JOS Tours & TravelJOS Tours & Travel
Forgot password?

Simak Mengatasi Kuping Sakit Akibat Menyelam

paket wisata jogja

Simak Mengatasi Kuping Sakit Akibat Menyelam

paket wisata jogjaSIMAK MENGATASI KUPING SAKIT AKIBAT MENYELAM

Cara Mengatasi Telinga Sakit Akibat Menyelam – Pada artikel kami sebelumnya, sudah kita menyinggung sedikit banyak mengenai menyelam. Nah bagaimana? Sudah dipraktekan belum cara menyelam bagi kita pemula? Nah akan tetapi salah satu resiko dari menyelam adalah telinga atau kuping akan sakit dan kadang berkurangnya pendengarannya seperti menjadi mendengung. Bagaimana cara mengatasinya? Tidak perlu bingung kami Paket Wisata Jogja akan memberikan beberapa solusinya.

Jangan Panik, Atasi dengan Cara Ini

Ada beragam gejala yang mungkin Anda alami akibat barotrauma, di antaranya adalah rasa nyeri dalam kuping, kesulitan mendengar atau gangguan pendengaran, pusing, dan mimisan. Untuk itu lakukanlah penyelaman secara bertahap, agar tubuh dapat menyesuaikan diri dengan tekanan bawah laut.

Jika Anda menyelam terlalu cepat, dapat membahayakan telinga Anda. Tekanan tinggi bisa membuat telinga terasa penuh. Bila didiamkan dan tekanan semakin tinggi, maka gendang telinga dapat pecah. Ketika air memasuki lubang pada gendang telinga yang telah pecah, Anda dapat menjadi linglung, mual, hingga muntah. Anda juga dapat merasakan pusing berputar atau dikenal sebagai vertigo.

Beberapa langkah di bawah ini, dapat membantu Anda mengatasi barotrauma:

  • Lakukan dekompresi
    Jika telinga terasa penuh atau seperti tertekan, sebaiknya hindari menyelam lebih dalam. Lakukan teknik dekompresi, dengan menutup mulut dan hidung, kemudian tiup udara hingga terdengar bunyi keletuk dalam telinga. Baca juga : Paket Wisata Jogja
  • Hentikan penyelaman
    Jika tidak berhasil, maka hentikan penyelaman dan naiklah ke permukaan secara perlahan. Berhentilah beberapa kali untuk melakukan teknik dekompresi dan penyesuaian tekanan.
  • Minta bantuan rekan penyelam
    Saat menyelam, Anda dianjurkan memiliki rekan penyelam, agar dapat saling membantu dan mengawasi. Begitu pula saat mengalami barotrauma, rekan Anda akan membantu naik ke permukaan, sambil mengawasi kondisi Anda.
  • Jangan panik
    Keluhan barotrauma seperti kuping sakit, mual, muntah, atau pusing berputar, dapat membuat Anda merasa cemas. Namun jangan sampai panik, karena panik dapat mendorong Anda naik terlalu cepat dan menimbulkan masalah baru. Tetap tenang dan beritahu rekan Anda untuk membantu Anda naik secara perlahan.
  • Bersihkan dan keringkan telinga
    Sesampainya di permukaan, segera bersihkan telinga dan pastikan kondisi telinga tetap kering. Jangan masukkan benda atau cairan apapun ke dalam telinga, dan segera cari bantuan medis.

Untuk membantu mengurangi keluhan, ada beberapa hal lain yang bisa Anda lakukan selain melakukan teknik dekompresi, yaitu mengunyah permen karet, menguap, atau mengambil napas dalam beberapa kali.

Terima kasih sudah mengunjungi website kami Paket Wisata Jogja, semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂 Untuk info lebih lanjut KLIK DISINI.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com

About Author

You Might Also Like This

Leave a Comment

WhatsApp chat