Pantai Baron merupakan Pantai yang paling populer di Gunungkidul. pantai ini berlokasi di Desa Kemadang, Kecamata TanjungSari, Yogyakarta. air laut yang jernih dan hamparan pasir putih yang menjadi daya tarik sendiri.

objek wisata pantai baron mer upakan pantai yang membentuk cekungan. Seperti halnya wisata pantai lain di Gunungkidul pantai ini menawarkan pesona keindahan laut yang dikelilingi perbukitan hijau. ombaknya yang tidak begitu besar disukai sejumlah wisatawan, sehingga bisa dipergunakan untuk bermain air, seperti surfing atau menyelam.
 Nama Pantai Baron berasal dari nama seorang bangsawan jaman dahulu yaitu Baron Skeber yang pernah mendaratkan kapalnya di pantai ini.

Pantai Baron banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan mancanegara karena terkenal akan keindahan pemandangan pantai yang disuguhkan. Selain itu, pantai ini juga terkenal dengan aneka macam masakan lautnya. Walaupun para wisatawan yang datang diperbolehkan untuk berenang di Pantai Baron Gunung Kidul Yogyakarta, namun harus mendapat pengawasan ketat karena ombak pantai ini termasuk besar. Selain itu, para pengunjung tidak boleh asal melewati batas-batas pantai yang sudah ditentukan.

Keunikan Pantai Baron adalah adanya sungai bawah tanah yang mengalir cukup deras ke arah lautan. Sungai bawah tanah tersebut mengalir ke arah laut dan membentuk sebuah sungai. Uniknya sungai bawah tanah yang ada di salah satu tempat wisata di Yogyakarta tersebut adalah rasa airnya yang tawar meskipun berada sangat dekat dengan laut. Konon, dengan mengunjungi lokasi pertemuan air tawar dan air laut di Pantai Baron ini, makan dua insan dari status atau golongan yang berbeda dapat bersatu.

Dibanding pantai-pantai lainnya di Jogja, Pantai Baron Gunungkidul termasuk pantai yang paling asri dan alami. Selain berenang dan bermain-main di tepian laut, menikmati panorama pantai yang indah sembari menyantap hidangan kuliner di warung-warung serta restoran yang tak jauh dari pantai adalah kegiatan yang tak kalah menyenangkan. Menu kuliner yang tersedia didominasi oleh hasil laut. Karena di pantai ini banyak nelayan yang mencari ikan di laut maka terdapat tempat pelelangan ikan yang cukup besar. Anda bisa menemukan berbagai macam jenis hewan laut seperti udang, lobster, ikan tongkol, ikan bawal, dan ikan kakap.

Setiap tahun, nelayan lokal rutin menggelar upacara sedekah laut yang diadakan pada bulan Syuro (bulan pada kalender Jawa). Upacara sedekah ini dilakukan sebagai wujud rasa syukur atas rejeki berupa hasil laut yang diterima selama kurun waktu 1 tahun terakhir. Pemandangan lain yang ada di Pantai Baron saat berwisata adalah sebuah bukit yang berada di sekitar pantai. Anda dapat menikmati keindahan pantai dari atas bukit tersebut. Semilir angin yang berhembus dari arah laut akan cukup terasa saat Anda berdiri di atas bukit.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com