Wisata Goa Unik di Yogyakarta

Buat kalian yang sedang berada di Yogyakarta dan suka wisata unik bisa nih kalian berwisata ke goa. Yogyakarta memiliki banyak goa yang indah dan pastinya unik loh. Ini adalah beberapa wisata goa unik di Yogyakarta.

Goa Pindul

Goa pindul banyak menyihir para wisatawan karena cave tubing yang dimilikinya. Disini kalian bisa menikmati sensasi berenang di lorong goa yang panjang. Saat akan mulai masuk goa kalian akan mendengar kepakan sayap karena masih banyak kelelawar yang menghuni goa tersebut ditambah dengan stalagmit yang menghiasi dalam goa.

Goa Jomblang

Gua Jomblang mempunyai mulut goa vertikal dengan jarak antara bibir goa dengan dasarnya bervariasi. Untuk menuruninya dibutuhkan kemampuan melakukan Single Rope Technique (SRT) untuk memasuki gua ini.

Goa Rancang Kencoro

Gua Rancang Kencono mempunyai keistimewaan  berupa  ruangan lapang seluas 20m x 20m yang berketinggian 12 meter yang sering digunakan untuk acara – acara sarasehan, camping dan lain-lain.

Goa Selarong

Goa Selarong erat kaitannya dengan sejarah Pangeran Diponegoro dalam perang Gerilya melawan panjajah Belanda. Goa Selarong memiliki acara tahunan Grebeg Goa Selarong untuk mengenang hijrahnya Pangeran Diponegoro ke goa Selarong dan dijadikan hari jadi kabupaten Bantul.

Goa Kiskendo

Goa Kiskendo erat kaitannya dengan mitos yang berkembang dan termasuk goa yang disakralkan. Cerita yang beredar oleh masyarakat sekitar goa yaitu bahwa dahulunya goa ini merupakan tempat tinggal dari dua raksasa bernama Mahesasura (raksasa berkepala kerbau) dan Lembusura (raksasa berkepala Sapi). Cerita ini diukir dalam batuan atau disebut relief.