Pantai Pok Tunggal YogyakartaPANTAI POK TUNGGAL YOGYAKARTA

Paket Wisata – Di Yogyakarta, banyak sekali pantai  yang indah dari yang terkenal hingga yang masih sepi pengunjung seperti Pantai Pok Tunggal ini. Berlokasi di Kabupaten Gunung Kidul, pantai ini tidak seterkenal pantai selatan yang lain. Pantai Pok Tunggal berada di pesisir selatan Jogja yang merupakan lokasi pantai-pantai besar yang bersebelahan dengan Samudera Hindia. Namun Pantai Pok Tunggal memiliki perbedaan dan keunikan tersendiri.

Pantai Pok Tunggal juga terbilang unik, dan masih sepi dikunjungi sehingga pantainya masih bersih. Mengapa Pantai Pok Tunggal unik? Simak ulasan dibawah

Keunikan Pantai Pok Tunggal

Pok Tunggal, sumber ig pantaidijogja

Penamaan Pok Tunggal berasal dari keberadaan sebuah pohon satu-satunya yang terdapat di lokasi ini. Pohon yang juga bernama Pohon Duras ini terdapat satu-satunya di lokasi dan menjadi fitur menarik bagi para wisatawan. Begitulah lokasi wisata ini diberi nama.

Pantai ini memiliki sungai bawah tanah yang unik, karena tidak bercampur antara asin dan tawar. Sungai ini menjadi fenomena unik tersendiri yang sangat jarang ditemukan diberbagai tempat lainnya. Sungai ini dimanfaatkan penduduk setempat untuk aktivitas mereka sehari-hari.

Berbagai aktivitas dapat dinikmati di obyek wisata pantai yang satu ini. Mulai dari rekreasi, bersantai, piknik bersama keluarga dan rombongan dan bermain air. Bahkan tidak jarang spot wisata ini dijadikan wahana snorkeling.

Berbeda dengan pantai Gunung Kidul lainnya yang berombak besar dan deras, Pok Tunggal ternyata cenderung berombak tenang. Karenanya wisatawan banyak memanfaatkan lokasi ini untuk aktivitas diving dan snorkeling

Lokasi dan Rute

Secara geografis, pantai Pok Tunggal berada di desa Tepus, kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul. Keberadaannya juga terletak di tengah dua pantai lainnya yaitu Pulang Syawal atau Indrayanti dan Siung. Akses menuju lokasi ini dapat ditempuh dengan beberapa modal transportasi seperti motor, mobil hingga kendaraan umum. Jalan menuju pantai Pok Tunggal relatif mudah diakses dari kota-kota seperti Yogyakarta, Wonosari, Wonogiri, Sukoharjo, Klaten maupun Solo.

Apabila Anda memulai perjalanan dari kota Yogyakarta maka jarak tempuhnya sekitar 80 kilometer atau 2 jam perjalanan dengan kendaraan motor atau mobil. Secara singkat, rute yang harus Anda tempuh jika dimulai dari Yogyakarta, anda harus menuju arah Wonosari lalu berbelok ke selatan menuju Tepus. Hanya saja setelah melewati gerbang retribusi dan menemui pertigaan pilih arah kiri untuk menuju ke pantai Pok Tunggal.

Harga Tiket Masuk

Harga tiket yang perlu dikeluarkan adalah Rp. 10.000/orang. Selain harga tiket masuk, terdapat juga harga parkir yang berbeda tergantung jenis kendaraan. Mulai dari roda dua yaitu Rp. 3.000 hingga bus wisata yang dikenakan biaya parkir sebesar Rp. 15.000.

Fasilitas

Spot Pantai ini cukup mumpuni sebagai obyek wisata pantai terkenal di Jogja. Salah satunya bisa diketahui dari keberadaan fasilitas yang memadai. Fasilitas yang terdapat di sini diantaranya :

  • Wahana Camping
  • Tempat Makan
  • Mushola
  • Persewaan Alat : Tenda, Payung, dll
  • Toilet
  • Parkir

Obyek wisata di Pantai Pok Tunggal

Keindahan Pantai Pok Tunggal

1. Aliran sungai bawah tanah

Ada satu hal unik yang selalu menimbulkan rasa penasaran pengunjung yaitu mengenai adanya sungai bawah tanah di pantai Pok Tunggal. Menariknya, di pantai ini terdapat aliran sungai bawah tanah yang tawar dan tidak tercampur dengan asinnya air laut. Keberadaan sungai ini juga menjadi sumber mata air tawar utama yang menghidupi masyarakat sekitar pantai.

2. Diving danSnorekling

Layaknya ketika berkunjung ke pantai Nglambor maupun Sadranan, disini Anda juga dapat melakukan aktivitas akuatik seperti diving dan snorekling. Anda tidak perlu khawatir terseret arus karena ombak di area pantai ini cukup tenang. Selain itu, kondisi air lautnya masih alami, tenang dan bening sehingga sangat mendukung aktivitas ini. Akan tetapi, jika Anda ingin melakukan penyelaman baik diving maupun snorekling disarankan untuk membawa peralatan sendiri.

3. Spot foto menarik

Tren kekinian yang sedang berkembang adalah mengupload berbagai foto traveling menarik ke sosial media. Salah satu sosial media yang sering menjadi media utama untuk menunjukkan eksistensi Anda adalah Instagram. Nah, jika tujuan traveling Anda adalah untuk memburu foto-foto berkualitas maka dapat mengunjungi spot foto menarik di pantai Pok Tunggal.

Pantai Pok Tunggal

Ada banyak sekali spot foto yang dapat Anda pilih, diantaranya adalah menaiki tangga untuk menuju puncak bukit karst dan membidik sunrise maupun sunset terbaik. Jika Anda malas untuk menaiki puncak bukit karst, maka berfoto dengan latar laut serta langit yang biru pun lumayan bagus. Anda juga dapat memanfaatkan berbagai properti yang ada seperti deretan payung berwarna-warni guna memperindah komposisi gambar.

4. Wisata ekstrem rock climbing

Pantai Pok Tunggal memang terdiri dari tebing-tebing karst yang saling berjejeran dan berhimpitan. Keberadaan tebing yang menjulang ke langit bagai benteng ini jelas merupakan daya tarik bagi Anda para pecinta rock climbing. Disini, Anda dapat menguji adrenalin Anda dengan menjajal untuk menaiki maupun menuruni tebing-tebing karst yang cadas.

5. Camping

Seperti pada pantai-pantai lainnya, tentu saja area camping atau perkemahan selalu menjadi daya tarik tersendiri. Apalagi pada hari-hari tertentu misalnya pada akhir pekan dan hari libur. Kawasan camping di Pantai Pok Tunggal juga merupakan salah satu daya tarik tersendiri para wisatawan khususnya mereka yang menyukai wisata alam jenis ini. Tentunya suasana camping malam hari dengan teman-teman selalu menjadi aktivitas favorit ketika camp.

Berikut daya tarik dari Pantai Pok Tunggal. Tidak perlu biaya banyak untuk ke sana. Kalian tertarik mengunjunginya saat berlibur?