Sejarah Terbentuknya Pantai Krakal Gunungkidul

Paket Wisata – Wisata pantai di Jogja sangat terkenal dengan keindahan pasir putih dan ekosistem lautnya. Seperti pantai krakal yang satu ini. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas sejarah terbentuknya pantai krakal Gunungkidul.

Sejarah Terbentuknya Pantai Krakal

Terbentuknya Pantai Krakal yang sekarang ini dikenal sebagai obyek wisata mempesona ternyata tak lepas dari sejarah masa lalu. Perlu Anda ketahui, berdasarkan cerita yang beredar, dulunya Pantai Krakal ada di bawah permukaan air laut. Kemudian alam mengalami perubahan dari masa ke masa.

Pantai Krakal merupakan pantai yang terbentuk dari proses geologi di kawasan perbukitan kars Gunung Kidul. Merupakan fenomena kawasan kars yang unik, dimana tersingkapnya batuan gamping dikawasan ini karena pengangkatan yang disebabkan oleh aktifitas tektonik.

Nama “KERAKAL” dalam bahasa Jawa berarti batu-batuan kecil yang tersebar. Pantai ini diberi nama Pantai Krakal berasal dari istilah “KERAKAL” dan untuk memudahkan dalam penyebuannya maka istilah “KERAKAL menjadi KRAKAL”.

Diberi nama demikian karena di pantai tersebut selain berupa hamparan pasir putih yang memanjang juga banyak terdapat batuan-batuan sebesar bulatan telur (kerakal) dengan permukaan halus dan berwarna putih. Kerakal-kerakal tersebut sangat bagus menghiasi panjangnya bibir pantai.

Image result for pantai krakal"

Dan karena itu, krakal-krakal ini laku dijual karena cocok untuk membuat taman-taman, sehingga sampai saat ini keberadaan kerakal tersebut sudah habis dan hanya menyisakan namanya saja. Peraturan Pemerintah yang melarang pengambilan batu dan pasir putih datangnya sudah terlambat karena batu kerakalnya sudah terlanjur habis, dan yang masih tersisa adalah pasir putihnya saja.

Wisatawan yang datang ke Pantai Krakal akan disuguhi pemandangan alam pantai dan perbukitan kars serta keragaman flora yang menakjubkan, hamparan pasir putihnya yang memanjang di sepanjang pantai menambah keindahan view Pantai Krakal. Kawasan Pantai Krakal sangat luas, sehingga semua jenis kendaraan baik yang besar maupun kendaraan kecil bisa masuk dan parkir di sana.

Itulah sekilas mengenai sejarah terbentukya pantai krakal di Gunungkidul, semoga bermanfaat.,