Pesona Alaminya Pantai Kayu ArumPesona Alaminya Pantai Kayu Arum

Paket Wisata – Salah satu pantai yang ada di Jogja ini yaitu Pantai Kayu Arum.Objek wisata ini memang belum terjamah sama sekali oleh wisatawan. Sehingga, jangan heran bila saat anda berkunjung ke sini suasananya begitu asri, tenang, teduh, dan sangat damai. Berikut sekilas tentang pesona alaminya pantai kayu arum.

Pantai Kayu Arum

Image result for pantai kayu arum

Sebenarnya Lokasi wisata pantai Kayu Arum ini tidak terlalu jauh dari Pantai Baron. Bila anda pergi menuju ke Menara mercusuar atau juga baron technopark. Maka, kawasan ini akan terlihat. Sayangnya, sangat kecil sehingga, banyak wisatawan yang tidak memperhatikan dengan seksama.

Ciri khas yang mencolok dari objek wisata ini adalah hadirnya karang-karang yang bisa anda nikmati berjajar. Disarankan jangan coba-coba untuk berenang disini ya. Lantaran, karang-karang ini cukup tajam sehingga, bisa membuat anda terluka. Lagipula, ombak disini juga cukup ganas.

Tetapi, jangan berkeluh kesah karena saat surut. Kita bisa melihat beberapa ikan yang terselip di antara karang. Begitu banyaknya sehingga, anda bisa menangkapnya atau hanya dijadikan sebagai salah satu objek foto.

Harga Tiket Masuk pantai Kayu Arum

harga tiket masuk pantai kayu arum
foto: https://www.instagram.com/anasakhsani/

Untuk menikmati objek wisata ini tidak harus pakai mahal. Karena, harga tiket masuk pantai Kayu Arum jadi satu dengan biaya masuk pantai Baron yaitu 10 ribu rupiah.

Setelah sampai di tempat kita akan parkir di pekarangan warga. Disini, kita akan dikenakan biaya sebesar 5 ribu rupiah untuk motor. Dan 10 ribu rupiah bagi yang menggunakan mobil.

Alamat Dan Rute Lokasi

lokasi pantai kayu arum
foto: https://www.instagram.com/arumjayanti_/

Alamat pantai Kayu Arum terletak di Kanigoro, Saptosari, Kranon, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Dari stasiun Yogyakarta menuju ke objek wisata ini kurang lebih 60 km dan menempuh waktu kurang lebih 1 jam 37 menit. Sayangnya, belum ada transportasi umum yang akan mengantar anda menuju ke ojek wisata ini.

Sehingga, anda harus menggunakan kendaraan pribadi agar bisa mencapai lokasi. Rute menuju pantai Kayu Arum bila anda memulainya dari Stasiun Yogyakarta bisa arahkan kendaraan anda menuju ke Jalan Ring road. Kemudian, menuju ke daerah Piyungan, pathuk, Bukit Bintang, Pasar Buah sambipitu.

jalan menuju pantai Kayu Arum selanjutnya adalah hutan bunder, perempatan Gading, menuju ke Panda Wonosari dan Pasar Wonosari. Selanjutnya, menuju ke Jalan Baron, karangjerek, Mulo hingga ke kemiri.

Lalu, ke kemadang, hingga pos retribusi lalu, sebelum tiba di pantai Baron belok ke kanan. Menuju kearah Pantai Parang Racuk atau Baron Tecnopark. Hingga anda sampai di titik lokasi.

Trackking Area

jalan menuju pantai kayu arum
foto: foto: https://www.instagram.com/salim_pok/

Wisata pantai Kayu Arum lokasinya memang sedikit masuk ke dalam. Sehingga, anda wajib untuk berjalan dari Baron Techno Park menuju ke objek wisata ini.

Saat melakukan perjalanan anda akan ditemani dengan perbukitan yang cukup indah. Dengan jalanan yang membuat anda sedikit berkeringat dan menghela nafas.

Disarankan menggunakan alas kaki yang nyaman. Lantaran, ada beberapa jalanan yang cukup licin. Tidak hanya area perbukitan saja, bila anda beruntung, anda akan mendengarkan kicauan burung-burung yang menentramkan hati. Seperti sebuah nyanyian alam yang tidak akan pernah berhenti,

Spot Wisata di Pantai Kayu Arum

 spot wisata pantai Kayu arum
foto: https://www.instagram.com/journey_traveling/

Tidak hanya bebatuan karang yang berjajar rapi sehingga, membentuk sebuah warna berbeda di kawasan ini. Melainkan, hadir juga pantai pasir putih yang terlihat di depan mata.

1. Memancing dan Camping

Lokasi wisata pantai Kayu Arum
foto: https://www.instagram.com/singmetosleepy/

Tidak hanya untuk tracking saja. Tetapi, Pantai Kayu arum paling tepat dikunjungi bagi anda yang menyukai memancing. Bisa dibilang, disini adalah surga yang tidak terbantahkan lagi. Begitu banyak ikan yang bisa kita temui dan kita pancing.

Nah, biasanya beberapa wisatawan tidak hanya memanfaatkan kawasan ini sebagai tempat memancing saja. Tetapi, juga dimanfaatkan untuk camping. Walau tidak terlalu luas. Namun, Pantai Kayu Arum ini memiliki tempat yang cukup bagi anda yang ingin menikmati malam nan syadu.

Apalagi, dengan ikan-ikan yang telah kita tangkap. Api unggun dan kuliner ikan bisa dijadikan menu santap malam nan nikmat.  Tidak usah menggunakan bumbu, cukup langsung di bakar saja. Cita rasanya sudah sangat nikmat.

2. Sunset dan Sunrise

sunrise di pantai kayu arum
foto: https://www.instagram.com/agung_r.s/

Bonus special bagi anda yang memutuskan untuk menginap di Pantai Kayu Arum adalah pemandangan sunset dan juga sunrise yang terlihat begitu mempesona. Bila anda beruntung anda bisa menikmati keindahan senja disini.

Pantai Kayu Arum Adalah keindahan alam yang di miliki oleh Gunung kidul. Pesonanya dijamin akan membekas di hati. Ayo datang dan kunjungi objek wisata ini. Dengan semakin banyaknya wisatawan yang datang, semakin baik. Karena, bisa saja tempat ini diperhatikan seperti pantai-pantai lain.

Mengingat, Objek wisata ini memang masi belum terlalu dilirik. Terbukti, belum ramahnya warung-warung yang bisa anda dapati disini. Disarankan untuk membawa perbekalan lengkap sebelum  mengunjungi kawasan ini. Jadi, kapan anda akan mengunjungi objek wisata di Yogyakarta ini?