Wisata Goa Rancang Kencono Gunungkidul

Paket Wisata – Tak hanya wisata budaya dan pantai, Jogja juga memiliki wisata goa. Salah satunya yaitu Goa Rancang Kencono. Goa Kencono tak kalah indahnya dengan wisata lainnya. Wisata goa ini memiliki keindahan dan keunikan tersendiri pastinya seperti wisata lainnya. Berikut sekilas tentang wisata Goa Rancang Kencono Gunungkidul

Sejarah Goa Rancang Kencono

Sejarah dari Goa Rancang Kencono berada di dalam buku Mozaik Pustaka Budaya Yogyakarta yang di buat oleh Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala Yogyakarta pada tahun 2003. Menurut seorang peneliti yang pernah meneliti goa ini merupakan sebuah goa purba. Hal tersebut terbukti karena ditemukan adanya artefak batu dan tulang yang berumur ribuan tahun.

Kisah pelarian Laskar Mataram untuk melakukan perlawanan penjajah Belanda sekitar pada tahun 1720 di Goa Rancang Kencono ini. Pada tahun tersebut terjadi pengusiran penjajah Belanda yang dilakukan oleh kerajaan yang ada di Jawa, salah satu kerajaau tersebut yaitu Kerajaan Mataram. Goa ini merupakan salah satu tempat persembunyian Laskar Mataram.

Dulu goa ini sering digunakan sebagai tempat bersemedi dan menyusun strategi perang untuk melawan penjajah dari Belanda. Karena hal tersebut menjadi asal-usul pemberian nama Goa Rancang Kencono, kata rancang dari bahasa Jawa artinya rencana dan kencono artinya emas atau mulia. Jadi Goa Rancang Kencono dapat diartikan sebagai tempat untuk merancang atau merencanakan perbuatan yang baik atau mulia.

Image result for goa rancang kencono"

Lokasi Goa Rancang Kencono

Lokasi wisata alam Goa Rancang Kencono cukup mudah dijangkau dan ditemukan, karena lokasi Goa ini berada dekat dengan obyek wisata Air Terjun Sri Gethuk. Alamat tepatnya berada di Dusun Mungguran II, Bleberan, Playen, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Harga Tiket dan Parkir Goa Rancang Kencono

Harga tiket masuk obyek wisata Goa Ranceng Kencono cukup murah wisatawan yang berkunjung hanya akan dikenakan biaya Rp. 35.000 per orang. Harga tersebut sudah termasuk tiket menuju Air Terjun Sri Gethuk. Dengan harga tersebut anda dapat menjelajahi gua dengan puas.

Sedangkan untuk harga tiket parkir bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi tidak perlu cemas karena di kawasan Goa Rancang Kencono tersedia area parkir yang luas dengan membayar Rp. 2000 untuk kendaraan roda dua dan Rp. 5000 untuk kendaraan mobil.

Image result for goa rancang kencono"

Fasilitas Goa Rancang Kencono

Fasilitas yang ada di wisata Goa Rancang Kencono saat ini sudah dikembangkan oleh penduduk dengan dukungan pemerintah daerah, Goa Rancang Kencono memiliki fasilitas yang lengkap. Goa Rancang Kencono juga memiliki fasilitas pendukung yang dapat membuat para wisatawan yang berkunjung merasa nyaman, fasilitas pendukung diantaranya:

  1. Ada toilet
  2. Mushola
  3. Area parkir yang luas
  4. Area camping

Itulah sekilas tentang Goa Rancang Kencono, semoga bermanfaat.,