Oleh – Oleh Khas Gunungkidul Yang Wajib Netizen Cicipi

Oleh – Oleh Khas Gunungkidul Yang Wajib Netizen Cicipi – Gunungkidul menjadi wisata yang sering dikunjungi wisatawa ketika mengunjungi Yogyakarta. Kabupaten Gunungkidul menyimpan berbagai macam wisata yang akan membuat wisatawan betah. Salah satunya adalah makanan khas dari Gunungkidul, yaitu nasi thiwul. Selain nasi thiwul, masih banyak lagi makanan khas yang berasal dari Gunungkidul. Berikut ini beberapa makanan khas dari Gunungkidul.

1. Tiwul.

Catat! Ini 5 Oleh-oleh khas Wonosari yang Patut Dibawa Pulang

Kuliner ini adalah santapan khas Gunungkidul dan bisa dijadikan oleh-oleh. Di Gunungkidul, tiwul adalah makanan pengganti nasi, rasanya manis dan gurih. Teksturnya juga sangat lembut.

Tiwul yang paling terkenal adalah milik Yu Tum. Kamu bisa temukan salah satu gerainya di Jalan Pramuka No.36, Wonosari, Gunungkidul, Yogyakarta. Tiwul Yu Tum ini juga cukup legendaris lho, sudah berjualan sejak tahun 1985.

2. Gathot.

Catat! Ini 5 Oleh-oleh khas Wonosari yang Patut Dibawa Pulang

Gathot terbuat dari singkong. Rasanya manis dan gurih. Teksturnya juga empuk. Biasanya kuliner ini dimakan bersamaan dengan taburan parutan kelapa. Sama seperti tiwul, ketika di Wonosari kamu juga bisa menemukan gathot di kedainya Yu Tum, karena di sana cukup lengkap menjual oleh-oleh khas Gunungkidul. Harganya murah, mulai dari Rp 6 ribu saja.

3. Walang Goreng atau Belalang Goreng.

Catat! Ini 5 Oleh-oleh khas Wonosari yang Patut Dibawa Pulang

Bagi sebagian orang, makanan ini cukup ekstrim. Tapi rasanya sangat enak lho. Bahkan ada pula yang dibumbu pedas atau balado. Kamu juga tak perlu khawatir, belalang ini aman kok untuk dikonsumsi dan tinggi akan protein. Tapi meski begitu, kamu tetap perlu hati-hati kalau punya alergi. Oleh-oleh ini bisa ditemukan dengan mudah di sepanjang jalan arah ke pantai Gunungkidul. Harganya murah, mulai dari Rp 5 ribu untuk bungkus kecil hingga Rp 25 ribuan per toples.

4. Ungkrung Goreng.

Catat! Ini 5 Oleh-oleh khas Wonosari yang Patut Dibawa Pulang

Tak kalah ekstrim dari walang goreng. Ungkrung atau kepompong goreng ini juga menjadi santapan khas Gunungkidul. Biasanya untuk teman bersantap menggunakan nasi panas dan sambal.

Ungkrung yang digunakan juga gak sembarangan, yakni hanya menggunakan ungkrung kayu jati saja. Namun kamu perlu hati-hati jika punya alergi. Untuk harga sedikit mahal, yakni mulai dari Rp 35 ribuan.

5. Puli atau Gendar.

Catat! Ini 5 Oleh-oleh khas Wonosari yang Patut Dibawa Pulang

Kuliner ini biasa dijadikan camilan. Bahan dasarnya dari nasi dan rasanya gurih dan lezat. Biasanya untuk teman bersantap menggunakan tempe bacem. Kamu bisa menemukan kuliner khas Gunungkidul ini di pasar tradisional atau toko oleh-oleh yang ada di Jalan Wonosari.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com