WISATA KULINER DI BALKONDES KENALAN

Paket WisataNah, kalau balkondes yang satu ini berbentuk taman yang dipenuhi pendopo-pendopo khas Jawa. Terletak di perbukitan hijau, dari sini Anda juga bisa menikmati pesona pegunungan Menoreh dengan santai.

Balkondes Kenalan

Desa Kenalan, adalah sebuah desa yang berada di lereng pegunungan Menoreh yang berbatasan dengan Kabupaten Kulon Progo Jogjakarta. Desa Kenalan berjarak sekitar 14 km dari Candi Borobudur. Ketinggian tempat 400 m diatas permukaan laut dengan luas desa 241,9 Ha. Dengan berlatar belakang Perbukitan Menoreh dan didukung oleh kondisi alamnya yang masih alami dan memiliki pemandangan alam yang indah mempesona, Desa kenalan mampu memanjakan mata setiap pengunjung.

Secara umum, di Desa Kenalan terdapat banyak perkebunan rakyat. Luasnya mencapai 22 Ha dengan kepemilikan perkebunan oleh masyarakat. Tanaman yang banyak diusahakan disini adalah tanaman komoditas buah-buahan terutama rambutan yang luasnya berkisar 20 Ha dan bambu. Masyarakat Desa Kenalan mempunyai mata pencaharian pokoknya adalah sebagai petani dan buruh tani, pengrajin dan peternak.

Salah satu komoditas utama yang dimiliki Desa Kenalan adalah produksi pandan. Bank Mandiri kemudian berdiri sebagai sponsor untuk mengembangkan Agro Pandan Wangi di Desa Wisata Kenalan. Dengan adanya Agro Pandan Wangi di Desa Wisata Kenalan, pengunjung akan diajak untuk melihat – lihat proses pembuatan kerajinan berbahan dasar pandan seperti tikar pandan. Pengunjung juga bias membeli hasil kerajinan pandan ini dari para pengrajin di desa Wisata Kenalan.

Alamat Balkondes Kenalan

Tempat wisata ini teletak di Desa Keraloko, Kenalan, Kec. Borobudur, Magelang, Jawa Tengah 56553. Desa Kenalan di Kecamatan Borobudur ini, jaraknya memang cukup jauh dari candi, yakni sekitar 14 kilometer. Wilayahnya lebih dekat ke perbatasan Kabupaten Kulon Progo.

Alamat : Maps [disini]

Anda juga bisa mengunjungi website resminya disini

View Balkondes Kenalan

Bangunan pendopo yang unik, hijaunya taman, panorama pegunungan di kejauhan, dan masih banyak lagi titik berswafoto bertebaran di sini. Jadi siapkan kamera Anda sekarang. Tempat ini juga menjual anyaman pandan dengan berbagai corak yang unik.

Wisata Kuliner

Ditemani alam pedesaan dan udara sejuk pegunungan, mari berkenalan dengan bubur lerislondok dan minuman klamijoro. Penasaran? Langsung dicoba saja karena semuanya dijamin akan membuat lidah bergoyang!

Setelah menikmati kuliner unik di sini, para petualang dapat Gunung Gondopurawangi yang berjarak hanya 2km. Di sana Anda akan disuguhi panorama alam yang indah dan ada juga gua yang pernah menjadi basis perjuangan Pangeran Diponegoro di abad ke-19. Bagaimana? Tertarik berkunjung? Semoga bermanfaat . . .