Tips Membeli Oleh – Oleh Saat Traveling Ke Bali

Tips Membeli Oleh – Oleh Saat Traveling Ke Bali – Membeli oleh – oleh saat berlibur adalah bukan hal yang wajib. Namun karena hal ini sudah menjadi kebiasaan orang Indonesia, membeli oleh – oleh bisa jadi menjadi hal yang wajib. Wisata belanja seringkali menjadi tujuan terakhir untuk wisatawan yang hobi dengan berbelanja. Berlibur ke Bali menjadi salah satu tujuan yang sering diimpikan oleh orang – orang. Karena Bali menyimpan keindahan alam wisata yang sangat luar biasa. Tak jarang jika oleh – oleh khas Bali sering menjadi primadona. Berikut ini tips untuk anda ketika akan berbelanja oleh – oleh di Bali.

1. Berburu Informasi

Sebelum berlibur, cobalah cari tahu info mengenai tujuan wisata Anda lewat internet, media cetak atau teman-teman yang sudah pernah traveling ke sana. Coba cek berbagai tempat menarik, cenderamata khas dan tempat belanja oleh-oleh yang murah. Ada banyak tempat untuk belanja oleh-oleh di Bali, mulai dari mal, pedagang pinggir jalan dan pasar tradisional. Jangan ragu berburu banyak informasi dari petugas hotel tempat Anda menginap atau masyarakat lokal yang Anda temui. Semakin banyak informasi justru semakin baik.

Idealnya saat traveling ke Bali, cobalah untuk mengunjungi pasar Sukawati Gianyar. Di sini barang-barangnya beragam dan harganya bisa ditawar. Anda juga bisa mengunjungi toko oleh-oleh terkenal di Bali, seperti Erlangga dan Krisna. Toko-toko seperti ini menawarkan harga cukup miring dengan variasi produk yang banyak. Selain itu, mereka juga menyediakan tempat makan dan musholla, jadi Anda bisa beristirahat sejenak sebelum lanjut berbelanja.

2. Rencanakan Anggaran

Semua orang pasti bisa kalap kalau sudah urusan berbelanja saat liburan. Yang perlu diingat adalah membeli oleh-oleh itu termasuk biaya pengeluaran dari biaya perjalanan Anda. Jadi, ada baiknya Anda merencanakan anggaran biaya terlebih dahulu sebelum membeli oleh-oleh. Setelah itu, jangan lupa untuk memisahkan uang untuk belanja oleh-oleh dari pengeluaran lainnya.

Cara mudahnya adalah atur dulu rencana pengeluaran maksimal Anda, mulai dari penginapan, makan, tiket masuk objek wisata, sampai belanja. Masing-masing masukkan dalam amplop terpisah atau tulislah di notes jumlah maksimal untuk masing-masing pengeluaran. Yang paling penting adalah Anda bisa disiplin mengikuti anggaran dan jangan sampai kebablasan.

3. Buat Daftar Penerima Oleh-Oleh

Setelah menyusun anggaran belanja, jangan lupa buatlah catatan daftar siapa saja yang akan Anda berikan oleh-oleh sebelum pergi berlibur. Bukannya pilih kasih atau pelit, tapi hal ini sangat berpengaruh terhadap bujet dan anggaran Anda selama traveling. Bila ingin membelikan oleh-oleh untuk teman sekantor, agar lebih hemat pilihlah yang bisa dinikmati bersama-sama, dan bukannya satu orang satu barang.

Dengan membuat daftar, Anda juga akan terhindar dari kepanikan, kelupaan atau bahkan belanja berlebihan. Buatlah catatan daftar penerima buah tangan ini seteliti mungkin. Kaitkan dengan hobi atau kesukaan mereka agar oleh-oleh Anda tidak terendap di lemari atau dilupakan begitu saja. Yang terpenting jangan lupa untuk tetap mengikuti anggaran.

4. Pilih Yang Khas

Kalau tidak ingin oleh-oleh Anda menjadi yang terlupakan dan tak terpakai maka hindarilah membeli barang yang juga ada di tempat tinggal Anda. Lebih baik sempatkan diri membeli cenderamata atau makanan khas. Jika ingin membeli baju, pilihlah baju bermotif khas daerah yang Anda kunjungi. Pilihlah oleh-oleh yang unik dan benar-benar disukai tetapi harganya jangan sampai melebihi anggaran dana yang telah ditetapkan.

Oleh-oleh mahal tidak selalu membuat si penerima senang. Terutama di Bali, Anda bisa membeli oleh-oleh handmade, seperti gelang, gantungan kunci, magnet kulkas atau souvenir khas lainnya. Untuk makanan Anda bisa mencoba pie susu, kacang Rahayu atau aneka jenis keripik. Anda juga bisa memilih kaos bergambar barong atau kain pantai. Yang penting sesuai dengan bujet ya!

5. Perhatikan Kemasan dan Tanggal Kadaluarsa

Biasanya oleh-oleh ada yang berupa barang atau makanan. Harganya juga bervariasi ada yang murah meriah sampai yang cukup mahal, mulai dari yang kecil sampai yang ukurannya besar.  Perlu diingat dalam memilih oleh-oleh yang akan dibawa pulang, perhatikan ukuran dan ketersediaan dana. Terutama perhatikan bahan dan ukurannya. Bahan yang terbuat dari kaca atau porselin tentu akan membutuhkan pengepakan khusus. Perhatikan juga beratnya agar tidak terjadi masalah saat perhitungan bagasi dan Anda akan dikenai biaya tambahan.

Untuk makanan atau minuman khas daerah, jangan lupa perhatikan tanggal kadaluarsanya. Pilihlah tanggal kadaluarsa yang masih jauh-jauh hari dari tanggal Anda membeli. Bila Anda menggunakan jalur darat, hindari membeli makanan basah yang baunya menyengat dan gampang basi. Jangan sampai oleh-oleh Anda tersebut menjadi mubazir alias terbuang percuma.

6. Atur Waktu Belanja

Berbelanja pada saat yang tepat akan membuat Anda untung banyak. Pagi hari saat toko baru buka adalah saat yang tepat untuk berbelanja. Selain lebih nyaman karena masih sepi pengunjung, Anda juga bisa lebih leluasa karena waktunya masih panjang. Boleh juga berbelanja di malam hari karena tidak jarang penjual akan banting harga saat toko mau tutup.

Ada baiknya membeli oleh-oleh saat Anda tidak sedang sibuk atau diburu-buru waktu. Pasalnya Anda jadi tidak bisa memilih barang yang diinginkan dengan kualitas baik. Akibatnya, resiko mendapatkan barang berkualitas buruk pun menjadi lebih besar. Oleh sebab itu, lebih teliti lagi ya!

7. Jangan Lupa Menawar!

Ilmu yang harus Anda gunakan saat membeli oleh-oleh adalah menawar. Tawarlah barang yang Anda inginkan sampai mendapat harga yang dirasa pas. Gunakan bahasa lokal saat menawar agar bisa lebih murah. Selain itu, ada kalanya juga Anda harus cermat dalam menentukan pilihan. Oleh-oleh seperti gantungan kunci berbentuk papan surfing tentu memiliki harga yang lebih murah dibandingkan kaus bergambar barong. Carilah barang yang murah namun tetap bisa dinikmati oleh teman-teman Anda.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com