paket wisata jogjaTETAP FIT SETELAH LIBURAN DENGAN CARA INI

Cara Agar Tetap Fit Setelah Liburan – Seperti yang kita ketahui jika liburan merupakan aktivitas yang tanpa kita sadari menguras banyak tenaga. Mengapa tanpa disadari? Karena kita terlalu asyik dengan liburan kita, padahal banyak tenaga yang terkuras saat liburan sangat banyak. Maka dari itu kita harus memperhatikan juga cara agar tetap fit setelah liburan dengan cara berikut ini. Baca juga : Paket Wisata Jogja

Cara Agar Tetap Fit Setelah Liburan

Perbanyak Buah dan Sayur
Salah satu faktor yang mengganggu kesehatan tubuh saat liburan adalah pola makan yang salah selama liburan. Biasanya saat berlibur ke luar kota atau luar negeri, wisata kuliner pasti menjadi agenda yang tak terlewatkan. Makanan berlemak, tinggi gula dan kolesterol, serta kandungan rendah nutrisi justru menjadi santapan langganan setiap saat di waktu liburan. ”Orang jarang memperhatikan asupan makanan yang dikonsumsi saat liburan. Bisa dikatakan, makan enak itu sulit dihindari,” tutur ahli gizi dari Semanggi Specialist Clinic dan Medika Plaza International Clinic, dr. Samuel Oetoro, Sp.GK.

Dokter Sammy – panggilan akrabnya – juga menuturkan, saat liburan, biasanya orang cenderung ingin melepaskan diri dari berbagai rutinitas yang dijalani sehari-hari, baik pekerjaan, sekolah, kuliah, tugas-tugas di rumah, dan tidak terkecuali, kebiasaan mengonsumsi menu sehat dan berolahraga. ”Bertambahnya waktu senggang saat liburan turut mendukung perubahan pola makan. Frekuensi mengonsumsi makanan menjadi lebih sering,” ungkapnya.

Cara terbaik dan paling mudah adalah dengan meningkatkan konsumsi buah dan sayur. Selain jumlahnya harus ditambah, variasi dari buah sangat diperlukan untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral tubuh. Sebab, tidak ada kandungan buah yang sempurna. “Membugarkan diri setelah liburan bisa dilakukan dengan mengonsumsi buah, dan sebaiknya dilakukan sebanyak 10 jenis buah dalam satu hari,” ujar dr Sammy. Buah dan sayur memiliki kandungan bioflavonoid – zat warna alami pada buah dan sayur – yang berperan sebagai antioksidan, penangkal radikal bebas yang masuk ke tubuh selama liburan. Jika bosan mengonsumsi buah secara langsung, buah dibuat jus. Namun, yang terpenting adalah konsumsilah buah dalam kondisi segar.

Kembali Berolahraga
Bila kita terbiasa olahraga lalu berhenti, otomatis selama sebulan atau lebih, kebugaran tubuh otomatis menurun. Itu sebabnya dr. Michael Triangto, Sp.KO, Spesialis kedokteran olahraga RS Mitra Kemayoran, menyarankan sebaiknya sekalipun musim liburan, jangan berhenti berolahraga. Tetap lakukan olahraga meski dengan porsi terbatas dan ringan, seperti jalan kaki, berenang, atau senam. Ini bertujuan untuk mengantisipasi penurunan kebugaran. Baca juga : Paket Wisata Jogja

Jika sudah kembali ke kehidupan normal, Anda dapat melakukan porsi olahraga secara optimal seperti biasanya. Seperti disarankan ACSM (American College of Sports Medicine), untuk orang dewasa sehat yang ingin memelihara kesehatan dan kebugaran, olahraga yang diperlukan meliputi 3-5 hari latihan aerobik, 2-3 sesi latihan kekuatan, dan 2-3 sesi latihan kelenturan. Waktu yang diperlukan setidaknya 45 – 60 menit. Kelebihan latihan (overtraining) justru bisa berakibat buruk karena produksi radikal bebas meningkat.

Tidur berkualitas
Anda boleh saja mengklaim liburan sebagai kesempatan untuk beristirahat. Praktiknya, selama liburan justru waktu tidur Anda berkurang karena banyak kegiatan menarik yang tak mungkin Anda tolak. Ujung-ujungnya, tubuh tidak memperoleh waktu yang cukup untuk meregenerasi sel sehingga menimbulkan akumulasi kelelahan. Setelah berlibur – dan masih dalam periode cuti liburan Anda – sempatkan untuk mengistirahatkan tubuh dengan tidur secara berkualitas. Tidur juga menjadi obat mujarab melawan jetlag selama perjalanan – terutama bagi Anda menghabiskan liburan sebagai Road Warrior. Tak perlu tidur sepanjang hari karena jika terlalu banyak justru akan membuat tubuh makin lemas. Setelah dirasa cukup, bangun dan lakukan beberapa aktivitas dan olahraga ringan untuk memperlancar peredaran. Esoknya, Anda akan bangun dengan bugar dan siap menghadapi hari.

Terima kasih sudah mengunjungi website kami Paket Wisata Jogja, semoga bermanfaat dan sukses selalu 🙂 Untuk info lebih lanjut KLIK DISINI.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com