TIPS AGAR TETAP HEMAT SAAT LIBURAN

Liburan– Hemat  saat liburan?hah? memangnya bisa?, Ya tentu bisa dong…dengan tips tips berikut ini dijamin, Anda tetap bisa hemat saat liburan, Yuk simak tips agar hemat saat liburan berikut ini.

Survei Destinasi Liburan

Tips pertama untuk mendapatkan liburan yang hemat tapi tetap menyenangkan adalah dengan melakukan survei destinasi liburanmu. Survei yang kamu lakukan sebisa mungkin terperinci mulai dari biaya yang harus kamu keluarkan, kegiatan apa yang akan kamu lakukan, dan di mana kamu akan menginap selama berlibur nantinya.

Kelebihan yang kamu bisa rasakan adalah kamu bisa memangkas biaya ataupun kegiatan yang kamu rasa tidak perlu sehingga liburan akan lebih worth it karena hanya mementingkan hal yang harus didahulukan dan tidak ada hal percuma yang menghabiskan waktu berhargamu di liburan kali ini.

Pilihlah Waktu yang Tepat

Memilih waktu yang tepat bisa mempengaruhi moodmu saat berlibur lho. Nah, untuk menghindari hal tersebut, kamu bisa memilih waktu yang tepat untuk berlibur. Yang pertama adalah dengan menaiki angkutan umum pada malam hari.

Saat malam hari, biasanya harga yang ditawarkan akan jauh lebih murah dibandingkan pada saat siang hari. Manfaat lain yang bisa kamu peroleh adalah kamu bisa tidur selama perjalanan sehingga saat sampai di destinasi tujuan, energimu pulih kembali dan siap bersenang-senang dengan beragam aktivitas yang kamu sudah rencanakan.

Agar kamu mendapatkan liburan yang menyenangkan, kamu pun bisa memilih untuk berlibur di low season. Pada liburan low season, selain kamu bisa berhemat karena harganya yang lebih murah dibanding saat masa liburan, kamu pun tidak akan terganggu dengan banyaknya orang di sekitarmu karena tempat wisata akan cenderung sepi.

liburan malam

Liburan A la Backpacker

Jika kamu memiliki keinginan untuk menjelajahi tiap sudut kota dan pengalaman yang lebih menantangmu di sepanjang liburanmu kali ini, tidak ada salahnya untuk mencoba untuk berlibur a la backpacker.

Banyak hal yang kamu bisa lakukan saat memiliki liburan a la backpacker diantaranya dengan menyewa kendaraan di tempat semisal sepeda motor atau menaiki angkutan umum khas daerah tersebut. Saat menyewa kendaraan ataupun menaiki angkutan umum, kamu akan merasakan bagaimana berinteraksi langsung dengan warga lokal.

Mencoba Kuliner Lokal

Biasanya, salah satu pengeluaran yang tidak kamu kira akan menghabiskan banyak biaya adalah soal makanan sehari-harimu saat berlibur. Agar memudahkanmu dalam berpergian dari satu destinasi wisata ke wisata lainnya, kamu cenderung memilih untuk makan di restoran cepat saji.

Masalahnya, untuk sekali makan di restoran cepat saji saja, kamu akan merogoh kocek sekitar 30 sampai 50 ribu. Bahkan bisa lebih dari itu. Tidak heran jika kamu akan mengeluarkan kocek yang relatif tinggi untuk makan saja.

Satu solusi yang bisa kamu lakukan adalah dengan mencoba kuliner lokal dari destinasi liburanmu. Selain kamu bisa menambah wawasan kulinermu, kamu juga bisa sekalian menghemat pengeluaran karena biasanya kuliner lokal dipatok dengan harga yang relatif terjangkau.

Daripada membeli makanan cepat saji yang bisa saja ada di kota tempat tinggalmu, lebih baik mencicipi kuliner lokal karena jarangnya kamu berlibur ke tempat tersebut sehingga sayang jika tidak memanfaatkan kesempatan yang ada.

Liburan di Satu Kota

Tips terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan berlibur hanya di satu kota saja. Dengan liburan di satu kota, kamu bisa memaksimalkan destinasi wisata yang ada di kota tersebut untuk mendapatkan liburan yang benar-benar menyenangkan sesuai dengan harapanmu. Bahkan, dengan eksplorasi ke sudut-sudut kota, kamu bisa jadi malah mendapatkan pengalaman yang tidak terduga sebelumnya.

Memfokus liburan di satu kota akan menghemat uang yang harus kamu keluarkan. Dengan destinasi yang tidak begitu jauh, kamu bisa sampai ke destinasi tersebut dengan berjalan kaki ataupun dengan menggunakan angkutan umum yang ada di sekitarmu. Alhasil, kamu pun bisa memanfaatkan uang hasil berhemat untuk keperluan lainnya yang sewaktu-waktu kamu butuhkan.

Berbeda halnya saat kamu harus liburan di beberapa kota. Terkadang kamu dipusingkan untuk memilih beberapa tempat saja di satu kota tertentu. Padahal, kota tersebut menawarkan banyak destinasi wisata yang wajib kamu kunjungi saat berada di sana. Selain itu, kamu pun akan dibuat repot dengan banyak pengeluaran untuk moda transportasi di beberapa kota yang kamu kunjungi.  Ujung-ujungnya, kamu malah menyesal karena tidak bisa bereksplorasi lebih pada liburanmu.

Nah, Itulah beberapa tips liburan agar tetap hemat, Selamat Mencoba.