WISATA RELIGI ISLAM DI YOGYAKARTA

Wisata Religi – Di Yogyakarta, banyak tempat wisata religi Islam jaman dahulu yang masih ada dan terawat hingga sekarang. Dengan mengunjungi peninggalan-peninggalan sejarah nenek moyang bisa membuat kita fresh kembali karena keunikannya. Tidak sampai disitu, dengan wisata religi kita bisa makin memupuk kepercayaan kita kepada-Nya dan membuat rohani kita menjadi fresh lagi.

Nah berikut beberapa tempat wisata Religi Islam yang bisa dikunjungi saat ada berlibur ke Yogyakarta.

1. Masjid Gedhe Kauman.

wisata religi jogja ramadan © 2016 brilio.netfoto: masjidgedhe.or.id 

Masjid Gedhe Kauman sudah tersohor punya sejarah yang panjang dalam berdiri dan berkembangnya Keraton Ngayogyakarta. Di sana, kamu bisa melihat kemegahan bangunan masjid yang didirikan pada masa pemerintahan Sultan Hamengku Buwana I.

Tak cuma itu, setiap sore selama Ramadan, masjid ini juga mengadakan kajian khusus Ramadan yang disambung dengan buka puasa bersama. Menariknya, pada hari Kamis masjid ini selalu menjadi buruan para pencari takjil karena menyediakan menu gulai kambing. Wow!

2. Masjid Agung Kotagede.

wisata religi jogja ramadan © 2016 brilio.net

foto: bujangmasjid.blogspot.com 

Satu lagi masjid di Yogyakarta yang punya sisi sejarah yang sangat mendalam, yaitu Masjid Agung Kotagede. Masjid ini dibangun pada masa kekuasaan Sultan Agung, sekira tahun 1640. Tak banyak perubahan yang dilakukan pada fisik masjid ini untuk menjaga keaslian bangunannya.

Mengunjungi masjid ini tentu kamu bisa melakukan napak tilas bangunan-bangunan yang mendukung penyebaran Islam oleh Kerajaan Mataram Islam.

3. Masjid Syuhada.

wisata religi jogja ramadan © 2016 brilio.net

foto: jogjatrip.com 

4. Makam Kyai Nur Iman dan desa wisata religi Mlangi.

wisata religi jogja ramadan © 2016 brilio.netfoto: jogjasiana.net 

View Image

Yogyakarta ternyata punya desa wisata religi yang bisa kamu kunjungi. Tempat itu adalah Dusun Mlangi yang terletak di Desa Nogotirto, Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman. Dusun Mlangi sudah terkenal sebagai daerahnya para santri. Di sana, terdapat banyak pesantren-pesantren yang mendidik santri dari berbagai jenjang usia. Tak heran jika warga dusun ini punya religiusitas yang cukup tinggi.

Dusun ini juga terkenal sebagai tempat dimakamkannya Kyai Nur Iman yang merupakan tokoh penyebar agama Islam di Mlangi dan sekitarnya. Pangeran Hangabehi Sandiyo, nama asli Kyai Nur Iman, adalah kakak Sultan Hamengku Buwono I yang memilih keluar dari lingkaran politik untuk berdakwah menyebarkan agama Islam.

5. Makam Syekh Jumadil Kubro Turgo Merapi.

wisata religi jogja ramadan © 2016 brilio.netfoto: nunorahman.wordpress.com 

Kawasan wisata Merapi ternyata juga punya sisi religius dengan adanya makam Syekh Jumadil Kubro di Bukit Turgo Merapi. Bukit ini sering dikunjungi oleh para peziarah. Jadi tentu selain melihat pemandangan Merapi yang begitu indah, mengunjungi tempat ini kamu bisa napak tilas dengan sejarah Syekh Jumadil Kubro dalam menyebarkan agama Islam.

6. Jalur Gaza Yogyakarta.

wisata religi jogja ramadan © 2016 brilio.netfoto: eatjogja.com 

Pasar Tiban Jajanan Lauk, Sayur, Gubug Ashar Zerba Ada yang familier disebut Jalur Gaza merupakan salah satu kampung wisata Ramadan yang populer di Yogyakarta. Pasar yang sudah digelar selama 7 kali Ramadan ini menyediakan berbagai takjil dan menu berbuka puasa di sepanjang pinggir Jalan Sorogenen, Nitikan, Yogyakarta.

Tak cuma mencari takjil untuk berbuka, mengunjungi kampung ini kamu bisa mampir ke Masjid Sultonain yang menjadi pusat kegiatan di kampung Ramadan ini. Masjid tersebut merupakan masjid legendaris milik Keraton Surakarta dan Yogyakarta.

Selain itu, kamu juga bisa mengunjungi makam yang berusia lebih dari 200 tahun. Makam itu dipercaya sebagai makan Raden Ronggo, putra dari Panembahan Senopati pendiri Kerajaan Mataram.

Di komplek itu terdapat pula makam Kyai Haji Ibrahim dan Kyai Haji Abu Bakar yang merupakan ayah dan kakek tokoh pendiri Muhammadiyah, Kyai Haji Ahmad Dahlan. Wah, lengkap banget kan?