Sate Loso Khas Pemalang

Paket Wisata Bantul – Ternyata Pemalang memiliki banyak sekali makanan khas loh. Dari sate loso, nasi grombyang, apem comal, dan masih banyak lagi. Di Indonesia punya banyak sekali jenis sate. Dan setiap daerah memiliki sate yang khas, tak terkecuali Pemalang salah satu kabupaten di Jawa Tengah ini juga punya hidangan sate yang rasanya nendang menggoyang lidah, namanya Sate Loso. Nah, di artikel ini akan membahas tentang sate loso.

Sate Loso merupakan kuliner khas Pemalang yang konon muncul karena sosok bernama Pak Loso yang berasal dari Weleri. Resepnya turun-temurun ke warga Pemalang yang mencintai sate ini. Tak heran jika kini banyak sekali menjual sate ini di Pemalang.

sate loso

Karena di bacem dagingnya dipenuhi dengan bumbu. Rasanya mantap. Foto/@@primagung

Konon, garis keturunan Pak Loso yang memiliki resep paling asli adalah Sate Loso Pak Mul yang ada di Jalan Urip Sumoharjo dan RM Sate Loso Pah In. Selain kedua kedai itu, adapun kawasan penjual sate khas Pemalang ini bisa ditemui di beberapa sudut Pemalang, yakni di Jalan RE Martadinata di sebelah utara alun-alun Pemalang.

Sate Loso sendiri berbahan utama daging kerbau atau daging sapi yang telah dibacem terlebih dahulu sebelum dibakar. Biasanya disajikan dengan bumbu kacang berwarna merah yang telah diuleg lembut dengan rasa yang sangat khas karena menggunakan cabai merah sehingga menggairahkan ketika disajikan.

sate loso

Disajikan dengan bumbu kacang yang warnanya merah. Foto/@venijulianti

Uniknya, sate ini bisa dihidangkan dengan sejenis sup yang berisi urat, tulang muda, dan taoge. Rasa sup daging guris, pedas, manis, dan asam. Dagingnya empuk sekali sehingga Anda tak perlu repot menggigit keras-keras.

Baca juga: Nasi Grombyang Makanan Khas Pemalang

sate loso

Bikin ngiler ya! Foto/@sateloso

Harga sate ini biasanya dibanderol dengan harga miring, yakni Rp25.000 per porsi. Biasanya berisi 10 tusuk lengkap dengan sambalnya yang menggoyang lidah dan nasi dengan porsi besar.

Jika penasaran, langsung  cus saja ke Jalan Urip Sumoharjo untuk dapat menikmati hidangan khas Pemalang ini.

Baca Juga : Kue Kamir Jajanan Khas Pemalang