PESONA KEINDAHAN CURUG SILAWE

Paket Wisata – Pesona air terjun atau curug memiliki keindahan tersendiri, Curug Silawe salah satunya. Curug yang berada di kabupaten Magelang ini memiliki air yang sejuk dan udara yang segara.

Magelang tidak hanya tentang Borobudur saja, namun keindagan alam yang lain perlu di explore lagi. Karena banyak keindahan alam yang masih tersimpan di dalamnya. Tidak hanya air terjun, wisata alam yang ada di Magelang sangat banyak. Kali ini, kita akan membahas tentang Curug Silawe Kajoran di Magelang.

Curug Silawe Kajoran

curug-silawe-magelang

Curug Silawe, merupakan air terjun yang memiliki ketinggian lebih dari 40 meter. Air terjun Curug Silawe terletak di sebelah selatan lereng Gunung Sumbing, di Dataran Tinggi Dieng dengan ketinggian 500 mdpl. Curug yang berketinggian sekitar 60 m tersebut terdiri dari dua aliran. Yang pertama berdebit air besar, dan yang kedua berdebit kecil. Asal-Usul nama Curug Silawe berasal dari keberadaan sarang laba-laba yang ditemukan saat pembukaan area air terjun pegunungan menjadi kawasan wisata.

Pemandangan Curug Silawe cukup menarik dilihat dari atas tebing meskipun sedikit terhalang oleh rerimbunan pepohonan. Jalan setapak dan anak tangga sudah dibangun hampir menyeluruh di kawasan wisata ini sehingga mempermudah wisatawan berkeliling dari ujung ke ujung. sepertinya masyarakat sekitar yang mengelola obyek wisata ini cukup serius mengembangkan potensi wisata di daerahnya. Udara sejuk bercampur uap air yang beterbangan membuat kami betah berlama-lama di kawasan air terjun. Pemandangan Curug Silawe dari bawah juga terlihat menarik karena bisa melihat tebing-tebing yang mengelilingi curug tanpa tertutup pepohonan.

Lokasi Curug Silawe

curug

Curug Silawe terletak di Dusun Kopeng Kulon, Desa Sutopati, Kecamatan Kajoran, Kabupaten Magelang. Berada di lereng Gunung Sumbing sebelah selatan dengan ketinggian lokasi sekitar 500 meter dari permukaan air laut.

Perjalanan menuju ke Curug Silawe melewati jalan utama menuju ke Taman Wisata Candi Borobudur dilanjutkan melewati jalan penghubung Salam-Purworejo. Pada sebuah persimpangan kami mengambil rute ke arah kecamatan Kajoran. Dari daerah Kajoran, kami menyusuri jalan kecil hingga berujung ke jalan berbatu. Perjalanan tidak berhenti sampai disitu karena kami harus memacu kendaraan melewati jalan berbatu yang menanjak hingga tiba pada gerbang masuk Curug Silawe.

Harga Tiket Masuk

Tiket Masuk ke curug ini sangatlah murah, yaitu hanya Rp 6.000 Buka mulai jam 08.00-17.00. Untuk sampai di curug ini kalian akan melewati jalan setapak dan anak tangga Untuk sampai ke lokasi air terjun.  DIbutuhkan perjuangan ekstra untuk sampai ke air terjun ini, pasalnya letak air terjun ini sedikit tersembunyi serta akses jalannya yang tergolong sulit.

Tips Saat Mengunjungi Curug Silawe

Jika anda ingin mengunjungi curug ini, sebaiknya membawa baju ganti. Dengan ketinggian jatuhan air Curug Silawe yang cukup deras menghadirkan sensasi tersendiri bagi setiap pengunjung yang datang. Airnya emang terasa begitu sejuk, dingin di badan. Pasti membuat anda ingin mandi dibawah air yang sejuk itu maka persiapkan baju ganti ya.

Belum tersedianya warung makan di sekitar curug, jika anda tidak ingin kelaparan sesudah bermain air atau mandi lebih baik membawa bekal makanan sendiri atau makanan ringan sehingga bisa mengantisipasi rasa lapar di sana.

Tertarik mengunjungi air terjun satu ini? Semoga bermanfaat . . .