Pesona Air Terjun di Bantul YogyakartaPESONA AIR TERJUN DI BANTUL YOGYAKARTA

Paket Wisata – Air terjun menyimpan berbagai pesona di Kabupaten Bantul, Yogyakarta juga mempunyai beragam air terjun yang tak kalah indah dari kabupaten yang lain di Yogyakarta. Memiliki berbagai pesona alam yang masih kurang ter expose, menjadi salah satu faktor masih terjaga dari tangan-tangan nakal orang yang mengunjunginya.

Tidak hanya wisata alam seperti Pantai, Taman Bunga atau wisata kulinernya yang terkenal. Bantul memiliki beragam air terjun yang tak kalah indah. Inilah beberapa air terjun yang ada di daerah Bantul.

1. Air Terjun Seribu Batu Imogiri

Air Terjun Seribu Batu Imogiri

Banyak orang yang tidak menduga karena air terjun ini berada di dekat Makan Raja-Raja Mataram Imogiri. Potensi wisata air terjun Seribu Batu ini memang menarik. Lokasi tepat air terjun Seribu Batu Imogiri ini terlertak di dusun Cengkehan, desa Wukirsari, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. berada tepat di belakang makam Sunan Cirebon (Pesarean Griloyo) yang memasuki wilayah Desa Wisata Wukirsari. Desa Wisata Wukirsari adalah desa wisata sebagai sentra kerajinan batik tulis di Imogiri.

2. Curug Banyunibo

Curug Banyunibo

Lokasi tempat wisata menarik ini berada di Dusun Kabrukan, desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul. Jika kamu pernah ke desa wisata Krebet, maka lokasi air terjun Banyunibo ini tidaklah jauh dari jangakauan. Meski terbilang cukup jauh dari kota Yogyakarta, namun keindahan dan ketenangan dari wisata alam inilah yang ditunggu para sibukers dengan rutinitas dan kegalauan massal antara otak dan perasaan. Bersiaplah untuk diguyur kesejukan!

3. Air Terjun Parang Endog

Air Terjun Parang Endog

Bernama Air Terjun Parangendog atau juga yang dikenal dengan Air Terjun Dadakan berada di timur kawasan pantai Parantritis. Dan kemudian menjadi air terjun yang sangat banyak dikunjungi ketika musim hujan. Curug Parangendog ini memang merupakan air terjun musiman. Air terjun yang berasal dari aliran sungai ini semakin deras jika musim hujan dan jatuhnya air memang sangat dekat dengan pantai, sehingga air terjun Parangendog ini menjadi wisata dadakan di kala musim hujan.

4. Air Terjun Kedung Tolok

Air Terjun Kedung Tolok

Grojokan Kedung Tolok merupakan kawasan wisata alam yang belum begitu lama dikelola dan dikembangkan oleh warga dusun Siluk. Kawasan yang masih sangat alami ini adalah satu sumber aliran air dari kawasan Goa Cerme. Air terjun Kedung Tolok ini berlokasi di kampung Godean, dusun Siluk, desa Selopamioro, kecamtan Imogiri, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. tepatnya ebrad adi selatan kecamatan Imogiri.

5. Air Terjun Kedung Panas

Air Terjun Kedung Panas

Menuju ke daerah imogiri, kalian pasti akan langsung tertuju pada makan raja-raja atau juga ke Hutan Pinus, Kebun Buah Mangunan, Rumah Hobbit dan kawasan wisata baru. Namun tahukah kalian ada air terjun Kedung Panas? Sebuah air terjun di Bantul yang berada di dusun Banyusumurup, desa Girirejo, kecamatan Imogiri, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Lokasi air terjun ini memang dekat dengan makam Banyusumurup Imogiri.

6. Air Terjun Tuwondo

Air Terjun Tuwondo

Grojogan Tuwondo atau air terjun Tuwondo adalah air terjun yang menjadi kawsan wisata baru di daerah Piyungan, Bantul. Kawasan air terjun ini masih dalam pegembangan obyek wisata berbasis pedesaan. Berkunjung ke air terjun Tuwondo ini akan lebih asyik saat musim hujan gaes, airnya terlihat deras. Akan lain kabarnya jika berkunjung pada saat musim kemarau. Lokasi wisata alam Grojogan Tuwondo ini berada di kampung Lemah Abang, Dusun Banyakan 3, Desa Sitimulyo, Kecamatan Piyungan, Kabupaten Bantul, D.I Yogyakarta.

7. AIR TERJUN PULOSARI

Hasil gambar untuk air terjun pulosari

Air terjun Pulosari atau curug Pulosari ini merupakan air terjun berasal dari aliran air sungai alami di kawasan perbukitan sekitar lokasi. Grojogan di curug ini memang terbilang kecil, namun karena berada di tengah perbukitan ini, landscape air terjun terkesan eksotis dan menarik untuk dikunjungi. Curug Pulosari adalah curug yang terletak di Desa Wisata Krebet, yang secara administrasinya berada di Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul, DI. Yogyakarta. Jarak tempuhnya sekitar 20 km dari pusat kota Yogyakarta.

8. AIR TERJUN GROJOGAN LEPO

Hasil gambar untuk air terjun GROJOGAN LEPO

Air terjun di Bantul berikutnya adalah Grojokan Lepo (Ledok Pokoh). Berada di dusun Pokoh 1, desa Dlingo, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, DI Yogyakarta. Rute menuju ke salah satu air terjun di Bantul dari Terminal Giwangan. Kemudian ambil jalur menuju ke Imogiri Timur kamudian ambil ke arah Kebun Buah Mangunan. Di persimpangan jalan Mangunan ambil ke arah pusat kecamatan Dlingo atau arah pasar Dlingo. Namun sebelum memasuki pasar ada arah jalan ke kanan dan ikuti papan petunjuk ke Air Terjun Grojogan Lepo.

9. AIR TERJUN RANDUSARI

Hasil gambar untuk air terjun randusari

Air Terjun Randusari yang merupakan satu dari gugusan air terjun atau curug yang ada di Jogja kususnya Bantul. Lokasinya berada di kawasn Dlingo, Bantul. Mungkin air terjun ini tidak sebegitu terkenal dari curug Banyunibo dan air terjun Grojogan Lepo. Air terjun ini juga dikenal dengan air terjun Ngreboh, lokasi tepatnya berada id dusun Rejosari, desa Jatimulyo, kecamatan Dlingo, kabupaten Bantul, DI. Yogyakarta.

10. AIR TERJUN PUCUNG

Hasil gambar untuk air terjun pucung

Grojokan Pucung atau Air Terjun Pucung ini berada di Kampung Pucung, Seloharjo, Pundong, Bantul. Yang mana lokasinya masih sangat tersembunyi dibalik hutan lereng pegunungan Seribu bagian barat. Sangat alami dan masih sepi. memburu kawasan ini sangat cocok untuk kamu yang ingin menikmati kedamaian bersama alam dan suara gemerciknya gorojokan!

Nah, tadi 10 Air terjun yang ada di Bantul. Sudah ada rencana untuk mengunjunginya?