Wisata Sambil Belajar Di Museum Dirgantara Yogyakarta

Wisata Edukasi – Kota Yogyakarta memiliki banyak objek wisata yang beragam. Mulai dari wisata alam, wisata budaya, wisata kuliner, hingga wisata edukasi. Objek wisata di Jogja yang bertemakan edukasi sangatlah banyak, terdapat beberapa museum yang ada di Jogja. Salah satunya adalah museum dirgantara. Museum ini merupakan galeri dari dunia penerbangan, yang di dalamnya terdapat berbagai macam – macam miniatur pesawat yang digunakan pada zaman dahulu hingga zaman sekarang. Tempat wisata ini cocok sekali bagi anda yang ingin berlibur sambil belajar.

Keunikan Museum Dirgantara Mandala

Mueum Dirgantara Mandala berada di dalam kompleks TNI Angkatan Udara di Yogyakarta, tepatnya merupakan salah satu Tempat Wisata di Bantul Yogyakarta. Museum ini menjadi satu museum yang menampilkan berbagai koleksi yang lengkap dari dunia aviasi militer dan Dirgantara. Sebelumnya, museum ini berlokasi di Jakarta. Akan tetapi, dipindahkan ke Jogja karena Yogyakarta adalah lokasi kelahiran dari TNI Angkatan Udara itu sendiri. Museum ini dipindah ke kompleks Bandara Adi Sucipto di Maguwo.

Di Museum Dirgantara Yogyakarta ini, koleksi ditata sedemikian rupa dengan pembagian menjadi enam, yaitu adanya ruang utama, kronologi 1, kronologi 2, paskhas, diorama, dan akutista. Masing-masing bagian ruangan ini ditata dengan baik sesuai dengan runut dan sesuai dengan akur sehingga diharapkan wisatawan yang datang bisa mempelajari jyga sejarah perkembangan penerbangan di Indonesia itu sendiri. Hal yang menarik dari sini adalah pengunjung bisa meminta pemandu untuk menemani sehingga semua edukasi di dalam sana bisa tersalurkan dengan sempurna dan lebih detail lagi.

Koleksi utama dari museum ini dan paling disukai pengunjung adalah aneka pesawat terbang. Ada berbagai tipe pesawat terbang yang bisa dilihat secara langsung, mulai dari pesawat angkut sampai pesawat tempur. Semua pesawat adalah pesawat yang memiliki nilai sejarah tersendiri. Misalnya pesawat terbang WEL–1 RI–X yang merupakan pesawat rakitan anak bangsa pertama kali di tahun 1948. Ada juga pesawat Bomber Tu-16 yang pernah dijadikan alat tempur di Papua. Dan masih banyak lagi jenis dan tipe pesawat bersejarah lainnya.

 


Selain bentuk fisik dari pesawat, ada juga koleksi lainnya seperti foto para pejuang TNI AU sebagai bagian dari sejarah Indonesia sendiri. Seperti misalnya Agustinus Adisutjipto, Prof. Dr. Abdulrachman Saleh, Adi Sumarmo, Abdul Halim Perdanakusuma, dan masih banyak lagi. Tokoh-tokoh tersebut adalah pelopor berdirinya TNI AU di Indonesia. Ada juga koleksi seperti tanda kehormatan, buku, pakaian, senjata api, mesin pesawat, bom, radar, roket, parasut, sampai ada juga diorama yang disusun berdasarkan kronologi peristiwa. Sala satu hanh menarik adalah koleksi diorama Satelit Palapa.

Wisatawan juga bisa menyewa kostum penerbang dan berfoto dengan kostum tersebut di dalam kokpit pesawat. Atau jika Anda tertarik dengan dunia penerbangan, Anda bisa menciba menerbangkan pesawat di ruang simulator. Pesawat yang dijadikan simulator adalah pesawat Mustang P-51 yang legendaris.

Kegiatan di Museum Dirgantara Mandala

Tentunya ada banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan di Museum Dirgantara Yogyakarta yang pasti akan menjad kegiatan berkesan. Berikut beberapa di antaranya.

