Wisata Kuliner Sego Kalong Solo

Paket Wisata Bantul – Tak hanya memiliki tempat wisata, Solo juga memiliki beberapa tempat makan yang mengusung tema tradisional. Tempat makan itu seperti Wedangan Pendopo dan Sego Kalong. Saya akan membahas mengenai Sego Kalong yang berada di Jl Madukoro nomor 19, Kratonan, Serengan, Kota Surakarta, Jawa Tengah.

Sego Kalong berada di gang kecil dekat dengan Matahari Singosaren. Sego Kalong buka dari pukul 11.00 sampai 22.00 WIB. Sego Kalong tidak dilalui oleh angkutan umum namun apabila ingin mengunjunginya dari Stasiun Purwosari dapat menggunakan Bus Trans tujuan Matahari Singosaren dengan ongkos Rp 4.500, namun setelah sampai Matahari Singosaren harus jalan beberapa meter untuk sampai di Sego Kalong . Sego Kalong juga dapat ditempuh menggunakan taksi seharga Rp 25.000.

Pekerja yang menggunakan baju serba hitam

Sego Kalong dalam bahasa jawa yang berarti nasi kelelawar namun nama itu hanya istilah. Pegawai yang bekerja menggunakan baju hitam seperti warna dari hewan kelelawar sendiri. Sego Kalong berdiri pada 2014 oleh Bapak Parkesit. Dahulunya tempat ini adalah sebuah café lalu berganti menjadi tempat makan sop buntut yang akhirnya diganti menjadi Sego Kalong.

Makanan yang dapat diambil sendiri

Menu Makanan di Sego Kalong

Daftar Menu

Nahh, menu yang disediakan terdapat nasi campur, nasi merah dengan aneka macam sayur dan lauk rumahan. Minuman tradisional seperti beras kencur, kunir asem juga dapat ditemukan di Sego Kalong ini. Makanan special dari Sego Kalong adalah ketan susu. Ketan susu dengan aneka campuran rasa seperti green tea, oreo, cokelat, dan masih banyak lagi. Harga yang ditawarkan pun mulai dari Rp 500 hingga Rp 15.000.

Ketan susu rasa green tea, oreo, cokelat dengan kuah susu

Minuman  Coklat Cakrakembang

Tempat makan yang disediakan pun menggunakan piring jaman dahulu dan gelasnya juga terbuat dari tanah yang memang di cat berwarna cokelat. Saya memesan sebuah cokelat hangat yang disebut dengan coklat cakrakembang. Rasa dari coklat tersebut sangat nikmat apalagi saya mengunjungi Sego Kalong saat hujan.

Sego Kalong selain harganya yang murah juga merupakan tempat yang pas untuk nongkrong dan menikmati suasana tradisional.