WISATA RELIGI DI GUNUNG TIDAR

Paket Wisata – Di Yogyakarta terdapat banyak wisata religi yang dapat dikunjungi salah satunya di Gunung Tidar yang letaknya di Magelang. Selain terkenal dengan keindahan dan beragam candi yang ada, Kabupaten Magelang juga mempunyai beragam tempat untuk berwisata religi. Artikel kali ini kita akan membahas tentang Gunung Tidar.

Gunung Tidar, Magelang

Wisata Bukit Tidar di Magersari Magelang Jawa Tengah adalah salah satu tempat wisata yang berada di Desa Magersari, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Wisata Bukit Tidar di Magersari Magelang Jawa Tengah adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Tempat ini sangat indah dan bisa memberikan sensasi yang berbeda dengan aktivitas kita sehari hari.

Wisata Bukit Tidar di Magersari Magelang Jawa Tengah memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Sangat di sayangkan jika anda berada di kota Magelang tidak mengunjungi Wisata Bukit Tidar di Magersari Magelang Jawa Tengah yang mempunyai keindahan yang tiada duanya tersebut.

Wisata Bukit Tidar di Magersari Magelang Jawa Tengah sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional, ataupun hari ibur lainnya. Keindahan Wisata Bukit Tidar di Magersari Magelang Jawa Tengah ini sangatlah baik bagi anda semua yang berada di dekat atau di kejauhan untuk merapat mengunjungi tempat Wisata Bukit Tidar di kota Magelang.

Lokasi

Dimana lokasi Wisata Bukit Tidar di Magersari Magelang Jawa Tengah ? seperti yang tertulis di atas lokasi terletak di Desa Magersari, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, Jawa Tengah, Indonesia. Tetapi jika anda masih bingung di mana lokasi atau letak Wisata Bukit Tidar di Magersari Magelang Jawa Tengah saya sarankan anda mencari dengan mengetik Wisata Bukit Tidar di Magersari Magelang Jawa Tengah di search google maps saja. Di Google maps sudah tertandai dimana lokasi yang anda cari tersebut.

Fasilitas

Wisata Bukit Tidar di Magersari Magelang Jawa Tengah bisa dibilang sebuah wisata bukit yang memiliki beberapa akan fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

  • Area Parkir kendaraan
  • Tempat Istirahat
  • Kamar mandi / MCK
  • Taman yang Luas
  • Tempat Bermain anak
  • dan lain-lain

Wisata Ziarah Gunung Tidar

Menurut Widodo, jumlah kunjungan ke Gunung Tidar setiap tahunnya terus meningkat. Tahun 2013 jumlah pengunjungnya 28.250 orang. 2014 naik menjadi 41.690 orang dan tahun 2015 sebanyak 53.183 orang. Tahun 2016 diperkirakan meningkat lagi.

Makam Kyai Semar Gunung Tidar

Makam Kyai Semar

Selain pesona hutan yang sejuk, tempat wisata ini juga terdapat beberapa makam dan situs bersejarah. Seperti diantaranya, Makam Syeh Sibakir, Tombak Pusaka Syeh Subakir, Poho Beringin Besar yang konon katanya Petilasan Pangeran Purbaya. Sementara pada puncak bagian sisi tenggara, terdapat Makam Kyai Semar.

“Obyek wisata ini buka 24 jam,” ungkap Widodo.

Karena selain sebagai tempat jogging, pada malam hari pengunjungnya kebanyakan melakukan wisata ziarah.

Dalam wisata ziarah, pungunjung bahkan banyak datang dari luar kota. Seperti berasal dari Jawa Timur, Jateng wilayah pantura, Lampung, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat dan luar Jawa lainnya.

“Pengunjung wisata sejarah paling ramai pada bulan Suro dan Ruwah,” ujar Widodo.

Dikatakannya, pengunjung biasanya melakukan ziarah ke makam Kyai Ismoyo (Semar), makam syeh Subakir dan makam Kyai Sepanjang. Syeh Subakir diyakini penyebar agama Islam paling awal di Pulau Jawa.

Gunung Tidar Tugu Pakunya Tanah Jawa

Tugu Pakunya Tanah Jawa

Gunung Tidar Tombak Pusaka Syeh Subakir

Tombak Pusaka Syeh Subakir

“Selain sudah dibangun anak tangga, juga telah dilengkapi penerangan baik PLN maupun solar cell,” kata Widodo.

Sedikitnya empat komunitas ikut menjaga Gunung Tidar. Yaitu Garda Resque, Sahabat Tidar, Goa Tawon dan Tagar (Tanggap Darurat).

Saran dan Tips

Saran dan tips sebelum menuju ke tempat Wisata Bukit Tidar di Magersari Magelang Jawa Tengah, anda perlu mempersiapkan keperluan yang akan butuhkan seperti membawa bekal, air minum dan lainnya. Serta beberapa barang tambahan seperti kamera karena anda pasti ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman – teman anda. Jangan lupa bawa perlengkapan kesehatan (contohnya adalah sabun, tissue basah, obat-obatan, antiseptik). Siapkanlah fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar. Jaga kondisi diri anda dan selalu berhati – hati.