  • Mempelajari sejarah

Tentunya hal pertama yang bisa dilakukan adalah mempelajari sejarah, terutama sejarah Angkatan Udara di Indonesia, bai dari koleksi yang ada di dalamnya maupun dari alur cerita sejarah yang ada. Dengan demikian, wawasan juga akan bertambah. Objek wisata ini juga cocok untuk anak-anak.

  • Berfoto-foto

Beberapa koleksi di museum ini memang menarik dan unik untuk dijelajahi. Hal ini pasti membuat semua pengunjung ingin berfoto-foto di Tempat Hunfot di Jogja yang satu ini. Dan Anda memang bisa berfoto-foto di sana dengan leluasa. Apalagi koleksi pesawat terbang di sana juga cukup lengkap dan menarik.

  • Berpose ala penerbang

Seperti yang dijelaskan di atas, Anda bisa berpose layaknya pilot yang menerbangkan pesawat dengan menyewa baju pilot. Anda bisa berfoto layaknya penerbang dengan membayar Rp 20.000 per kepala. Kegiatan ini juga sangat diminati para wisatawan karena memang merupakan kegiatan unik yang langka.

  • Simulasi menerbangkan pesawat

Pengunjung juga bisa mencoba menerbangkan pesawat layaknya seorang pilot yaitu dengan simulasi pesawat P-51 Mustang. Pesawat ini adalah pesawat buru sergap jarak jauh yang digunakan pada masa Perang Dunia kedua. Anda bisa mencoba keseruan saat menerbangkan pesawat yang mungkin tidak bisa ditemui di objek wisata lainnya.

  • Piknik

Siapa bilang kegiatan di museum sangat membosankan? Pengunjung juga bisa piknik di museum ini. Taman atau halaman museum yang luas ini bisa dijadikan tempat istirahat, duduk-duduk, dan juga melepaskan lelah. Bahkan pengunjung bisa juga menggelar tikar dan piknik bersama keluarga. Tentunya kegiatan ini akan menambah keakraban bersama teman atau saudara.

Akses ke Museum Dirgantara Mandala

Museum Dirgantara Yogyakarta berada di Jalan Kolonel Sugiono, Kompleks Lapangan Udara Adi Sucipto, Wonocatur, Daerah Istimewa Yogyakarta. Karena berada di perkotaan, lokasi ini sangat mudah dijangkau, baik menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Jika naik kendaraan umum, Anda bisa naik bus umum dan turun di SD Angkasa setelah flyover Janti. Anda perlu berjalan hanya 200 meter saja dan Anda akan sampai di lokasi.

Jika naik trans Jogja pengunjung bisa turun di shelter Janti karena itu adalah halte terdekat. Jika menggunkan kendaraan pribadi, Anda perlu melapor terlebih dahulu ke petugas yang sedang berjaga, mengingat kawasan ini masih merupakan kawasan militer. Identitas diri sangat diperlukan. Objek wisata ini terbilang tidak begitu ramai karena mungkin masih merupakan Tempat Wisata Jogja yang Belum Terkenal.

Harga Tiket dan Jam Buka Museum Dirgantara Mandala

Museum ini adalah museum yang terbilang murah. Harga tiketnya saja hanya Rp 4.000 per orang. Untuk berwisata ke sana, pengunjung bisa datang mulai pukul 08.30 sampai 15.00 WIB setiap harinya. Sangat murah bukan? Karena memang objek wisata ini adalah salah satu Tempat Wisata Jogja Murah.

Demikianlah beberapa penjelasan mengenai objek wisata Museum Dirgantara Yogyakarta yang bisa dikunjungi saat berlibur di kota Jogja. Jika Anda tertarik, segera agendakan rencana liburan bersama keluarga ke sana. Semoga penjelasan di atas bermanfaat dan selamat berlibur.

PAKET WISATA BANTUL | Paket Wisata JogjaPaket Wisata BantulPaket Wisata SlemanPaket Wisata Gunung KidulPaket Wisata Kulonprogo. JOS Tour and Travel For Your Tour Solution. Untuk pemesanan KLIK DISINI! | Hubungi kami di 0881 2796 374 | Email : Jogjaone1solution@gmail.com