Wisata Alam Bukit Gua Lawa

Paket Wisata Bantul – Wisata alam yang ada di Tegal sangatlah banyak. Bukit Gua Lawa adalah salah satu wisata alam yang ada di Tegal. Batu Agung, adalah sebutan yang hits dari Bukit Gua Lawa, merupakan sebuah bukit yang berada di Tegal. Atau lokasi tepatnya dari Bukit Gua Lawa ini ada di perbatasan Desa Harjawinangun dan Batuagung, Kecamatan Balapulang, Kabupaten Tegal. Masyarakat setempat menyebut gua ini sebagai Gua Lawa karena terdapat banyak Lawa (Kelelawar) di dalamnya.

Bersantai disini pasti asik by IG @lembah_kabut
Bersantai disini pasti asik by IG @lembah_kabut

Tidak hanya itu saja, Bukit Gua Lawa ini juga merupakan destinasi yang menyajikan keindahan serta sensasi berbeda yang dapat memacu adrenalin kalian. Jadi nanti tidak hanya berlibur dan menikmati keindahan alam yang begitu menakjubkan, kalian juga dapat menikmati tantangan yang mendebarkan sekaligus menyenangkan. Namun disarankan agar tetap waspada agar liburan menjadi semakin sempurna.

Untuk menuju lokasi keberadaan Bukit Gua Lawa medan yang ditempuh lumayan sulit, sehingga kalian disarankan untuk menggunakan sepatu atau alas kaki yang nyaman. Bagi pemula tentu medannya cukup ekstrim, karena ada banyaknya batuan besar yang harus di daki. Bahkan di spot tertentu, terdapat tanjakan yang cukup curam. Akan lebih baik pula jika kalian datang berkunjung didamping oleh pendaki yang lebih berpengalaman.

Wisata Bukit Gua Lawa yang mempesona By IG @febry_an25
Wisata Bukit Gua Lawa yang mempesona By IG @febry_an25

Dari bukit yang memiliki ketinggian 434 mdpl ini kalian akan disuguhkan oleh pemandangan berupa kemegahan Gunung Slamet yang berada di sebelah selatan serta beberapa baris pegunungan dan hutan rimbun pada sisi lainnya. Meskipun puncak bukit ini merupakan tempat favorite serta sempurna untuk mengambil gambar, sekali lagi kalian harus lebih extra berhati-hati karena terdapat banyak bebatuan besar yang dapat membahayakan.

Cara Mencapai Bukit Gua Lawa Batuagung, Tegal

Wisata yang satu ini juga instagramable By IG @adityabagussantoso
Wisata yang satu ini juga instagramable By IG @adityabagussantoso

Kalian dapat memulai perjalanan dengan melewati Tikungan Banjaranyar yang menuju ke timur hingga melewati SMA N 1 Balapulang. Terus ke timur hingga menemui pertigaan pertigaan yang menuju Desa Batuagung, kemudian lurus ke timur hingga menemui sebuah lapangan.

Setelah itu dari lapangan ini, sekitar 200 meter terdapat papan petunjuk Musholla Baitul Atiq, lalu belok sampai kalian menemukan TPQ Al-Hikmah, kalian masih harus mengikuti jalan yang  hingga bertemu dengan kebun tebu. Nah, dari kebun tebu ini selanjutnya kalian diharuskan umtuk berjalan kaki sekitar 25 menit untuk akhirnya tiba di Bukit Goa Lawa.

Biaya

Bukit Gua Lawa ini buka setiap hari, dari jam 12 sampai 6 sore di hari Senin-Jumat. Jam 8 pagi sampai 6 sore di hari sabtu dan minggu. Untuk tiket masuk Bukit Gua Lawa adalah IDR 5000 per orang, ditambah IDR 5000 untuk parkir kendaraan.

Selamat berlibur!