Oleh – Oleh Khas Magelang

Oleh – Oleh Khas Magelang – Magelang merupakan salah satu Kabupaten yang terletak di Jawa Tengah. Salah satu wisata yang tersimpan di Kabupaten ini adalah Candi Borobudur, yang terkenal dengan candi budha terbesar di dunia. Dari pusat Kota Yogyakarta, kurang lebih 40 km. Magelang merupakan Kabupaten yang memiliki luas daerah kurang lebih 20 km persegi. Walaupun memiliki luas daerah yang kecil, namun Magelang memiliki wista yang cukup banyak dan memiliki makanan khas yang bisa anda coba. berikut ini beberapa makanan khas Magelang yang wajib dicoba.

 

1.Getuk Trio

Getuk merupakan jenis makanan ringan dengan bahan dasar singkong yang kini banyak sekali diproduksi di kota Magelang. Masyarakat Magelang kini semakin banyak dalam memproduksi getuk, sehingga tak akan heran jika ternyata Magelang dijuluki Kota Getuk. Nah, salah satu produk getuk Magelang yang paling terkenal ialah Getuk Trio. Sepak terjang dari produk Getuk Trio di Kota Magelang telah mendapatkan sebuah apreasi yang terbaik dari penduduk lokal ataupun penduduk asal mancanegara. Getuk Trio pada masa orde lama, penyajiannya dibungkus dengan menggunakan box dari bambu yang biasanya banyak menyebut box tersebut dengan sebutan besek. Tanpa berpikir panjang, ternyata respon yang baik dari masyarakat terhadap Getuk Trio yang dibuat secara manual oleh Ibu Setiawitidi, sangatlah bagus. Dengan demikian, sampai sekarang ini Getuk Trio dibungkus dengan besek yang dilapisi kardus dan berlabel Getuk Trio. Tekstur Getuk Trio sangat lembut, legit dan memiliki rasa yang manis. Untuk daya tahannya, Getuk Trio hanya bertahan sampai 2 hari saja karena dalam pembuatannya tidak ada tambahan bahan pengawet.

 

2.Gethuk Bolen

Gethuk ini ternyata memiliki perpaduan antara genthuk dengan adonan dari puff pastry yang telah melapisi gethuk. Pada umumnya bolen di isi dengan pisang, tetapi kali ini bolen di isi dengan getuk. Bayangkan saja manisnya getuk yang dipadukan dengan rasanya yang gurih dari bolen tersebut, pasti nikmat sekali bukan? Untuk itu, Gethuk Bolen wajib untuk dimasukkan dalam daftar oleh oleh Anda.

 

3.Tape Muntilan

Tape ini merupakan jenis jajajan tradisional yang terbuat dari bahan dasar ketan putih dengan diberikan pewarna yang alami. Masyarakat Magelang biasanya memberikan nama tape ketan ini sebagai oleh oleh khas Magelang sebagai muntilan. Terdapat dua pilihan tape ketan ini yakni pertama, dibungkus dengan menggunakan kemasan plastik ½ kg yang ujungnya diikat menggunakan karet. Kedua, dimasukkan secara langsung pada kemasan stoples isi 1kg. Untuk menemukan jajanan tradisional ini sangatlah mudah, karena produsen Tape Muntilan ini semakin banyak di Magelang. Sehingga Anda sebagai wisatawan lebih mudah mendapatkannya tanpa harus berdesak-desakkan dengan wisatawan lainnya yang juga menginginkan Tape Muntilan sebagai oleh oleh. Tape Muntilan sendiri ternyata tidak hanya diproduksi oleh produsen-produsen kecil, tetapi juga dilakukan oleh produsen tape skala besar. Namun pada umumnya, prabik tape akan menggunakan sedikit zat pewarna tetapi masih dalam tahap yang aman untuk dikonsumsi.

