Tempat Wisata Edukasi Di Jogja

Tempat Wisata Edukasi Di Jogja – Yogyakarta merupakan tempat yang memiliki potensi wisata yang sangat banyak. Wisata Yogyakarta menjadi tempat favorit seseorang di wilayah manapun. Terlebih saat liburan panjang. Tidak hanya saat liburan, rupanya ada banyak pihak dan instansi yang tertarik untuk menjadikan Jogja sebagai Tempat Wisata Study Tour di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan daya tarik wisata di Jogja yang juga terkait dengan budaya dan sejarah. Berikut beberapa tempat wisata study tour di Jogja yang menarik untuk dikunjungi.

1. Kawasan Kraton Yogyakarta

Kawasan Kraton YogyakartaTentunya jika ingat Yogyakarta, salah satu tempat yang paling ingin dikunjungi sebagai lokasi study tour adalah Kawasan Kraton Yogyakarta. Apalagi jika baru pertama kali ke Jogja. Karena di kawasan inilah wisata sejarah dan budaya berpusat.

Pengunjung bisa masuk ke dalam Kraton dan melihat beberapa koleksi yang dipamerkan. Tidak hanya itu, tempat lainnya di sekitar Kraton juga menarik dan masih memiliki sejarah yang berkaitan satu sama lain.

Pengunjung bisa diajak ke Alun-alun Selatan dan Utara Yogyakarta, Tamansari Water Castle, atau menikmati bangunan kuno bersejarah di sekitar kawasan Kraton. Tidak jauh dari sana, pengunjung juga bisa sekalian mampir ke Malioboro untuk berbelanja atau makan.

2. Candi Prambanan

Candi PrambananTempat wisata study tour di Jogja yang populer untuk dikunjungi lainnya adalah Candi Prambanan. Candi Prambanan ini sendiri merupakan sebuah kompleks candi yang memiliki kisah sejarah tersendiri.

Selain mengunjungi Wisata Budaya di Yogyakarta berupa candi, pengunjung juga bisa melihat pertunjukan Sendratari Ramayana yang biasanya digelar di kompleks wisata Candi Prambanan itu sendiri. Sendratari ini menceritakan kisah tersendiri.

Sendratari ini memang menarik karena dipadu dengan pencahayaan yang profesional. Apalagi jika ditambah dengan latar belakang berupa Candi Prambanan. Akan tetapi pengunjung memang perlu membayar kembali dengan harga yang cukup mahal.

3. Desa Wisata Krebet

Desa Wisata KrebetTujuan study tour memang beragam. Jika Anda berkunjung ke Jogja, tidak ada salahnya untuk mengunjungi beberapa desa wisata yang terkenal di sana. Salah satu yang terkenal adalah Desa Wisata Krebet.

Tempat Wisata Edukasi di Jogja yang satu ini identik dengan batik. Dimana desa ini merupakan sebuah desa penghasil batik. Hal menarik dari batiknya adalah dibuat di atas kayu, bukan di atas kain. Lokasinya ada di Kabupaten Bantul.

Anda bisa melihat ukiran, hiasan dinding, dan aneka hasil kerajinan tangan lainnya. Tidak hanya melihat, pengunjung juga bisa belajar untuk membuat batik di atas kayu. Tentu hal ini akan semakin memberikan pengalaman yang benar-benar tidak terlupakan.

4. Taman Pintar

Taman PintarJika peserta study tour adalah anak-anak, maka Taman Pintar cocok untuk dijadikan lokasi wisata study tour di Jogja yang tepat. Taman Pintar merupakan sebuah taman bermain yang berkonsep edukatif untuk anak-anak.

Anak-anak tidak hanya bisa bermain, namun juga bisa mendapatkan wawasan baru mengenai berbagai hal. Taman ini memang didesain untuk merangsang raa ingin tahu anak dan juga meningkatkan kreativitas anak, terutama dalam bidang IPTEK.

Pengunjung bisa mencapai Tempat Wisata Anak Sekolah di Jogja ini dengan cukup mudah karena lokasinya tidak begitu jauh dari Malioboro. Konsep pembelajaran di Taman Pintar ini diharapkan bisa bermanfaat untuk para pengunjung.

5. Museum Gunung Merapi

Museum Gunung MerapiSelain sejarah dan budayanya, Jogja juga identik dengan kondisi alamnya yang indah. Namun dibalik keindahan tersebut ada satu hal yang tidak pernah lepas dari Yogyakarta itu sendiri, yaitu keberadaan Gunung Merapi.

Gunung Merapi adalah gunung berapi aktif yang terkenal di Jogja. Gunung ini juga sudah pernah beberapa kali meletus dalam waktu dekat. Hal ini menjadi latar belakang dari adanya Museum Gunung Merapi. Dimana kesadaran terhadap pentingnya mitigasi bencana memang perlu ditanamkan pada masyarakat.

Wisata edukasi yang satu ini bisa dijadikan referensi tujuan study tour. Terutama jika tema dari study tour tersebut tidak jauh-jauh dari geografi dan semacamnya.

6. Monumen Jogja Kembali

Monumen Jogja KembaliTempat selanjutnya yang cocok untuk wisata study tour di Jogja adalah Monjali atau Monumen Jogja Kembali. Monumen yang satu ini merupakan sebuah monumen yang ada di Ring Road Utara Yogyakarta.

Pengunjung bisa melihat sebuah monumen yang didirikan untuk memperingati kondisi dimana Negara Indonesia baru merdeka dan penjajah mundur dari Indonesia. Ada banyak relief dan benda lainnya yang bisa menjelaskan kondisi saat tahun 1945 hingga 1949.

Hal menarik dari monumen ini adalah bentuk bangunannya yang seperti kerucut. Monumen ini bisa dijadikan referensi wisata edukasi yang mudah dijangkau dari pusat kota Jogja sehingga cocok untuk kegiatan study tour yang cukup singkat.

7. Museum Affandi

Museum AffandiJika tema dari study tour lebih mengarah ke konsep kesenian atau karya seni, ada satu museum yang menarik untuk dikunjungi yaitu Museum Affandi. Museum yang satu ini menampilkan karya seni lukis dari pelukis terkenal Affandi.

Lokasi Museum Unik di Indonesia ada di kawasan Sleman dan cukup mudah dijangkau juga dari pusat Jogja. Pengunjung bisa menikmati hasil karya lukis dari Affandi langsung di tempat tinggalnya. Karena di sanalah sebagian besar lukisannya dibuat.

Museum ini memiliki 3 zoba galeri. Tidak hanya lukisan Affandi saja yang dipamerkan, ada juga beberapa hasil karya keluarga Affandi. Tempat ini sangat cocok untuk Anda yang suka sekali dengan lukisan.

8. Kampung Edukasi Watu Lumbung

Kampung Edukasi Watu LumbungDari namanya saja sudah tergambar bahwa tempat ini merupakan tempat wisata edukasi yang menarik. Sehingga Anda bisa mengagendakan acara study tour Anda ke sana sebagai alternatif lainnya.

Lokasinya ada di kawasan parangtritis, yaitu di Bukit Watu Lumbung. Konsep edukasi yang ditawarkan oleh tempat wisata ini berkaitan dengan alam. Sehingga pengunjung bisa belajar untuk lebih dekat dengan alam dan memahami bagaimana hubungan antara manusia dengan alam.

Terlihat dari beberapa program wisata yang ditawarkan. Pengunjung bisa mencoba menanam pohon, memasak, dan sebagainya. selain itu pengunjung juga bisa mendapatkan souvenir atau makanan gratis jika menyumbang 3 buku ke tempat wisata ini.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com