PANTAI TRISIK DI KULON PROGO

Paket Wisata  – Yogyakarta tidak hanya mempunyai pantai di Gunung Kidul saja, di Kulon Progo juga terdapat pantai yang mungkin belum banyak diketahui Pantai Trisik namanya. Pantai ini terletak di bagian barat Yogyakarta, yaitu di Kulon. Pantai satu ini termasuk ke dalam golongan pantai selatan. Pantai tersebut memiliki ombak yang besar dan ganas.

Harga Tiket Masuk

Kalau Kamu ingin menikmati keindahan pantai dan deburan ombak dengan harga yang murah, bisa langsung datang ke tempat ini. Berapa sih harga tiket masuk laguna Pantai Trisik yang indah ini ?

  • HTM :  Rp 5.000/orang
  • Parkir Motor : Rp 2.000
  • Parkir Mobil : Rp 5.00o

Oh ya, ada sedikit tips untuk yang ingin mampir ke tempat wisata pantai ini. Lebih baik, bawa bekal makanan dan minuman sendiri dari rumah. Karena di pantai tersebut masih sedikit yang menjual makanan dan minuman, dan kalau mau menikmati angin di pantai ini sebaiknya datang pada pagi hari atau sore hari, karena pada siang hari cuaca disini sangat panas.

Lokasi dan Rute Perjalanan menuju Pantai Trisik

Alamat : Bisa dilihat disini (Maps)

Pantai Trisik Yogyakarta berada di Desa Trisik, Kecamatan Brosot, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Rute menuju lokasi wisata pantai ini berjarak 37 km dari pusat Jogja, rute yang paling mudah dilewati adalah melewati Jalan Bantul, sampai di perempatan Palbapang, belok ke arah timur dan lurus saja melewati Jembatan Kali Progo. Lalu ikuti petunjuk arah ke Pantai Trisik Yogyakarta, Kamu sudah sampai di lokasi.

Lokasi Pantai Trisik

Image by @hery.sst

Tetapi, yang perlu diingat tidak ada transportasi untuk menuju ke daerah ini. Maka solusinya adalah pengunjung harus bawa kendaraan sendiri atau juga bisa menyewa motor yang disewakan oleh warga sekitar.

Jam buka dan aktivitas yang dapat Kamu lakukan

Pantai Trisik sendiri tidak ada batasan waktu mau kesini pukul berapa, serta buka pada setiap hari. Tetapi, jika ingin melihat aktivitas nelayan melawan ombak, pengunjung bisa kesini pada pukul 09.00 sampai 10.00 WIB dan jika ingin melihat para nelayan beradu dengan ombak dan lepas ke laut, Kamu bisa kesini antara pukul 04.00 sampai pukul 06.00 WIB.

Banyak aktivitas seru yang dapat Kamu lakukan di Pantai Trisik, ada beberapa kegiatan yang bisa dilakukan.

  • Penangkaran Penyu

Masyarakat di daerah Trisik sadar betul akan pelestarian penyu, upaya yang dapat dilakukan warga di sana adalah melakukan konservasi penangkaran penyu. Kamu bisa melihat langsung aktivitas bagaimana perawatan dan penangkaran penyu yang baik dan sesuai aturan.

  • Melihat pengeringan eceng gondok

Selain penangkaran penyu, warga sekitar juga memanfaatkan eceng gondok untuk bahan kerajinan, seperti tas, sandal, hingga tikar, dan kerajinan lainnya yang terbuat dari eceng gondok. Pengunjung bisa melihat langsung bahkan ikut berlatih membuat kerajinan eceng gondok dengan warga sekitar.

  • Berenang

Hal yang paling menyenangkan di Pantai Trisik saat ini adalah berenang. Para pengunjung bisa berenang di Pantai Trisik ini, tetapi juga harus berhati-hati jangan sampai berenang pada saat ombak sedang pasang.

  • Mengejar sunset

Di Pantai Trisik masih kental dengan suasana pedesaan, dengan kesederhanaan para nelayan menjadikan pantai ini menarik pengunjung. Kamu bisa melihat aktivitas para nelayan sembari menunggu matahari terbenam. Matahari terbenam merupakan hal yang paling ditunggu saat liburan ke pantai.

  • Upacara sedekah laut

Kalau ingin mengikuti upacara tradisi ini, pengunjung bisa kesini pada tanggal 1 Muharam. Upacara Sedekah Laut dilakukan sebagai rasa syukur nelayan, karena sudah diberikan rezeki melalui laut.

Spot Foto Pantai Trisik

Keindahan Pantai Trisik

Aktivitas di Pantai Trisik

Objek Wisata Pantai Trisik