Wisata Danau Di Yogyakarta

Wisata Danau Di Yogyakarta – Yogayakarta merupakan provinsi yang menjadi daya tarik wisata untuk wisatawan asing maupun lokal. Karena Yogyakarta mempunyai beberapa daerah wisata yang wajib untuk dikunjungi. Selain terdapat wisata sejarah dan budaya, Yogyakarta memiliki beberapa wisata alam yang wajib dikunjungi. Seperti wisata pantai, wisata gunung, wisata adventure, dan wisata lainnya. Terdpat juga beberapa wisata danau yang patut untuk dikunjungi.

1. Embung Batara Sriten

Embung Batara SritenTempat wisata danau di Yogyakarta yang satu ini merupakan tempat wisata di Gunung Kidul yang cukup terkenal. Tempat wisata yang satu ini merupakan sebuah danau buatan yang menarik serta sangat unik.

Wisatawan yang berkunjung ke Embung Batara Sriten perlu berkendara ke kawasan Nglipar, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. keunikan dari danau ini adalah pemandangannya yang eksotis dan sangat indah. Apalagi ketika cuaca sedang cerah.

Di sekitar danau ini terdapat jalur hijau dan pepohonan. Puncak dari kawasan tersebut disebut dengan Puncak Mangir. Di puncak Mangir ini ada sebuah tempat istirahat yang diperuntukkan wisatawan yang ingin menikmati suasana danau dan pemandangan hijau di sekitarnya.

2. Embung Banjaroya

Embung BanjaroyaSelain di Tempat Wisata Gunung Kidul, masih ada juga wisata danau di Jogja berupa embung lainnya di Kulon Progo. Namanya adalah Embung Banjaroya. Embung yang satu ini merupakan salah satu kawasan wisata keluarga yang menarik.

Hal menarik dari Embung Banjaroya ini adalah adanya Patung Durian Menoreh Kuning. Patung buah berukuran besar ini merupakan landmark kawasan waduk ini sendiri. Wisatawan yang akan berlibur di Embung Banjaroya akan disambut dengan keberadaan patung durian ini.

Hal menarik lainnya dari wisata Embung Banjaroya adalah wisatawan bisa melihat siluet Gunung Merbabu dan Merapi. Terutama saat cuaca sedang sangat cerah. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan yang ada di Embung Banjaroya adalah saat sore hari, yaitu menjelang matahari terbenam.

3. Embung Nglanggeran

Embung NglanggeranSelain Embung Batara Sriten, di Gunung Kidul ada juga tempat wisata danau di Jogja yang terkenal. Namanya adalah Embung Nglanggeran. Embung yang satu ini berada di ketinggian dan merupakan salah satu spot foto di Jogja yang menarik.

Waduk ini diresmikan pada tahun 2013. Walau termasuk tempat wisata baru, akan tetapi Wisata Embung Nglanggeran sudah cukup terkenal di Gunung Kidul itu sendiri. Apalagi di sana sudah ada beberapa fasilitas wisata yang menarik.

Tempat ini merupakan tempat terbaik untuk menikmati sunset di Jogja. Karena embung ini berada di ketinggian yang mana tidak menghalangi pemandangan indah dari matahari yang akan terbenam. Sinar senja juga akan terpantul secara cantik di permukaan danau itu sendiri.

4. Waduk Mini Kleco

Waduk Mini KlecoKulon Progo masih memiliki wisata danau lainnya yang menarik untuk dikunjungi. Namanya adalah Waduk Mini Kleco Kulon Progo. Waduk mini yang satu ini ada di Dusun Ngesong, Giripurwo, Kecamatan Girimulyo, Kulon Progo.

Hal menarik dari waduk mini kleco ini adalah pemandangan yang bisa didapatkan. Karena danau ini sendiri juga merupakan salah satu bagian dari bukit di Perbukitan Menoreh. Dari atas, Anda bisa menyaksikan lansekap Kulon Progo dengan lebih leluasa.

Walau ukuran waduk cukup kecil, namun waduk ini tetap bisa dinikmati secara maksimal oleh wisatawan yang berkunjung. Tempat ini juga merupakan tempat foto yang indah, apalagi dengan kondisi cuaca yang sedang cerah.

5. Telaga Biru Semin

Telaga Biru SeminTelaga Biru Semin sebenarnya bukan sebuah danau yang sangat luas. Melainkan hanya sebuah genangan air yang cukup luas di tengah bekas galian tambang batu. Lokasinya ada di kawasan Gunung Kidul.

Tempat ini terisi air secara alami dan kemudian menjadikan air tersebut menjadi berwarna hijau kebiruan. Suasana ini akan menjadikan wisatawan tertarik. Selain karena danaunya, juga karena tebing-tebing yang ada di sekitarnya.

Danau ini merupakan salah satu tempat wisata danau di Jogja yang menarik untuk berfoto-foto. Di tengah danau ada sebuah pulau yang menonjol keluar. Dnaua ini berada di Desa Candirejo. Saat memasuki kawasan wisata ini, mungkin Anda akan teringat dengan Raja Ampat di Papua Barat. Jalan menuju ke danau juga sangat indah karena merupakan tebing-tebing kapur.

6. Waduk Sermo

Waduk SermoJika berbicara tentang danau di Yogyakarta, pasti tidak akan lengkap tanpa mencantumkan Waduk Sermo. Waduk Sermo merupakan sebuah waduk yang berfungsi untuk penampungan air dan irigasi lahan. Namun karena sangat indah, waduk ini juga menjadi sebuah tempat wisata yang terkenal di Jogja.

Keindahan Waduk Sermo bisa dilihat di Desa Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kulon Progo. Luas danau sendiri sekitar 157 hektar, dan merupakan sebuah waduk yang dikelilingi dengan lahan dan perbukitan hijau.

Waduk Sermo Jogja ini sangat ramai dikunjungi wisatawan, terutama saat musim liburan. Hal menarik yang bisa dilakukan di waduk adalah memancing. Selain itu menikmati suasana danau dan alam sekitarnya juga sangat menarik untuk dilakukan. Pengunjung juga bisa menyewa perahu boat dan berkeliling danau.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com