WISATA SEJARAH DI GOA SRITI

Paket Wisata  – Jika Anda ingin berwisata sambil belajar, paket lengkap wisata sejarah itu bisa Anda temui di Goa Sriti. Goa yang terletak di kabupaten Kulon Progo ini sejarahnya pernah menjadi tempat persembunyian Pangeran Diponegoro saat zaman penjajahan.

Jika kalian ingin berkunjung ke sana, juga terdapat patung Pangeran Diponegoro yang menunjukan lokasi Goa tersebut. Ingin mengetahui lebih lanjut tentang Goa Sriti? Simak Ulasan berikut.

Kisah Goa Sriti Kulon Progo

Goa Sriti Kulon Progo ini merupakan tempat persembunyian dari Pangeran Diponegoro pada saat penjajahan Belanda. Pangeran Diponegoro adalah pahlawan Indonesia yang memimpin perang perlawanan Belanda pada tahun 1825-1930 yang biasa disebut dengan Perang Diponegoro. Goa Sriti ini juga merupakan tempat Pangeran Diponegoro dilantik menjadi Sultan Abdullah Herucokro Amirul Mukminin Sayidin panatagama Khalifatullah Tanah Jawi biasa disingkat menjadi Abdul Hamid. Alasan dilantiknya Pangeran Diponegoro yaitu untuk menjadi pemimpin sebuah negeri yang merdeka segaligus sebagai pemimpin agama.

Awalnya Belanda memasang patok di tanah milik Dipanegara di Tegalrejo. Karena hal itu Pangeran Diponegoro merasa marah dengan kelakuan Belanda yang tidak menghargai adat istiadat dan sangat memanfaatkan rakyat Indonesia dengan pembebanan pajak. Pangeran Diponegoro akhirnya mengajukan perlawanan terhadap Belanda yang didukung oleh sebagian rakyat Kraton Yogyakarta.

Karena perlawanan Pangeran Diponegoro akhirnya Belanda merasa kewalahan menghadapi pasukan dari Pangeran Diponegoro. Beberapa cara yang dilakukan Belanda untuk menggagalkan pergerakan Pangeran Diponegoro, salah satu caranya yaitu dengan teknik benteng stensel. Meskipun begitu itu tidak dapat menghambat pergerakan Pangeran Diponegoro karena Pangeran Diponegoro sudah sangat marah dengan kelakuan Belanda.

Oleh sebab itu belanda kewalahan melawan pasukan Pangeran Diponegoro dengn strategi perang gerilya. Karena menggunakan cara melawan diam-diam ini sangan membutuhkan tempat untuk bersembunyi. Tempat persembunyian  yang ada di Yogyakarta yaitu Goa Selarong yang digunakan sebagai markas komando pada saat awal peperangan dan Goa Sriti Kulon Progo yang menjadi tempat persembunyian kedua dan pada akhir perlawanan sebelum Pangeran Diponegoro ditangkap secara licik oleh Belanda di Magelang.

Lokasi dan Rute Goa Sriti Kulon Progo

Goa Sriti berlokasi di Kabupaten Kulon Progo, tepatnya berada di Dusun Dukuh, Purwoharjo, Kecamatan Samigaluh. Berada di barat Kota Jogja, Anda bisa menempuh perjalanan menggunakan transportasi mobil atau bus pariwisata dengan rute dan kondisi jalan yang baik. Perjalanan yang ditempuh dari Kota Jogja sepanjang 30 km dengan waktu tempuh berkisar 1,5 jam.

Sesampainya di Kecamatan Samigaluh, Anda cukup menuju ke monumen patung Pangeran Diponegoro. Dari sini perjalanan Anda tinggal beberapa saat lagi menuju Goa Sriti. Uniknya, patung Pangeran Diponegoro menunjuk ke arah di mana Goa berada.

Jika masih kesulitan menuju ke lokasi, Anda bisa menggunakan Google Maps untuk menemukan rutenya. Jika anda ingin mengetahui alamatnya bisa klik disini.

Harga Tiket Masuk

Untuk memasuki lokasi wisata ini Anda perlu mengeluarkan harga tiket sebesar Rp. 30.000 per orang. Dengan harga ini Anda sudah bisa menikmati aktivitas susur Goa sepuas Anda. Sedangkan untuk parkir kendaraan pribadi ataupun kendaraan wisata Anda akan dikenakan biaya mulai dari Rp. 2.000 hingga Rp. 5.000.

Fasilitas

Goa ini meskipun memiliki daya tarik sejarah, tetapi lokasi ini tidak sekedar hanya dikunjungi dengan cara yang biasa. Tetapi pengunjung harus memakai peralatan caving seperti halnya Goa Gelatik. Perjalanan juga harus ditemani oleh pemandu. Beberapa fasilitas yang terdapat di sini diantaranya :

  • Peralatan Caving, Pelampung dan Alat lainnya
  • Tempat Parkir
  • Fasilitas lainnya

Goa Sriti Kulon Progo juga pastinya memiliki pemandangan stalaktit dan stalagmit yang berbentuk seolah-olah tetesan air dari bagian atas Goa. Sehingga sebenarnya mengunjungi Goa ini bukan hanya sekedar mengetahui peristiwa sejarah tetapi juga bisa menikmati pemandangan yang ada. Pengunjung obyek wisata Goa Sriti ini masih terbilang belum begitu ramai sehingga cocok untuk Anda yang tidak begitu suka dengan kondisi padatnya obyek wisata.

Karena untuk menyusuri Goa membutuhkan pemandu, Anda bisa berkonsultasi dengan pemandu wisata yang menyediakan paket wisata Jogja terlebih dahulu. Dengan begitu Anda bisa mempersiapkan segala hal terutama biaya-biaya yang diperlukan. Atau bisa juga dengan memanfaatkan pemandu wisata yang berada di sekitar lokasi Goa.