merupakan makanan dengan bahan dasar tepung beras ketan. Adonan tepung beras ketan yang dicampur-dengan bahan lainnya yang terdiri dari gula, garam, keju dan diberi bumbu dibentuk seperti ulat menggeliat dengan menggunakan alat khusus yang dibuat sendiri oleh pembuat jajanan ini. Setelah dibentuk menyerupuai ulat selanjutnya digoreng dalam wajan besar. Ogel-ogel mempunyai rasa yang gurih, lezat dan renyah, 100% tanpa bahan pengawet.

Ogel-ogel sangat aman dikonsumsi sebagai camilan atau pengganti kerupuk. Bagi Anda yang suka pedas bisa menggunakan saus sambal. Makanan yang rasanya gurih renyah ini diam-diam telah menyebar luas ke berbagai daerah maupun kota besar di Indonesia. Bahkan tak jarang dijadikan oleh oleh ketika mengunjungi manca negara. Jika dilihat dari bentuknya, Ogel-Ogel berwarna putih kecoklatan atau krem panjangnya sekitar 2-3 sentimeter dengan ukuran sebesar jari kelingking orang dewasa. Salah satu ciri sebagai makanan khas, Ogel-Ogel dalam kemasan bisa bertahan hingga 3 bulan.