Liburan di Jogja

Sulit banget kan melupakan soal kecemasan pengeluaran saat liburan? Nah tetapi kalau Anda Liburan di Jogja hal ini tak perlu dicemaskan lagi. Jogja menjadi tempat wisata yang tidak membuat kantong kita menjerit, baik itu wisata kuliner ataupun wisata lainnya. Berikut tips agar lebih hemat lagi saat liburan ke Jogja!

1. Kelompokkan Tempat Wisata yang Ingin Dikunjugi

Ada lima Kabupaten dan satu Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta, ke-lima Kabupaten tersebut semuanya memiliki lokasi wisata yang hits. Silahkan kelompokkan, sesuai daerah yang ingin dikunjungi.

Misal, kalau mau praktis kenapa tidak mengunjungi tempat wisata di Jogja dekat Malioboro saja?

2. Menggunakan Kereta Api

Jogja memang istimewa, ada dua stasiun utama yang memang merupakan pintu masuk dari berbagai daerah di Indonesia. Diantaranya adalah Stasiun Tugu dan Stasiun Lempuyangan. Jadi, tidak sulit untuk menuju Yogyakarta.

Yup! dengan kereta ekonomi yang murah dan ber-AC sudah bisa deh sampai di Yogyakarta. Contohnya kalau kalian dari Bali bisa menggunakan kereta Sri Tanjung yang berangkat dari Banyuwangi Baru ke Lempuyangan dengan harga tiket IDR 94.000 saja. Jika di daerah malang dan sekitarnya dapat menggunakan kereta matarmaja yang tiketnya hanya IDR 112.000 saja.

3. Pakai Bus

Begitu pula dengan terminal Bus, di Yogyakarta ada dua terminal utama diantaranya yaitu terminal Jombor dan terminal Giwangan. Kedua terminal tersebut melayani berbagai jalur mulai dari antar kota, provinsi, dan bahkan pulau.

Kalau ingin menggunakan Bus, dari daerah Anda, pastikan sudah siap dengan tujuan dan lokasi yang akan di tuju. Setibanya di Terminal, dan pastikan untuk selalu bertanya kepada petugas terminal langsung.

4. Tiket Promo

Kalau budget pas-pasan, tapi pengen cepet sampai Jogjakarta, solusinya ya… naik pesawat yang menyediakan tiket promo. Kalau pengen gak ribet, saat ini sudah ada beragam aplikasi yang menyediakan kapan saja tiket promo.

Silahkan menggunakan aplikasi tersebut untuk mendapatkan tiket pesawat dengan harga terjangkau.

5. Penginapan Murah

Kalau tiba menggunakan kereta api dan berhenti di Stasiun Tugu, gampang… tinggal cari hotel murah dekat Malioboro dan cukup berjalan kaki. Karena di seputaran Malioboro ada banyak sekali penginapan dengan tarif terjangkau.

6. Guest House untuk Rombongan

Well, liburan paling seru memang rombongan sih, karena selain makin seru, juga makin hemat! apalagi kalau pas menginap, satu kamar bisa buat berbanyak, udah gitu bayarnya patungan. Salah satunya dengan menginap di Guest House, lebih murah kalau ramai-ramai.

7. Makan di Burjo!

Biasanya di Burjo(Warteg-nya Jogja) bisa jauh menghemat. Kalau makan di Burjo, dengan IDR 10.000 saja sudah bisa dapat segelas es teh (IDR 2.000), sepiring nasi sayur telur atau nasi sayur sarden (IDR 7.000), dan gorengan dua (IDR 1.000).

8. Trans Jogja

Gunakanlah moda transportasi masal, yaitu Trans Jogja. Bahkan, dengan Trans Jogja sobat sudah bisa sangat menghemal lho, dan sudah bisa sampai ke tempat-tempat wisata di seputaran Kota Yogyakarta.

9. Jalan Kaki

Untuk cara hemat yang satu ini, hanya berlaku kalau Sobat menginap di seputaran Jalan Malioboro. Karena, dengan berjalan kaki Sobat sudah bisa menelusuri 13 tempat wisata hits di Jogja.