PESONA ALAM AIR TERJUN KEDUNG KAYANG

Paket Wisata – Pesona alam yang ada di Magelang memang tidak bisa dielak lagi, Air Terjun Kedung Kayang adalah salah satu contohnya. Air terjun yang indah ini ada di Magelang, Yogyakarta.

Air terjun yang masih asri ini sangat indah jika dilihat pada siang hari atau pagi hari menjelang sunrise. Dari atas pohon ini pengunjung bisa melihat dengan jelas keindahan air terjun Kedung Kayang dari ketinggian dengan background Gunung Merapi dan Merbabu. Background yang sangat indah dan epic sekaligus instagramable yang dicari anak milenial.

Lokasi Air terjun Kedung Kayang

gambar Air Terjun Kedung Kayang

Air Terjun Kedung Kayang berada di Jalan Ketep Pass, Desa Wonolelo, Kecamatan Sawangan, Kabupaten Magelang Jawa Tengah kode pos 56481. Kalau sobat pernah nih hiking di gunung Andong Magelang, itu loh gunung memiliki panorama alam kece dan sangat sesuai buat latihan pendaki pemula. Jarak antara gunung Andong ke objek wisata kira-kira 21 kilometer atau memerlukan waktu tempuh 43 menit. Berikut peta navigasi mungkin dapat membatu sobat, dalam menemukan lokasi wisata.

Jam Operasional

Kalau sobat berangkat dari kota Jogja, maka tinggal mengikuti rute ke air terjun kedung kayang melalui Ketep Pass. Jarak dari Ketep Pass ke tujuan wisata Magelang ini cukup dekat yakni hanya 3 kilometer saja dengan rute menuju ke Kabupaten Boyolali. Sedangkan jam operasional wisata buka mulai jam 07.00 hingga tutup kembali pada pukul 17.00 WIB. Fasilitas yang tersedia berupa area parkir, warung makan, toilet, kamar mandi.

Harga Tiket Masuk

Objek wisata alam di Magelang ini termasuk murah dalam hal biaya retribusi wisata yakni hanya Rp. 6.000 saja per wisatawan, maka sobat sudah bisa menikmati keindahan pesona air terjun dan menjelajahi destinasi wisata seru-seruan bareng teman. Biaya retribusi pengunjung nantinya masuk ke dana kas desa, sebagai biaya kebersihan atau pun penambahan fasilitas baru demi menambah kenyamanan dalam berwisata.

Pesona Air Terjun Kedung Kayang

air terjun kedung kayang

Pesona area bawah Air Terjun Kedung Kayang Pengunjung Air Terjun Kedung Kayang yang tidak terlalu ramai membuat suasana begitu mendamaikan. Hanya duduk di atas batu sembar mendengarkan deru air terjun rasanya begitu syahdu. Panorama air terjun utama begitu mengagumkan. Aliran yang deras tampak bagaikan tirai putih raksasa. Pemandangan sekitar yang berada di sebuah ceruk besar juga tak kalah memesona. Jika musim hujan, tampak pula air terjun kecil yang menghiasi pandangan.

Tips Berwisata ke Air Terjun Kedung Kayang

  • Persiapkan Fisik

Area parkir Air Terjun Kedung Kayang memang tidak jauh dari jalan utama Boyolali-Magelang via Selo. Namun, jika ingin mencapai titik air terjun, dibutuhkan perjalanan melewati jalan setapak dengan berjalan kaki. Jika ingin mengunjungi air terjun ini persiapkan fisik kalian ya karena akan berjalan kaki yang cukup mendebarkan.

  • Gunakan pakaian yang cocok untuk wisata Outdoor

Biasanya wisatawan mengenakan pakaian yang modis untuk menghasilkan foto yang instagramable. Pakaian seperti itu juga bisa dikenakan di Air Terjun Kedung Kayang, asalkan cocok untuk aktivitas outdoor. Gunakan pakaian yang menyerap keringat dan celana yang lentur agar tidak menghambat pergerakan. Pilih pula alas kaki yang tidak mudah selip. Alas kaki juga hendaknya tidak mudah lepas saat melintasi sungai. Sekali lepas, alas kaki akan hanyut dan hilang.

  • Perhatikan Kondisi Cuaca dan Patuhi Instruksi

Satu hal yang perlu diperhatikan, kunjungan ke Air Terjun Kedung Kayang paling tepat dilakukan ketika hari cerah. Saat hujan, air terjun bisa saja banjir sehingga membahayakan. Jika cuaca memburuk, petugas akan meminta pengunjung segera naik melalui pengeras suara.

  • Lindungi Perangkat Elektronik

Berkunjung ke air terjun tentu harus siap dengan kondisi basah. Andai fisik siap untuk berbasah-basahan, hal itu tidak berlaku bagi alat elektronik seperti smartphone atau kamera. Oleh karena itu siapkan alat-alat pelindung perangkat elektronik ya.

  • Tetap Menjaga Kebersihan

Biasanya pengunjung membawa makanan atau minuman untuk dinikmati usai menempuh perjalanan menuju titik air terjun yang cukup melelahkan. Hal itu boleh dilakukan selama kemasan makanan dan minuman tidak dibuang sembarangan. Ingat, jangan tinggalkan apapun selain jejak kaki.

Nah, tadi informasi dan tips mengenai tempat wisata Air Terjun Kedung Kayang yang berada di Magelang. Semoga bermanfaat . . .