 

4.Wajik Salaman

Selain getuk, ternyata Magelang juga memiliki jajanan pasar lainnya yang tidak kalah fenomenalnya dan rasanya yang begitu legit dan enak yakni Wajik Salaman. Wajik sendirinya merupakan jenis makanan yang bahan dasarnya terbuat dari ketan yang memiliki unsur rasa manis dan memiliki tekstur yang begitu lembut dalam mulut Anda. Nah, salah satu jenis wajik yang paling terkenal di Kota Magelang yakni Wajik Salaman. Cita rasa yang dimiliki oleh wajik ini dipastikan sangat pas pada lidah siapapun yang mencoba merasakannya karena memang teksturnya yang pas di mulut. Oleh oleh khas Magelang ini dipastikan terbuat dari bahan ketan pilihan, pewarna dan pemanis makanan yang alami. Nah, untuk Anda yang sangat menginginkan Wajik Salaman ini sebagai oleh oleh maka Anda bisa langsung berkunjung ke pusat oleh oleh yang ada di Magelang tepatnya di Jalan Raya Salaman No. 110, Magelang.

 

5.Slondok

Sebagian orang banyak yang menilai makanan ini sangat unik dari nama panggilannya. Hal ini memang benar, karena dari pengakuan yang nyata dari beberapa wisatawan lokal yang berkunjung ke Magelang bahwa mereka mengatakan makanan ringan Slondok sangatlah unik dan sekaligus terdengar aneh dari istilah namanya. Namun meskipun terdengar unik dan aneh, mereka mengaku kalau makanan ringan ini harus Anda coba ketika datang ke Magelang jika ingin memanjakan lidah Anda. Nah, untuk Anda yang masih awam tentang Slondok bahwa Slondok merupakan jenis makanan ringan yang berbentuk seperti kerupuk dengan bahan dasar pembuatan dari singkong. Dikarenakan terbuat dari singkong, tetapi varian rasa dari slondok juga sangat beragam seperti Slondok Balado, Slondok Keju dan sebagainya.

 

6.Geblek

Selain Slondok, ada juga makanan yang unik lainnya di Magelang yakni Geblek. Sekilas namanya makanan ringan ini terdengar lucu tetapi sekaligus sedikit bernotasi negatif. Namun wisatawan tidak memperdulikan dibalik namanya makanan ringan ini karena Geblek tetapi disukai banyak masyarakat luas di Magelang. Bahkan Geblek ini ternyata menjadi icon kuliner Kota Magelang yang membuat orang yang mengkonsumsinya merasa ketagihan. Oleh karena itu, bagi Anda yang kini merasa belum pernah menyantap makanan ringan satu ini maka bisa Anda jadikan oleh olehkhas Magelang ketika berkunjung ke Kota Santri ini.

 

7.Potil

Potil merupakan jenis makanan ringan yang bahan dasarnya juga dari singkong. Bentuknya seperti cincin kecil yang memiliki rasa yang gurih dan lezat. Bahkan terkadang Potil juga bisa dijadikan lauk makan, pasalnya potil memiliki tekstur yang renyah dan gurih. Jadi, Potil bisa juga Anda masukkan dalam daftar oleh oleh Anda di Magelang.

 

8.Grubi

Anda tahu Grubi? Grubi merupakan jenis makanan ringan yang bahan pembuatannya dari ubi jalar. Kemudian dibentuk bola-bola dan digoreng yang sebelumnya dibumbui dengan menggunakan gula jawa. Cita rasanya begitu gurih dan memiliki tekstur yang renyah. Jadi, jika Anda belum pernah mencoba mencicipi Grubi maka silahkan beli Grubi ini di pusat oleh oleh khas Magelang.

 

9.Gula Kacang

Jika Anda suka dengan makanan ringan yang memiliki cita rasa yang legit dan lezat, maka Anda bisa mencoba membeli Gula Kacang yang biasanya sering dikenal dengan sebutan ampyang. Jadi, Gula Kacang juga wajib masuk daftar oleh oleh dari Kota Magelang.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com