PEMANDIAN AIR HANGAT CANDI UMBUL

Paket Wisata – Candi Umbul yang terletak di Magelang ternyata mempunyai pemandian air hangat. Dengan berkunjung ke Candi Umbul, kamu tidak hanya bisa mandi air hangat saja. Kamu juga bisa berswafoto karena pemandian air hangat ini berada di kompleks candi sehingga rasanya seperti kembali ke masa lalu.

Harga Tiket Candi Umbul

Candi Umbul memang cukup unik karena menawarkan air hangat alami di dalam kompleks candi. Meski demikian, harga tiket yang harus kamu bayar tidaklah mahal. Per Juni 2019, harga tiketnya hanyalah Rp5.000 saja. Kamu sudah bisa menikmati pemandian air hangat sepuasnya dengan harga itu. Tidak ada batas waktu bagi pengunjung untuk mandi air hangat. Namun, kamu hanya bisa masuk selama jam buka, yakni mulai pukul 06.00 sampai sekitar 17.30 WIB.

Pemandian Candi Umbul

Sesuai namanya, pemandian yang terletak di desa Kartoharjo, Kecamatan Grabag, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah ini merupakan situs purbakala berupa candi yang dibangun di area sumber air hangat.

Asal-usul penamaan Candi Umbul berasal dari kata umbul (bahasa Jawa) karena sumber air yang keluar dari dasar kolam selalu menyembul serupa gelembung-gelembung, atau yang di masyarakat Jawa disebut ”mumbul” (naik). Kolam di situs ini terbagi menjadi dua tempat. Yang pertama (terletak di bagian atas) merupakan kolam air panas yang mengandung belerang. Sedangkan kolam kedua (lebih rendah) berisi air dingin.

Keseluruhan dinding kolam terbuat dari lapisan-lapisan batu andesit. Pada zamannya, kolam ini merupakan tempat pemandian para putra-putri bangsawan.

Keunikan Pemandian Candi Umbul

Batuan candi di samping kolam pemandian Candi Umbul Magelang.

Yang unik dari kolam pemandian Candi Umbul adalah tidak adanya bau belerang seperti layaknya sumber air panas di objek wisata air panas lainnya. Sehingga pengunjung dapat sepuasnya berendam di tempat itu tanpa menanggung risiko. Namun belerang yang terkandung di dalamnya tetap mendatangkan manfaat menyembuhkan penyakit kulit, dan suhu airnya dapat menjadi terapi tulang dan pelancaran peredaran darah. Letak Candi Umbul yang dikelilingi oleh beberapa gunung, menjadikan daerah pemandian ini sangat sejuk dan nyaman. Anda akan betah berlama-lama berendam di air hangat di tengah susana udara yang sejuk tersebut.

Tips Berkunjung

1. Datang pagi hari

Jika ingin menjadikan Candi Umbul seperti kolam pemandian pribadi, hal itu bisa dilakukan dengan berkunjung pada pagi hari. Selain terasa seperti kolam pribadi, suara kicauan burung akan lebih terdengar saat sepi. Tentu menyenangkan jika berendam air hangat dengan ditemani suara alam seperti kicauan burung.

2. Berkunjung Pada Weekdays

Berkunjung saat sepi juga membuat aktivitas berfoto semakin leluasa tanpa khawatir adanya orang lain yang ikut terfoto. Dengan sudut pengambilan yang pas, hasil jepretan seolah seperti kembali ke masa lalu pada era zaman kerajaan Mataram Kuno.

3. Menjaga Kelestarian Sejarah

pengunjung yang hendak mandi di Candi Umbul harus sadar untuk menjaga situs peninggalan sejarah ini. Pengunjung hendaknya tidak melakukan aktivitas seperti melompat dari pinggir kolam yang terbuat dari batu andhesit khas candi karena bisa merusaknya. Selain itu, peninggalan sejarah berupa batuan candi beberapa juga diletakkan di sekeliling candi. Pengunjung tidak boleh sampai merusaknya. Cukup tidak disentuh atau hanya dipotret saja sudah merupakan tindakan nyata untuk tetap melestarikan benda peninggalan sejarah itu.

4. Menjaga Kebersihan

Satu hal yang harus dilakukan oleh pengunjung Candi Umbul adalah menjaga kebersihan, baik di dalam atau luar kolam. Perlu diketahui bahwa air pemandian akan dialirkan ke sungai kecil yang mengairi areal persawahan. Maka dari itu, kebersihan kolam harus dijaga oleh pengunjung. Sampah yang dibuang di kolam tidak hanya mencemari obyek wisata Candi Umbul, tetapi juga akan mengotori lingkungan masyarakat sekitar.

Nah, tadi sudah dijelaskan informasi mengenai pemandian Candi Umbul dan tips saat berkunjungnya. Semoga bermanfaat . . .